Percepat Konsultasi Dokter Menggunakan WhatsApp Business

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 17 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock

"Kita bisa dengan mudah mempercepat konsultasi dengan dokter menggunakan WhatsApp Business"

Selain menggunakan aplikasi rumah sakit resmi, di zaman yang sudah modern ini, kita bisa juga memanfaatkan aplikasi WhatsApp Business untuk mempercepat konsultasi dengan dokter yang ingin dituju. Berbeda dengan zaman dahulu, melakukan konsultasi dengan dokter harus menunggu lama dan mengantri panjang sehingga cukup memakan waktu yang lama dan sangat tidak praktis. Yuk, percepat konsultasi dengan dokter menggunakan WhatsApp Business!

Alasan WhatsApp Business Berguna untuk Bidang Kesehatan

  • Komunikasi Langsung

WhatsApp Business memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pasien atau klien mereka. Ini dapat membantu meningkatkan responsibilitas, menambah kepercayaan, dan mempercepat proses pelayanan kesehatan.

  • Pemberitahuan dan Pengingat

Dalam bidang kesehatan, pengingat jadwal janji dokter dan obat sangat penting untuk menghindari lupa atau keterlambatan. Dengan WhatsApp Business, penyedia layanan kesehatan dapat mengirimkan pemberitahuan dan pengingat langsung ke ponsel pasien mereka.

  • Konsultasi Jarak Jauh

WhatsApp Business dapat digunakan untuk melakukan konsultasi jarak jauh atau telemedicine. Ini sangat berguna untuk pasien yang tidak dapat datang ke rumah sakit atau klinik, seperti pada masa pandemi COVID-19 saat ini.

Baca Juga: Jenis-jenis Akun Whatsapp Business API

  • Sharing Informasi

WhatsApp Business memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk membagikan informasi penting tentang kondisi kesehatan pasien, hasil tes, atau resep obat secara langsung melalui pesan. Ini dapat mempermudah komunikasi antara dokter dan pasien serta meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

  • Kolaborasi antara Tenaga Kesehatan

WhatsApp Business juga dapat digunakan untuk kolaborasi antara tenaga kesehatan, seperti antara dokter dan perawat atau antara dokter spesialis dan dokter umum. Ini dapat membantu meningkatkan koordinasi dan mempercepat pengambilan keputusan dalam proses pengobatan.

Alasan Konsultasi Dokter Lebih Cepat dengan WhatsApp Business

  • Mudah Digunakan

WhatsApp Business sangat mudah digunakan dan dapat diakses oleh semua orang dengan smartphone dan koneksi internet.

  • Privasi

WhatsApp Business menyediakan enkripsi end-to-end pada pesan yang dikirim, sehingga memberikan keamanan dan privasi bagi pasien dalam berkomunikasi dengan dokter.

  • Cost-effective

Dengan menggunakan WhatsApp Business, dokter dapat menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk panggilan telepon atau layanan pesan singkat berbayar.

  • Peningkatan Produktivitas

Dengan mengurangi waktu tunggu dan menghemat biaya, WhatsApp Business dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dokter dalam memberikan layanan konsultasi.

  • Kemudahan dalam Pengaturan Jadwal

Dengan WhatsApp Business, dokter dapat dengan mudah mengatur jadwal konsultasi dan memberikan layanan konsultasi pada waktu yang lebih fleksibel untuk pasien mereka.

Langkah untuk Mempercepat Konsultasi Dokter dengan WhatsApp Business

  • Daftar dan Verifikasi Nomor WhatsApp Business Anda

Pastikan bahwa nomor WhatsApp Business Anda sudah terdaftar dan diverifikasi. Hal ini memastikan bahwa Anda dapat menggunakan fitur-fitur WhatsApp Business yang diperlukan untuk memberikan layanan konsultasi dokter.

  • Berikan Informasi Lengkap

Pastikan bahwa Anda memberikan informasi lengkap tentang dokter dan layanan konsultasi yang tersedia, seperti jam buka, biaya, dan cara menghubungi dokter. Hal ini akan membantu pasien untuk memahami proses dan mempersiapkan diri sebelum melakukan konsultasi.

  • Buat Grup WhatsApp Khusus

Buat grup WhatsApp khusus untuk konsultasi dengan pasien. Hal ini akan mempermudah proses komunikasi antara dokter dan pasien, serta memungkinkan dokter untuk memberikan layanan konsultasi dengan lebih cepat.

Baca Juga: Begini Cara Membuat WhatsApp Business untuk Bisnis Online-mu

  • Buat Template Pesan

Buat template pesan untuk menjawab pertanyaan umum dari pasien, seperti biaya dan jadwal konsultasi. Hal ini akan mempercepat proses respons dokter dan meningkatkan efisiensi layanan konsultasi.

  • Gunakan Fitur-Fitur WhatsApp Business

Gunakan fitur-fitur WhatsApp Business seperti pesan otomatis dan pesan siap pakai untuk mempercepat proses konsultasi dokter. Hal ini juga akan mempermudah dokter untuk memberikan informasi dasar tanpa harus membalas pesan satu per satu.

  • Berikan Pelayanan yang Ramah dan Profesional

Pastikan bahwa Anda memberikan pelayanan yang ramah dan profesional kepada pasien. Hal ini akan membangun kepercayaan pasien dan membuat mereka merasa nyaman dalam melakukan konsultasi dengan dokter melalui WhatsApp Business.

Yuk, Mulai Beralih ke WhatsApp Business API!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami