5 Alasan TikTok Sangat Menguntungkan Bagi Bisnis Saat Ramadan

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 21 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"TikTok merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan di Ramadan. Simak alasan TikTok sangat menguntungkan bagi bisnis saat Ramadan"

Aplikasi TikTok merupakan aplikasi yang mulai banyak digemari sejak pandemi Covid-19 awal tahun 2020 lalu. Aplikasi ini mulai melejit karena banyaknya pengguna menemukan ketertarikan baru yang muncul untuk mengurangi kebosanan saat adanya lockdown yang mewajibkan masyarakat untuk mengurangi interaksi dengan sesama di luar rumah. Hingga saat ini, aplikasi TikTok masih menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak di dunia. Bukan hanya pada saat Covid-19, TikTok juga menjadi aplikasi yang menghibur masyarakat saat Ramadan. Yuk, simak beberapa alasan mengapa TikTok sangat menguntungkan bagi bisnis saat Ramadan.

5 Alasan TikTok Sangat Menguntungkan Bisnis Saat Ramadan

  • Peluang untuk Menambah Pelanggan Setia Baru

Setiap bisnis tentu saja sangat bergantung pada pelanggan setia. Hal ini untuk memperlancar bisnis dan menambah keuntungan terhadap produk atau barang yang dipasarkan. Tanpa adanya pelanggan, bisnis tentu tidak akan berjalan dengan baik dan hanya akan menimbulkan kerugian yang cukup besar terhadap bisnis yang dijalani.

TikTok membuat banyak peluang besar bagi bisnis untuk menambah pelanggan setia baru. Terutama saat Ramadan, aplikasi yang satu ini juga memiliki banyak pengguna muslim yang turut meramaikan TikTok saat Ramadan tiba. Untuk itu, gunakanlah TikTok untuk menambah pelanggan setia baru. 

Baca Juga: Ini Cara Mengikuti Tren Digital, Gunakan Platform Digital Monitoring

  • Mudah untuk Memantau Aktivitas dan Perilaku Masyarakat saat Ramadan

Saat Ramadan, akan ada banyak perubahan pada aktivitas dan perilaku masyarakat, khususnya untuk umat muslim. Bulan Suci ini memiliki banyak aktivitas baru yang mengharuskan penganutnya untuk melakukan kegiatan yang berbeda dengan hari-hari biasanya. Untuk itu, aplikasi TikTok akan memudahkan Anda untuk memantau aktivitas dan perilaku masyarakat saat Ramadan. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan akan ada banyak orang yang membagikan kegiatan dan aktivitas mereka selama berpuasa sehingga akan mudah bagi pemilik bisnis untuk memantau aktivitas dan perilaku masyarakat untuk menjadikannya peluang pemasaran bisnis yang tepat.

  • Mudah untuk Mengetahui Tren dan Challenge Terkini

TikTok merupakan salah satu aplikasi penyumbang tren dan challenge viral yang banyak dibicarakan di masyarakat. Kedua hal tersebut merupakan sesuatu yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis agar video promosi yang mereka lakukan bisa memasuki For You Page (FYP) calon pelanggan dengan mudah. Namun, hal ini juga harus sesuai dengan konteks dan tujuan bisnis. Selalu perhatikan tren dan challenge yang hadir saat Ramadan yang ingin dimasukkan ke dalam video promosi agar sesuai dan pantas untuk dijadikan iklan untuk bisnis yang dijalani.

  • Memiliki Berbagai Influencer untuk Diajak Bekerja Sama

Salah satu alasan mengapa TikTok memiliki pengguna yang banyak adalah karena aplikasi ini memiliki berbagai influencer yang memiliki beragam range harga, mulai dari yang murah dan cukup mahal. Saat melakukan promosi Ramadan untuk bisnis Anda, manfaatkanlah influencer yang ada di TikTok dan Anda juga bisa dengan mudah untuk menyesuaikan harga yang sesuai dengan budget.

  • Memiliki Engagement yang Cukup Besar

Seperti yang kita ketahui, pengguna TikTok yang cukup banyak ini juga memiliki peluang untuk menarik engagement yang cukup besar bagi bisnis yang Anda miliki. Lakukan digital monitoring untuk melakukan promosi yang tepat agar produk atau barang yang ingin Anda jual saat Ramadan memiliki engagement yang cukup besar sehingga laku dan memiliki banyak peluang untuk dibicarakan di kalangan masyarakat.

Cara Melakukan Digital Monitoring di Tiktok

Digital monitoring merupakan suatu kegiatan menganalisis dan pemantauan aktivitas masyarakat secara digital melalui media sosial, web, hingga forum. Kegiatan ini dilakukan untuk menganalisa perilaku masyarakat terhadap suatu tren, barang, hingga kegiatan sosial yang disebarluaskan secara daring. Kegiatan digital monitoring juga sangat dianjurkan jika Anda ingin melakukan promosi di media sosial seperti TikTok dan Instagram. Berikut ini, kami akan memberitahukan beberapa cara untuk melakukan digital monitoring di TikTok.

  • Buat Akun TikTok Khusus Bisnis

Cara pertama untuk melakukan digital monitoring di TikTok adalah dengan membuat akun TikTok khusus untuk bisnis. Caranya cukup mudah, Anda dapat mendaftarkan akun atas nama bisnis Anda dan mengisi hal-hal yang diperlukan, seperti; alamat email, nomor telepon, bio akun, dan lain-lain.

  • Pantau Tren TikTok Terkini

Tiktok merupakan salah satu pembuat tren terkini yang sering dibicarakan di masyarakat. Cara melakukan digital monitoring di TikTok selanjutnya adalah dengan memantau tren TikTok terkini. Mengapa kita harus memantau tren terkini untuk keuntungan bisnis? Hal ini sangat penting agar promosi yang Anda lakukan di TikTok mudah memasuki beranda calon pelanggan sehingga memberikan peluang cepat laku dan diketahui oleh masyarakat.

Baca Juga: Bangkitkan Bisnismu. Yuk, Simak Ulasan Fitur-fitur Digital Monitoring

  • Memantau Tagar Terkini 

Selain tren terkini, TikTok juga memiliki tagar yang sering digunakan oleh penggunanya untuk mudah memasuki beranda orang-orang. Untuk itu, cara melakukan digital monitoring lainnya adalah dengan memantau tagar terkini yang sering digunakan oleh masyarakat sehingga memberikan peluang agar video promosi yang Anda sebarkan mudah untuk mendapatkan views.

  • Lakukan Riset dan Analisis Terhadap Calon Pelanggan

Bukan hanya sekedar ingin video promosi bisnis Anda mendapatkan banyak perhatian saat Ramadan, Anda juga butuh untuk melakukan riset dan menganalisis calon pelanggan terlebih dahulu sebelum mengikuti tren dan memasukkan tagar. Hal ini agar produk yang Anda jual bisa lebih cepat tepat sasaran sehingga lebih laku dan menambah keuntungan

Gunakan Ripple10 untuk Digital Monitoring yang Lebih Baik!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami