Memilih WhatsApp Business Provider dengan Tepat? Ini Panduannya

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 09 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock

"Pemilihan provider WhatsApp Business Solution dengan cepat bisa memengaruhi kelanjutan bisnis yang Anda miliki"

Begitu banyak pilihan provider yang menyediakan layanan WhatsApp Business. Namun, Anda tetap harus mempertimbangkan pilihan secara matang. Demi keberlangsungan perusahaan, Anda perlu melakukan cek ulang produk WhatsApp Business yang ditawarkan, mulai dari fitur-fitur, sistem keamanan, hingga biaya yang dibutuhkan.

Cara Memilih WhatsApp Business Solution Provider dengan Tepat

  • Kenali Dahulu Apa yang Bisnis Anda Butuhkan

Sebelum memilih provider WhatsApp Business, ada baiknya Anda analisis dulu secara mendalam kebutuhan perusahaan Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan mempertimbangkan kemana arah komunikasi perusahaan, meninjau preferensi kebutuhan oleh pelanggan perusahaan, tingkat volume serta bentuk komunikasi, seberapa besar skala bisnis Anda, dan berapa banyak anggaran yang hendak dikeluarkan. Konsultasikan juga hal ini ke tim internal perusahaan untuk bertukar perspektif.

  • Perhatikan Ukuran Bisnis

Ukuran bisnis yang Anda miliki akan berpengaruh kepada jenis WhatsApp Business apakah yang cocok untuk digunakan. Jika bisnis Anda dikategorikan sebagai UMKM, maka penggunaan WhatsApp Business sudah dirasa cukup. Sebaliknya, jika bisnis Anda tergolong besar dan kompleks maka jangan ragu untuk menggunakan layanan WhatsApp Business API sebagai solusinya.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh dengan WhatsApp Business Solution Provider

  • Cek Fitur dan Fungsi yang Tersedia

Provider WhatsApp Business Solution menyediakan berbagai fitur menarik, seperti penjadwalan pesan, laporan analitik, pesan otomatis, daftar siaran, dan mendukung multichannel. Pilihlah fitur-fitur yang memang cocok digunakan oleh bisnis Anda.

  • Tinjau Sistem Keamanan Aplikasi

Sistem keamanan WhatsApp Business yang digunakan sudah menjadi salah satu prioritas utama. Pastikan penyedia layanan WhatsApp Business ini menyediakan fitur keamanan yang mumpuni. Hal ini dapat di cek terlebih dahulu melalui otorisasi akses, pengaturan keamanan, enkripsi data, dan kebijakan penggunaan data.

  • Pastikan Andal dan Menawarkan Dukungan Pelanggan

WhatsApp Business yang digunakan haruslah memberikan dukungan untuk pelayanan pelanggan dalam berbagai bentuk. Misalnya saja bantuan teknis, waktu dalam merespons dukungan, serta keandalan platform. Pastikan provider WhatsApp Business ini memberikan dukungan ketika dibutuhkan.

  • Bandingkan Fleksibilitas dan Harga yang Ditawarkan

Tinjau lebih lanjut harga paket produk dari penyedia layanan. Periksa juga apakah provider memberikan kemudahan untuk mengubah paket apabila perusahaan Anda membutuhkannya.

  • Periksa Review dan Rekomendasi

Terakhir, periksalah ulasan maupun rekomendasi dari pengguna produk dari provider terkait melalui tulisan internet. Cek terlebih dahulu apakah ada kendala dalam menggunakan WhatsApp Business sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Alasan Kenapa Anda harus Memilih Provider WhatsApp Business dengan Tepat

  • Hubungan Partner dalam Jangka Panjang

Untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan provider WhatsApp Business, Anda harus memastikan bahwa mereka memberikan pelayanan yang terbaik. Perhatikan juga apakah provider memberikan tanggapan secara cepat dalam memecahkan masalah. Hal ini akan meminimalisir adanya kesalahan fatal pada hubungan jangka panjang.

Baca juga: Ciri Perusahaan yang Membutuhkan Akun Whatsapp Business API!

  • Status Keamanan Nomor Perusahaan Anda

Premium number untuk bisnis Anda tidak dapat diberikan secara sembarangan karena menyangkut kepentingan perusahaan. Untuk itu, carilah provider WhatsApp Business terpercaya yang mengedepankan sistem keamanan produk layanan ini.

  • Prosesnya Kompleks

Seperti yang dibahas sebelumnya, tidak semua provider WhatsApp Business memberikan kemudahan. Akibat perjanjian kerja sama dalam jangka panjang, Anda akan kesulitan untuk mengganti provider WhatsApp Business secara tiba-tiba. Oleh karena inilah, Anda harus memilih provider yang benar-benar cocok dengan perusahaan guna meminimalisir kerugian kedepannya. Selain memakan waktu dan tenaga, perpindahan provider juga membutuhkan biaya tambahan.

  • Perbedaan Fitur yang Disediakan Penyedia Layanan

Terakhir, periksalah fitur yang disediakan provider. Pilihlah WhatsApp Business solution provider yang menyediakan fitur-fitur canggih terlengkap. Dengan ini, Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur tersebut untuk menunjang perusahaan Anda.

Daftarkan Segera Perusahaan Anda dengan WhatsApp Business!

Percayakan Ivosights sebagai salah satu Whatsapp Business solution provider terbaik. Dipercaya oleh puluhan hingga ratusan brand, Ivosights menyediakan produk layanan untuk mendukung customer engagement sejak berdirinya tahun 2016. Salah satu produknya merupakan WhatsApp Business API, sebuah sistem pengiriman pesan milik Whatsapp untuk memudahkan interaksi pelanggan dengan perusahaan. Whatsapp Business API juga memiliki jauh lebih banyak kelebihan jika dibandingkan Whatsapp Business biasanya. Penasaran? Buktikan dengan mendapatkan layanan ini hanya di Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami