Gunakan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Pertumbuhan Bisnis Anda!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 07 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp business. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp business. Shutterstock

"Selain menghubungkan bisnis dengan pelanggan, WhatsApp Business juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Apalagi, jika Anda mengikuti tips-tips ini."

Salah satu platform yang semakin populer dan menjadi andalan bagi bisnis adalah WhatsApp Business. Dibandingkan dengan platform WhatsApp yang digunakan untuk berkomunikasi biasa saja, WhatsApp Business membantu Anda sebagai pebisnis untuk mengelola usaha Anda secara digital. Anda juga dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan mengingat seberapa banyaknya pelanggan yang menggunakan platform satu ini. Tak hanya menghubungkan perusahaan dengan pelanggan, WhatsApp Business juga mampu membantu Anda untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Lalu, bagaimana cara menggunakan WhatsApp Business untuk membantu pertumbuhan bisnis Anda? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Pengenalan tentang WhatsApp Business

WhatsApp Business merupakan aplikasi whatsapp yang dirancang khusus untuk mendukung kebutuhan bisnis. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur tambahan yang tidak tersedia di WhatsApp biasa, termasuk profil bisnis yang lebih informatif, respons otomatis, dan statistik pesan. WhatsApp Business memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung, memberikan pelayanan yang lebih baik, dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Peran WhatsApp Business dalam Dunia Bisnis

Inilah beberapa peran WhatsApp Business dalam dunia bisnis:

  • Komunikasi Efektif

WhatsApp Business memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara real-time, memudahkan pertukaran informasi, dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

  • Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan fitur respons otomatis, bisnis Anda dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan cepat tanggap sehingga mengakibatkan kepuasan pelanggan kian meningkat.

  • Promosi dan Pemasaran

Bisnis Anda bisa menggunakan platform WhatsApp Business untuk mengirimkan promo, penawaran khusus, dan informasi produk terbaru kepada seluruh pelanggan bisnis.

  • Membangun Kepercayaan

Melalui komunikasi langsung dan responsif, bisnis Anda dapat membangun kepercayaan pelanggan dan memperkuat hubungan jangka panjang.

Baca juga: Keuntungan Anda Menggunakan Whatsapp Business API untuk Bisnis

Fitur-Fitur WhatsApp Business yang Berfungsi Sebagai Pendukung Bisnis

Inilah fitur-fitur WhatsApp Business yang dapat mendukung bisnis Anda:

  • Profil Bisnis yang Informatif

Dengan menggunakan WhatsApp Business, Anda bisa menyesuaikan profil resmi perusahaan dengan menambahkan deskripsi bisnis, alamat, jam kerja, dan informasi kontak lainnya. Profil bisnis lengkap akan membantu pelanggan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah.

  • Quick Replies

Adanya fitur quick replies memudahkan bisnis Anda untuk menyimpan dan mengakses pesan-pesan yang sering digunakan secara cepat. Hal ini dapat mempercepat respon dan meningkatkan efisiensi komunikasi dengan pelanggan.

  • Pesan Selamat Datang dan Pesan Keluar

Bisnis Anda bisa menetapkan pesan selamat datang yang otomatis dikirimkan ketika pelanggan menghubungi pertama kali, serta pesan keluar yang dikirimkan ketika pelanggan tidak aktif dalam jangka waktu tertentu.

  • Label Kontak

Anda dapat memberi label pada setiap kontak pelanggan, misalnya "Pembeli Potensial," "Pelanggan Setia," atau "Pesanan Belum Selesai." Fitur ini akan memudahkan bisnis dalam mengelola dan menyortir kontak pelanggan.

Cara Gunakan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Pertumbuhan Bisnis

  • Membuat Grup Komunitas Pelanggan

Buat grup komunitas di WhatsApp Business untuk pelanggan yang berminat dengan produk atau layanan Anda. Grup ini bisa menjadi tempat para pelanggan untuk berbagi informasi, testimoni, dan saling bertukar pengalaman.

  • Memanfaatkan Statistik Pesan

Analisis statistik pesan yang disediakan oleh WhatsApp Business untuk membantu Anda memahami pola interaksi dengan pelanggan. Dengan mengetahui waktu dan jenis pesan yang lebih efektif, Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda.

  • Membangun Brand Awareness

Gunakan fitur status supaya bisnis Anda bisa berbagi konten menarik, cerita, dan produk terbaru yang dapat meningkatkan brand awareness di kalangan pelanggan.

  • Mengadakan Webinar atau Konsultasi Online

WhatsApp Business dapat digunakan sebagai sarana untuk mengadakan webinar, konsultasi online, atau sesi tanya jawab dengan pelanggan. Dengan ini, bisnis Anda dapat membangun hubungan lebih erat dengan pelanggan.

Tips Penggunaan WhatsApp Business yang Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Bisnis

Berikut ini adalah sejumlah tips penggunaan WhatsApp Business yang bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda:

  • Jaga Profesionalisme

Tetap jaga profesionalisme dalam berkomunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp Business. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu informal atau tidak pantas.

  • Respon Cepat

Usahakan merespons pesan pelanggan dengan cepat, terutama ketika ada pertanyaan atau permintaan bantuan. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis Anda peduli dengan kebutuhan pelanggan.

  • Tetap Terhubung

Gunakan fitur-fitur WhatsApp Business, seperti status dan cerita, untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Sebarkan konten menarik secara berkala untuk menjaga minat para pelanggan.

  • Pantau Analisis

Lakukan monitoring terhadap statistik pesan dan analisis lainnya yang disediakan oleh WhatsApp Business. Data-data ini dapat memberikan insight berharga untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda.

  • Gunakan Media Gambar dan Video

Gunakan konten berbentuk media gambar dan video yang berguna untuk menyampaikan pesan kepada pelanggan. Konten visual lebih menarik dan dapat meningkatkan engagement.

  • Tetap Etis

Hindari mengirimkan pesan berlebihan atau mengganggu pelanggan dengan spam. Tetaplah etis dalam penggunaan WhatsApp Business.

Baca juga: 5 Perbedaan Partner Resmi dan Provider Non-Resmi WhatsApp Business API

WhatsApp Business API by Ivosights Mendukung Pertumbuhan Bisnis Anda!

Itulah sejumlah manfaat penggunaan WhatsApp Business yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Dengan menerapkan beberapa cara dan tips-tips yang dijelaskan di atas, penggunaan WhatsApp Business akan memberikan manfaat secara optimal. Sebagai pihak yang resmi terlisensi menjadi partner Business Solution Provider dengan META, Anda bisa menggunakan jasa Ivosights untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Walaupun penggunaan WhatsApp Business sudah cukup membantu bisnis Anda, namun akan lebih baik jika Anda gunakan WhatsApp Business API yang memiliki banyak kelebihan. Misalnya saja ada badge centang hijau, sistem broadcast message, integrasi API dengan CRM, manajemen database, bahkan hingga jumlah akses yang tidak terbatas.

Selain cara-cara di atas, ada juga cara lain yang bisa digunakan meningkatkan pertumbuhan bisnis khususnya bagi perusahaan di sektor keuangan, Ivosights bersama META mengadakan sebuah acara bertajuk “Exploring Whatsapp for Business Growth in Financial Industry” yang berlangsung pada tanggal 9 Agustus 2023 nanti di Block71, Ariobimo Sentral, Jakarta. Dalam acara ini akan dibahas terkait industri keuangan, teknologi, pemasaran, serta apa saja potensi Whatsapp Business API untuk meningkatkan kinerja bisnis di sektor keuangan. Jika berhalangan hadir, Anda juga bisa mengikuti acara ini melalui platform telekonferensi zoom cloud meeting. Sebelum kehabisan slot, silakan daftarkan diri Anda sekarang juga dengan cara klik tautan pendaftaran di bit.ly/RegisIVOTALK.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami