Keuntungan Anda Menggunakan Whatsapp Business API untuk Bisnis

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 20 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock

"Banyak sekali keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan Whatsapp Business API untuk bisnis."

Salah satu platform komunikasi yang semakin populer digunakan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan adalah WhatsApp. WhatsApp memiliki jumlah pengguna aktif sebanyak miliaran orang. Dengan jumlah pengguna sebanyak ini, sebuah bisnis dapat memanfaatkan WhatsApp untuk membantu mengoptimalkan interaksi bisnis dengan pelanggan. Kini, WhatsApp sudah menjadi seperti aplikasi wajib di setiap handphone. Fitur-fitur di dalam WhatsApp juga selalu diperbarui menyesuaikan zaman sehingga menggunakan WhatsApp Business API bisa menjadi pilihan untuk komunikasi dalam berbisnis. Dalam artikel ini akan dibahas tentang kelebihan WhatsApp juga kerugian yang didapatkan bisnis apabila tidak menggunakan layanan WhatsApp Business API.

Pengertian WhatsApp Business API

WhatsApp Business API merupakan sebuah platform yang menghubungkan bisnis dengan pelanggan melalui WhatsApp. Dengan mengintegrasikan API (Application Programming Interface) ke dalam sistem WhatsApp, WhatsApp Business API dapat diintegrasikan aplikasi-aplikasi lain sekaligus, contohnya dengan sistem back-end website bisnis. WhatsApp Business API juga memiliki sejumlah fitur lainnya, seperti ChatBot, WhatsApp Blasting, pesan template, dan lain-lain juga dapat memudahkan komunikasi dengan pelanggan.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Dengan Whatsapp Business API

Keuntungan Penggunaan WhatsApp Business API oleh Bisnis

WhatsApp merupakan salah satu pilihan yang cocok bagi bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. WhatsApp Business API juga memiliki berbagai macam keunggulan, yaitu sebagai berikut:

  • Penyampaian Informasi yang Efisien

Melalui WhatsApp Business API, bisnis dapat menyampaikan informasi kepada pelanggan dengan cepat dan efisien. Informasi tersebut bisa berisi konfirmasi pesanan, pembaruan pengiriman, atau pemberitahuan penting lainnya. Dengan ini, kendala berupa keterlambatan pengiriman informasi akan terhindari.

  • Personalisasi Interaksi

WhatsApp Business API dapat menyampaikan pesan dengan cara yang lebih personal kepada pelanggan. Dengan fitur-fitur seperti template pesan yang dapat dikustomisasi, bisnis dapat mengirimkan pesan yang relevan dan menyesuaikan kebutuhan dan preferensi pelanggan.

  • Potensi Jangkauan yang Luas

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, bisnis dapat memanfaatkan jumlah penggunanya yang banyak untuk memperluas jangkauan pelanggan. Keberadaan bisnis Anda di platform ini dapat membuka peluang baru dalam hal pemasaran dan pertumbuhan bisnis.

  • Memperkuat Citra dan Kepercayaan

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda dapat meningkatkan citra bisnis sekaligus kepercayaan pelanggan. Melalui integrasi dengan platform lainnya, bisnis dapat menunjukkan keseriusannya dalam memberikan layanan pelanggan yang baik dan menjaga privasi data pelanggan.

Baca juga: Pentingnya Verified Badge dalam Whatsapp Business, Bukan Sekedar Logo!

Kerugian yang Didapat Jika Bisnis Tidak Menggunakan WhatsApp Business API

  • Keterbatasan Komunikasi

Jika tidak memanfaatkan layanan WhatsApp Business API, bisnis akan memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan peluang, kurangnya responsivitas bisnis, dan menurunkan kepuasan pelanggan.

  • Tidak Memanfaatkan Potensi Pasar

WhatsApp memiliki pengguna aktif yang sangat banyak, terutama berupa kalangan pengguna smartphone. Jika tidak menggunakan WhatsApp Business API, bisnis Anda akan kehilangan kesempatan untuk menjangkau pelanggan berpotensial yang aktif menggunakan platform ini.

  • Tidak Menawarkan Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

WhatsApp Business API dapat menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik dan responsif. Tanpa memanfaatkannya, bisnis Anda akan kesulitan dalam memberikan dukungan pelanggan yang cepat dan efisien. Jika hal ini terjadi, citra bisnis dan kepuasan pelanggan akan menurun. Bisnis juga akan beresiko kehilangan pelanggan akibat pesaing yang lebih responsif.

Dapatkan WhatsApp Business API dari Perusahaan Kami, Ivosights!

WhatsApp memberikan sejumlah kelebihan dengan adanya komunikasi real-time, penyampaian informasi yang efisien, personalisasi interaksi, potensi jangkauan yang luas, serta meningkatkan citra dan kepercayaan. Penting bagi Anda untuk memanfaatkan beberapa kegunaan WhatsApp Business API dengan baik.

Namun, cara mendapatkannya tidak seperti WhatsApp Business biasa yang dapat diunduh secara gratis. WhatsApp Business API hanya bisa didapatkan dari mitra resmi WhatsApp. Sebagai salah salah satu mitra resmi WhatsApp yang terpercaya di Indonesia, Ivosights sudah menjadi provider resmi WhatsApp Business yang terpercaya sejak tahun 2021. Terbukti dengan cukup banyaknya jumlah perusahaan terkenal yang menggunakan layanan Ivosights. Untuk peningkatan efisiensi dalam bisnis, gunakan layanan WhatsApp Business API segera melalui Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami