6 Cara Efektif Membangun Hubungan Customer Relations

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 20 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relations. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relations. Shutterstock.

"Menjaga hubungan merupakan tantangan bagi agent. Berikut ini beberapa cara efektif membangun hubungan customer relations."

Mempertahankan pelanggan yang telah bertransaksi dengan bisnis atau perusahaan Anda merupakan hal penting. Bisnis penjualan bisa dikatakan baik atau tidak itu berdasarkan hasil kepuasan pelanggan. Semakin tinggi angka positifnya, makan semakin baik pula tingkat retensi pada bisnis tersebut. Namun demikian, menjalin hubungan dengan pelanggan bukanlah perkara yang mudah, mungkin saja di luar sana ada bisnis yang menjual produk lebih menguntungkan bagi pelanggan tersebut. Untuk itu, menjaga hubungan merupakan tantangan bagi agent. Bagaimana sih cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan? Berikut ini beberapa cara efektif membangun hubungan customer relations:

#1 Konsisten dalam Komunikasi

Ketika menjalin hubungan, butuh membnagun dengan seriring berjalannya waktu dan usaha untuk menjaga pelanggan. Berlaku pula dalam menjaga hubungan dengan bisnis dan pelanggan. Dalam bisnis, agent harus memastikan bahwa komunikasi berjalan secara reguler pada platform terhadap pelanggan gunakan. Salah satu platform yang efektif yaitu media sosial. Selain itu, komunikasi juga bisa menggunakan email ke setiap pelanggan. Dengan adanya saluran komunikasi yang aktif, akan lebih mudah dalam menjangkau pelanggan dan dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

#2 Pahami Customer Value

Cara selanjutnya yaitu bisa dengan memahami customer value. Bagaimana caranya? Cara bisa dilakukan dengan mendengarkan apa yang menjadi keinginan pelanggan. Setelah itu, lakukan pendekatan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Mungkin ada saja yang suka berinteraksi secara personal, ada pula yang tidak suka basa-basi. Maka dari itu, perusahaan dan agent harus peka terhadap hal-hal tersebut.

#3 Tenang Jika Ada Feedback Negatif

Ada feedback negatif dari pelanggan terhadap perusahaan atau bisnis Anda? Tenang, jangan panik. Anggap feedback tersebut sebagai aset berharga terhadap perusahaan atau bisnis. Hal itu merupakan penting dan wajar karena itu merupakan masukan pada bisnis Anda. Anda bisa pelajari apa yang kurang dari bisnis Anda. Dengan begitu, agent bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

#4 Peduli Terhadap Pelanggan

Pelanggan akan senang jika ada perusahaan atau bisnis yang bersikap secara friendly terhadap pelanggan. Hal itu dilakukan agar komunikasi tidak berjalan kaku. Jadikanlah komunikasi senatural mungkin. Kuncinya ada di ketulusan terhadap pelanggan.

#5 Sesuaikan Dengan Jenis Produk

Apapun model bisnis dan penjualan produknya, agent harus memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggannya. Namun, tidak semua pendekatan bisa sama dilakukan karena model bisnisnya berbeda-beda. Pastikan seluruh agent ketika menghubungi pelanggannya memiliki pemahaman secara lengkap tentang produk dan jasa dari perusahaan atau bisnisnya.

#6 Gunakan Program

Cara terakhir yaitu menggunakan program perangkat lunak atau software. Bisnis harus adanya interaksi lanjutan terhadap pelanggan atau klien, bisnis tidak akan berhasil ketika ingin menjalani hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Pelanggan hanya membeli produk satu kali? Tidak cukup. Maka dari itu pentingnya menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan agar mereka akan kembali lagi bertransaksi dengan perusahaan atau bisnis Anda.

Program yang bisa dipakai adalah customer relationship management atau CRM. Software tersebut dapat memberikan sebuah gambaran tentang pelanggan, melacak, dan menganalisis interaksi dengan pelanggan, beserta mengelola sales dan Customer Service. Software tersebut dinilai sangat berguna karena dapat meningkatkan angka Customer Retention yang salah satu caranya dengan memusatkan data pelanggan secara keseluruhan ke dalam satu platform saja.

Itu dia cara yang bisa digunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan melaui customer relation. Menjaga pelanggan itu meruapakan hal yang penting dan tantangan bagi agent dan perusahaan agar mereka tidak pergi ke competitor lain akibat pelayanan yang didapatnya itu buruk. Maka dari itu, sangat penting bagi pelaku usaha dalam menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan agar mereka kembali lagi membeli produk dan jasa Anda dan kemudian menjadi pelanggan yang loyal. Semoga artikel ini membantu ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami