Datangnya Ramadan merupakan salah satu berkah yang banyak disyukuri oleh umat muslim. Bukan hanya karena bulan ini hanya datang sekali dalam setahun, tetapi juga karena banyak bisnis yang menjadi sangat laku karena hadirnya Bulan Suci Ramadan ini. Meskipun begitu, ada beberapa cara yang harus dilakukan agar usaha yang dijalani tetap laris saat Ramadan, salah satunya dengan menggunakan WhatsApp Business. Yuk, simak tips laris berbisnis saat Ramadan dalam artikel di bawah ini.

Mengapa Ramadan Adalah Saat yang Pas untuk Berbisnis

Ramadan merupakan salah satu bulan yang akan disambut oleh umat muslim karena kedatangannya. Bulan Suci ini juga menjadi ladang keuntungan untuk berbisnis karena banyaknya permintaan yang melonjak, terutama untuk beberapa produk atau barang khusus. Berikut ini, kami akan menjelaskan alasan mengapa Ramadan adalah saat yang pas untuk berbisnis.

Permintaan pelanggan adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Saat Ramadan, akan adanya lonjakan permintaan pelanggan terhadap banyak barang dan produk jika dibandingkan dengan bulan-bulan lain. Di Bulan Suci ini, masyarakat akan melakukan banyak pembelian baik sandang maupun papan. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan kegiatan berpuasa akan menjadi salah satu kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan karena orang akan tidak melakukan makan dan minum selama lebih dari 9 jam, sehingga makanan dan minuman akan sangat laris. Sedangkan untuk pakaian, biasanya orang akan membeli pakaian baru untuk lebaran mulai dari baju, mukena, hingga dress.

Disinilah keuntungan bisnis yang akan Anda dapatkan. Tingginya permintaan pelanggan karena hadirnya Ramadan ini menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis. Tetapi, ada baiknya Anda membuka peluang bisnis ini dengan melakukan riset terlebih dahulu tentang apa saja yang paling dicari masyarakat saat berpuasa sehingga akan menjadi keuntungan tersendiri.

Baca Juga: Istilah-istilah dalam Akun Whatsapp Business API

Berbeda dengan bulan-bulan lain, di Ramadan akan ada perubahan perilaku konsumen. Hal ini disebabkan ada banyaknya aktivitas berpuasa yang merubah perilaku konsumen. Beberapa diantaranya adalah kegiatan sholat tarawih, ngabuburit, hingga sahur pada jam 3 hingga 5 pagi. Berubahnya perilaku konsumen merupakan suatu peluang untuk bisnis baru, seperti menjual makanan berbuka dan sahur hingga menjual vitamin untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Umat muslim mungkin tidak asing lagi dengan adanya tradisi berbelanja menjelang Ramadan dan Lebaran. Hal ini memang tidak wajib, tetapi sudah menjadi sebuah acara yang tidak pasti sehingga seringkali kegiatan berbelanja ini membuat banyak orderan dan memadati pasar swalayan. Adanya tradisi berbelanja ini bisa dijadikan peluang bisnis yang sangat menguntungkan, Anda dapat melakukan penjualan terhadap barang-barang atau produk apa saja yang banyak dibeli menjelang Ramadan dan lebaran, seperti membuka bisnis kue kering dan bisnis mukena.

Strategi Laris Berbisnis Saat Ramadan

Digital monitoring merupakan suatu proses menganalisis dan melakukan pemantauan terhadap perilaku konsumen atau masyarakat di media sosial, web, hingga forum. Kegiatan yang satu ini sangat menguntungkan bagi bisnis untuk melihat perkembangan tren dan apa saja yang terbaru dalam hal-hal yang sering dibicarakan oleh masyarakat. Dengan melakukan digital monitoring di media sosial, pemilik bisnis akan mengetahui keinginan masyarakat saat Ramadan sehingga akan menjadi jauh menguntungkan

WhatsApp Business merupakan aplikasi dari WhatsApp yang memiliki tujuan untuk mempermudah penjualan dan berinteraksi dengan para pelanggan. WhatsApp Business bisa menjadi strategi Anda untuk berbisnis saat Ramadan karena akan lebih mudah bagi Anda dalam menyebarkan promo serta berkomunikasi dengan para pelanggan.

Meskipun di Ramadan merupakan bulan yang memiliki banyak permintaan pelanggan, Anda harus tetap menentukan target pasar yang sesuai. Tanpa adanya target pasar yang sesuai, Anda tidak akan bisa melakukan penjualan yang menguntungkan. Untuk itu, lakukanlah riset terhadap target pasar yang akan dituju.

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang sukses melakukan penjualan saat bulan puasa adalah dengan melakukan penjualan yang paling banyak dicari saat berpuasa. Saat berpuasa, ada banyak tren dan hal baru yang memiliki banyak peluang laris jika dijual di pasaran. Anda harus menelitinya dengan cermat agar apa yang Anda jual dicari saat berpuasa.

Baca Juga: Begini Cara Membuat WhatsApp Business untuk Bisnis Online-mu

Yuk, Beralih ke Ripple10 dan WhatsApp Business API!

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. 

Selain itu, alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya layanan WhatsApp Business API dan Ripple10!