Kelebihan dan Kelemahan WhatsApp Business untuk Nasabah Bank

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 03 Mei 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock.

"Dalam praktiknya, berinteraksi dengan para nasabah menggunakan WhatsApp Business memiliki kelemahan"

Nasabah dalam industri perbankan adalah salah satu pilar dan pondasi dalam berjalannya suatu bank. Hal ini dikarenakan nasabah memiliki peranan penting dalam lancarnya operasional di dalam internal suatu bank tersebut. Dalam praktiknya, salah satu cara dalam menjangkau dan berkomunikasi dengan nasabah adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Dalam artikel ini, ada beberapa kelemahan dalam penggunaan WhatsApp Business untuk nasabah bank. Yuk, simak baik-baik penjelasan lebih lengkapnya di sini!

Apa Itu Nasabah Bank

Nasabah Bank merupakan individu atau entitas hukum yang menggunakan layanan dan produk perbankan yang tersedia di bank. Nasabah Bank dapat membuka rekening tabungan, rekening giro, deposito, serta mengajukan pinjaman atau kredit. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan layanan lain seperti transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian valuta asing, dan lain-lain. Sebagai imbalan atas penggunaan layanan dan produk perbankan, bank memberikan bunga, diskon, atau layanan tambahan lainnya kepada nasabah. Dalam penggunaan layanan dan produk perbankan, nasabah memiliki tanggung jawab untuk mematuhi ketentuan yang berlaku dan membayar biaya dan bunga yang terkait.

Kelebihan WhatsApp Business dalam Berinteraksi dengan Nasabah 

  • Mempermudah Komunikasi

WhatsApp Business menyediakan fitur chat yang mudah digunakan dan dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan nasabah. Dalam situasi tertentu, seperti permintaan informasi atau perubahan data, WhatsApp Business dapat memberikan layanan cepat dan mudah bagi nasabah.

  • Meningkatkan Keterlibatan Nasabah

Dalam dunia perbankan, keterlibatan nasabah sangat penting untuk membangun hubungan yang baik. WhatsApp Business dapat membantu bank untuk berinteraksi dengan nasabah secara langsung, memungkinkan diskusi tentang produk dan layanan baru, serta memberikan saran dan pendapat.

Baca Juga: WhatsApp Business Verified: Keunggulan dan Cara Mendapatkannya

  • Meningkatkan Kepercayaan

Komunikasi yang mudah dan cepat dengan WhatsApp Business dapat membantu bank atau institusi keuangan meningkatkan kepercayaan nasabah. Dengan memberikan informasi yang akurat dan membantu nasabah dalam mengatasi masalah atau pertanyaan, bank dapat membangun reputasi sebagai lembaga yang dapat dipercaya.

  • Memberikan Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

Dalam penggunaan WhatsApp Business, bank dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan lebih cepat. Nasabah dapat memperoleh informasi dan dukungan yang dibutuhkan secara real-time, serta memperoleh informasi mengenai produk atau layanan baru yang tersedia.

  • Meningkatkan Efisiensi

WhatsApp Business memungkinkan bank untuk mengirimkan informasi atau pesan secara massal, seperti pemberitahuan mengenai promo atau layanan baru. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dalam menginformasikan nasabah tentang produk atau layanan terbaru, dan mengurangi biaya promosi di media lainnya.

Kelemahan WhatsApp Business untuk Nasabah

  • Tidak Aman

WhatsApp Business bukanlah platform yang sepenuhnya aman untuk melakukan transaksi keuangan. Terdapat risiko keamanan seperti penipuan dan hacking yang dapat membahayakan nasabah.

  • Tidak Dapat Menangani Permintaan yang Kompleks

WhatsApp Business dapat mempermudah komunikasi antara bank dan nasabah, namun tidak dapat menangani permintaan atau masalah yang kompleks. Dalam kasus seperti itu, nasabah harus menggunakan cara lain seperti mengunjungi cabang bank atau menghubungi customer service.

Baca Juga: Jenis-jenis Akun Whatsapp Business API

  • Keterbatasan Fitur

WhatsApp Business memiliki fitur yang terbatas dibandingkan dengan platform lain seperti email atau website resmi bank. Fitur seperti pengiriman dokumen atau melakukan transaksi besar-besaran tidak dapat dilakukan melalui WhatsApp Business.

  • Memerlukan Koneksi Internet

WhatsApp Business hanya dapat digunakan jika nasabah memiliki koneksi internet yang stabil. Hal ini dapat menjadi kendala bagi nasabah yang tidak memiliki akses internet atau tinggal di daerah yang sulit terjangkau oleh jaringan internet.

  • Ketergantungan Pada Satu Platform 

WhatsApp Business merupakan platform yang dimiliki oleh perusahaan tertentu, sehingga bank atau nasabah menjadi tergantung pada platform tersebut. Apabila terjadi masalah atau gangguan pada platform, maka komunikasi antara bank dan nasabah dapat terganggu.

Yuk, Beralih ke WhatsApp Business API!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami