WhatsApp Business Solution Provider: Definisi, Manfaat, Cara Memilih

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 01 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Untuk mengoperasikan WhatsApp Business API, perusahaan dapat bekerja sama dengan WhatsApp Business Solution Provider. Simak ulasannya di sini!"

Pada era yang dinamis dalam segi ekonomi dan teknologi mengharuskan pebisnis, institusi, atau perusahaan menyusun strategi yang dapat menjaga stabilitas profit bisnis. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mengoptimalkan interaksi pelanggan dengan bekerja sama bersama WhatsApp Business Solution Provider. Dengan kerja sama tersebut, perusahaan akan mendapatkan dukungan dan bantuan yang komprehensif yang akan diulas secara lengkap melalui artikel berikut ini.

Apa itu WhatsApp Business Solution Provider?

WhatsApp Business adalah solusi yang membantu bisnis meningkatkan efisiensi operasional, berinteraksi langsung dengan pelanggan, serta menyederhanakan proses transaksi. Terdapat dua jenis platform WhatsApp Business yang tersedia: WhatsApp Business biasa yang cocok untuk bisnis berskala kecil dan WhatsApp Business API untuk bisnis skala menengah hingga besar. WhatsApp Business API menggunakan teknologi Application Programming Interface (API) untuk memungkinkan integrasi antar platform, memperluas interaksi dengan pelanggan. Untuk mendaftarkan bisnis pada WhatsApp Business API, Anda dapat langsung mendaftar melalui Meta atau bekerja sama dengan WhatsApp Business Solution Provider.

WhatsApp Business Solution Provider merupakan mitra resmi dari aplikasi WhatsApp yang dapat membantu perusahaan untuk mendaftar dan mengoperasikan WhatsApp Business API. WhatsApp Business Solution Provider ini juga menyediakan fasilitas integrasi seperti CRM Omnichannel, bot, atau perangkat lunak dukungan pelanggan lainnya. 

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa WhatsApp Business API Ampuh Tingkatkan Brand Loyalty! 

Manfaat Bekerja Sama dengan WhatsApp Business Solution Provider

Terdapat beberapa macam manfaat yang akan didapatkan perusahaan ketika bekerja sama dengan WhatsApp Business Solution Provider. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mendapatkan Dukungan Teknis

WhatsApp Business API biasanya cukup kompleks untuk dioperasikan bagi sebagian pemula. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan bantuan WhatsApp Business Solution Provider untuk mendapatkan dukungan teknis. WhatsApp Business Solution Provider dapat memberikan pengarahan guna mencapai penggunaan tanpa hambatan.

  • Mendapatkan Fasilitas Konsultasi 

Tak hanya dukungan teknis, perusahaan juga dapat mengkonsultasikan penggunaan dan penyesuaian WhatsApp Business kepada WhatsApp Business Solution Provider. Dukungan berkelanjutan yang diberikan ini dapat membantu perusahaan untuk membentuk dan mengarahkan strategi bisnis supaya berhasil membangun customer engagement yang positif bersama pelanggan.

  • Mendapatkan Layanan Integrasi Platform

Layanan integrasi platform merupakan aspek penting pada WhatsApp Business API. Pada umumnya, WhatsApp Business API dapat diintegrasikan dengan software CRM (Customer Relationship Management). Sistem integrasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan customer service sebuah bisnis. Dengan bantuan WhatsApp Business Solution Provider, perusahaan tidak perlu kesulitan mengintegrasikan platform-platform tersebut.

  • Mendapatkan Akses Laporan dan Analisis

WhatsApp Business Solution Provider biasanya memberikan akses untuk melihat laporan dan analisis kinerja WhatsApp Business API. Contohnya laporan dan analisis yang disediakan Ivosights pada dasbor reporting. Perusahaan dapat mengetahui status pengiriman pesan (sent, delivered, read, failed) hingga performa campaign WhatsApp secara keseluruhan. Sistem yang tersusun secara komprehensif ini membuat perusahaan tidak perlu kesulitan menganalisis performa platform secara manual.

Baca Juga: WhatsApp Business vs Whatsapp Business API, Apa Bedanya? 

Cara Memilih WhatsApp Business Solution Provider yang Tepat untuk Bisnis Anda

Perusahaan atau pelaku bisnis lainnya terkadang kebingungan dalam memilih WhatsApp Business Solution Provider apa yang cocok untuk bisnis yang mereka jalani. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Menentukan Kebutuhan Bisnis

Mengidentifikasi hal yang dibutuhkan bisnis merupakan langkah awal memilih WhatsApp Business Solution Provider. Perusahaan dapat menentukan apa goals dan hal yang ingin didapatkan dari platform tersebut. Seperti apakah membutuhkan integrasi software, bot, atau alur kerja yang dapat dikustomisasi. 

  • Mencari Rekomendasi WhatsApp Business Solution Provider

Perusahaan juga dapat mencari rekomendasi WhatsApp Business Solution Provider pada relasi yang diketahui. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam pemilihan sekaligus mendapatkan testimoni terpercaya secara langsung dari orang terdekat.

  • Melakukan Riset

Proses riset sebelum memilih WhatsApp Business Solution Provider merupakan langkah yang tidak bisa dilewatkan. Perusahaan dapat melakukan riset yang berkaitan dengan beberapa aspek, seperti mengevaluasi fitur yang ada, mengecek sistem integrasi platform, dan mengecek opsi kustomisasi konten. Beberapa fitur yang wajib untuk dievaluasi adalah integrasi CRM, sistem analisis dan report, dukungan teknis, keamanan, dan kesesuaian dengan kebijakan WhatsApp Business API.

  • Menyesuaikan Harga

Perusahaan dapat melakukan riset terkait harga dan menyesuaikan harga supaya sesuai dengan rancangan anggaran biaya perusahaan. Tak hanya itu, perusahaan perlu memastikan harga sudah sepadan dengan fasilitas dan dukungan yang diberikan oleh WhatsApp Business Solution Provider.

  • Melakukan Review dan Tes Penggunaan Platform

Setelah perusahaan menentukan WhatsApp Business Solution Provider mana yang akan dipakai, perusahan perlu melakukan review dan ngetes platform yang akan digunakan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari peristiwa kesalahan teknis atau permasalahan lain di kemudian hari.

Tertarik Menggunakan WhatsApp Business API? Segera Hubungi Ivosights!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis. Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda dengan Ivosights selaku WhatsApp Business Solution Provider terbaik di Indonesia. Ivosights menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Platform ini juga dilengkapi dengan dashboard WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM Omni-channel, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami