Integrasi WhatsApp Business dan CRM: Ampuh Ciptakan Interaksi Efektif

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 20 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstrock

"Sistem integrasi WhatsApp Business dan CRM terbukti ampuh menciptakan interaksi efektif antara suatu brand dan pelanggannya. Simak ulasannya di sini."

Di era digital yang semakin berkembang, interaksi antara bisnis dan pelanggan mengalami transformasi yang signifikan. Perusahaan kini berlomba-lomba untuk memanfaatkan teknologi guna menciptakan komunikasi yang lebih efektif dan personal dengan pelanggan. Salah satu inovasi yang semakin populer adalah integrasi antara WhatsApp Business dan Customer Relationship Management (CRM).  Artikel ini akan membahas bagaimana integrasi antara WhatsApp Business dan CRM dapat menciptakan interaksi yang efektif, serta manfaat apa saja yang dapat diperoleh perusahaan dari sinergi kedua platform ini. Dengan memahami dan menerapkan integrasi ini, perusahaan dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan pada akhirnya, mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Apa Itu WhatsApp Business?

WhatsApp, aplikasi pesan instan yang keberadaannya memfasilitasi proses interaksi digital orang Indonesia, tak hanya menyediakan aplikasi pesan personal. Terdapat juga platform yang dapat memfasilitasi operasional bisnis, seperti berkomunikasi dengan pelanggan, menyokong proses transaksi, hingga mempermudah sistem promosi. 

Terdapat dua jenis platform WhatsApp Business: WhatsApp Business standar untuk bisnis kecil dan WhatsApp Business API untuk bisnis dengan skala menengah dan besar. API (Application Programming Interface) pada WhatsApp Business API mengacu pada kemungkinan suatu aplikasi untuk dapat diintegrasikan pada aplikasi lainnya. Seperti contohnya integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management).

Baca Juga: WhatsApp Business vs Whatsapp Business API, Apa Bedanya? 

Keuntungan Integrasi WhatsApp Business API dan CRM

Terdapat berbagai macam keuntungan yang dihasilkan dari sistem integrasi kedua platform penunjang komunikasi ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sistem Contact Center yang Lengkap

Dengan mengintegrasikan WhatsApp Business dan CRM, perusahaan mendapatkan fasilitas contact center yang sangat lengkap. Beberapa perusahaan penyedia WhatsApp Business menyediakan CRM Omnichannel, yaitu sistem integrasi 13 kanal digital dan voice dalam 1 dasbor. Sementara WhatsApp Business menyediakan customer engagement dasboard, broadcast dashboard, dan reporting. Fitur-fitur tersebut saling melengkapi satu sama lain. Sehingga, pelanggan dapat berkomunikasi secara efisien.

  • Akun WhatsApp Business yang Terverifikasi

Salah satu privilese dari penggunaan WhatsApp Business API adalah kemudahan mendapatkan fitur verifikasi centang hijau dari Meta. Selain itu, nama akun WhatsApp Business API dapat disesuaikan dengan nama bisnis. Sehingga, pelanggan dapat berkomunikasi tanpa perlu takut akan kemungkinan penipuan yang mengatasnamakan bisnis tertentu.

  • Didukung oleh AI

Beberapa perusahaan penyedia WhatsApp Business didukung oleh teknologi AI (Artificial Intelligence). Dengan dukungan AI, sistem komunikasi yang terjalin akan jauh lebih cepat dan biaya operasionalnya juga akan berkurang dibanding dengan mempekerjakan agen manusia.

  • Akses Menyebarkan Pesan Secara Massal

WhatsApp Business API menyediakan fitur WhatsApp Blast yang memungkinkan perusahaan menyebarkan pesan secara massal tanpa kontak yang terbatas. Selain itu, perusahaan dapat juga menyusun templat pesan yang sudah dipersonalisasi dan disebarkan. Sehingga, pesan yang dikirim bersifat relevan dengan pelanggan.

  • Sistem Pemantauan dan Laporan yang Lengkap

WhatsApp Business memungkinkan perusahaan dapat memantau performa distribusi pesan pada dasbor reporting. Seperti status pengiriman pesan (sent, delivered, read, failed) dan hasil analisis performa kampanye perusahaan yang disebarkan melalui WhatsApp. 

  • Kirim Pesan dengan Berbagai Format Konten

WhatsApp Business API memungkinkan perusahaan untuk melakukan pemasaran dan interaksi yang kreatif bersama pelanggannya. Dikarenakan WhatsApp Business menyediakan berbagai macam format konten, seperti pesan instan biasa, gambar, video, dokumen, pesan audio, hingga penggunaan template yang dapat dipersonalisasi. Template ini dapat digunakan untuk kasus tertentu seperti membuat konfirmasi pesanan, pembaruan pengiriman, pesan pengingat, dan lainnya. Sehingga, pesan yang dikirimkan bersifat variatif dan unik. 

Baca Juga: Ciri Perusahaan yang Membutuhkan Akun Whatsapp Business API! 

Berminat Menggunakan Sistem Integrasi WhatsApp Business API dan CRM? Ivosights Solusinya!

Sistem integrasi WhatsApp Business dan CRM terbukti dapat membantu bisnis Anda memiliki sistem contact center komprehensif yang menguntungkan pelanggan nantinya. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, Anda dapat menggunakan WhatsApp Business API dari Ivosights. Ivosights merupakan partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia dengan perhitungan yang jelas dan sangat menguntungkan bisnis Anda. WhatsApp Business API terdiri dari dashboard yang lengkap untuk pengiriman pesan, serta dasbor integrasi CRM dengan fitur laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami