Simak Efisiensi WhatsApp Business untuk Promosi Bisnis saat Ramadan

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 29 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.

"WhatsApp Business sangat diandalkan oleh pemilik bisnis khususnya saat ada hari-hari khusus tertentu, seperti Ramadan. Yuk, simak efisiensi penggunaan aplikasi ini"

Siapa yang tidak mengenal WhatsApp Business? Aplikasi yang satu ini memiliki peranan yang cukup penting dalam perkembangan sebuah bisnis. Memiliki banyak fitur yang berbeda dengan aplikasi WhatsApp biasa, aplikasi WhatsApp Business hadir untuk membantu para pemilik bisnis agar bisnis yang mereka jalani bisa berjalan lebih lancar serta meningkatkan performa dan komunikasi kepada pelanggan. Saat Ramadan, ada banyak pemilik bisnis yang memanfaatkan aplikasi ini untuk meringankan aktivitas berbisnis mereka lantaran banyaknya orderan yang masuk melebihi bulan-bulan lain. Yuk, simak seberapa efisien WhatsApp Business untuk promosi bisnis saat Ramadan!

Alasan Mengapa Terjadi Peningkatan Penjualan saat Ramadan

  • Perubahan Perilaku Masyarakat

Salah satu alasan mengapa terjadi peningkatan penjualan saat Ramadan adalah karena perubahan perilaku masyarakat yang berbeda dari bulan-bulan lainnya. Masyarakat khususnya umat Muslim memiliki kegiatan mereka tersendiri yang hanya dilakukan di Ramadan, beberapa diantaranya adalah kegiatan bukber dan pembelian takjil saat menjelang berbuka. Untuk itu, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pemilik bisnis, terutama bisnis makanan, karena peningkatan penjualan bisa terprediksi dan sangat menguntungkan.

  • Adanya Tradisi Berbelanja saat Menjelang Ramadan atau Lebaran

Umat Muslim tentunya sudah tidak asing lagi dengan adanya tradisi berbelanja saat menjelang Ramadan atau lebaran. Seperti sudah kebiasaan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk selebrasi hadirnya Ramadan serta bentuk rasa syukur karena puasa sudah selesai dilakukan. Bentuk kemenangan yang ditunjukkan oleh umat Muslim ini tentunya menguntungkan pemilik bisnis terutama pemilik bisnis makanan dan pakaian.

Baca Juga: Pentingnya WhatsApp Business Verified untuk Institusi Pendidikan

  • Peningkatan Pembelian Konsumen

Peningkatan penjualan terjadi saat Ramadan tentunya karena adanya peningkatan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Banyak orang memiliki langganan mereka sendiri untuk urusan pakaian hingga kue kering untuk menyambut lebaran. Hal ini tentunya menjadi peningkatan di pembelian konsumen.

  • Banyaknya Promo dan Diskon Khusus Ramadan

Bukanlah suatu yang baru jika Ramadan adalah saat yang tepat bagi pemilik bisnis untuk memperbanyak promo dan diskon khusus. Hal ini juga menjadikan salah satu alasan mengapa terjadi peningkatan penjualan saat Ramadan. Orang-orang tentu menjadi tertarik dan melakukan banyak pembelian terutama untuk beberapa produk spesifik.

Perhatikan Hal-Hal ini Jika Ingin Bisnis Laris Manis saat Ramadan

  • Tentukan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Promosi

Menentukan waktu yang tepat melakukan promosi adalah hal utama yang perlu diperhatikan jika ingin bisnis tetap laris manis saat Ramadan. Pastikan bahwa Anda melakukan promosi di waktu-waktu yang dimana orang-orang ingin berbelanja, seperti waktu siang hari hingga berbuka.

  • Gunakan Media Sosial 

Manfaatkanlah media sosial milik bisnis Anda untuk memperlancar urusan bisnis saat Ramadan. Hal ini juga untuk meningkatkan brand awareness agar bisnis Anda semakin di kenal di kalangan masyarakat.

  • Ikuti Tren yang Sedang Banyak Dibicarakan di Masyarakat

Salah satu penyebab bisnis laris manis adalah dengan menggunakan tren yang sedang banyak dibicarakan di masyarakat. Selalu pantau tren-tren apa saja yang viral dan sesuaikan dengan bisnis yang Anda jalani.

  • Gunakan WhatsApp Business

Manfaatkanlah WhatsApp Business agar penjualan bisnis Anda tetap laku dan laris manis. WhatsApp Business akan meningkatkan penjualan Anda dan sangat bermanfaat untuk melakukan interaksi yang positif dengan para pelanggan.

Efisiensi WhatsApp Business untuk Promosi Bisnis saat Ramadan

  • Memiliki Banyak Fitur yang Mempermudah Penjualan

Salah satu hal yang membuat WhatsApp Business sangat efisien untuk meningkatkan penjualan adalah karena aplikasi yang satu ini memiliki banyak fitur di dalamnya yang mempermudah kegiatan berbisnis. Seperti pesan otomatis terkirim dan beberapa fitur menarik lainnya.

Baca Juga: Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan WhatsApp Business

  • Meningkatkan Interaksi dengan Para Pelanggan

Salah satu alasan lainnya mengapa WhatsApp Business sangat efisien untuk penjualan saat Ramadan karena berguna untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Pemilik bisnis dapat dengan mudah melakukan kontak pesan dengan pelanggan tanpa ada gangguan pesan pribadi.

  • Pemilik Bisnis Bisa dengan Mudah Menyebarkan Promo Ramadan

WhatsApp Business bisa membantu Anda dalam menyebarkan promo dan diskon khusus Ramadan, lho! Hal ini sangat efisien untuk promosi bisnis Anda di Ramadan. Menarik, ya?

Yuk, Beralih ke WhatsApp Business API untuk Mempermudah Penjualan Saat Ramadan!

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami