Fitur-Fitur yang ada pada WhatsApp Business yang Wajib Kamu Tahu!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 27 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.

"Banyaknya keuntungan dari perkembangan teknologi saat ini juga memberikan kemudahan pada bisnis-bisnis di luar sana. Simak penjelasan kami tentang WhatsApp Business berikut ini."

Siapa yang tidak mengetahui aplikasi untuk bertukar pesan yang satu ini? WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Aplikasi ini digunakan oleh banyak mayoritas termausk orang dewasa dan remaja. Mudahnya untuk melakukan tukar pesan melalui aplikasi ini juga menjadi alasan lain mengapa banyak orang lebih memilih aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi lain. Selain itu, WhatsApp juga memiliki banyak fitur yang membuat penggunanya betah untuk melakukan tukar pesan di sini, seperti ada banyaknya stiker gratis, fitur story agar orang lebih mudah untuk memperlihatkan banyak hal, hingga fitur video call yang dapat menampung lebih dari 20 orang. Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan bisnis melalui WhatsApp Business.

Apa itu WhatsApp Business?

Dilansir dari WhatsApp blog, WhatsApp Business adalah aplikasi gratis untuk diunduh yang tersedia pada Android dan iPhone, dan didesain untuk pemilik bisnis kecil. WhatsApp Business akan membuat interaksi Anda dengan pelanggan menjadi lebih mudah dengan menyediakan fitur-fitur untuk mengautomasi, menyortir, dan membalas pesan dengan cepat. 

Selain itu, aplikasi khusus WhatsApp Business ini juga didesain seperti dan berfungsi sama dengan WhatsApp Messenger biasa. Sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir karena perbedaan yang mencolok, yang di mana Anda dapat menggunakannya untuk melakukan semua hal yang Anda biasa lakukan dengan aplikasi WhatsApp biasa, yaitu mulai dari melakukan tukar pesan hingga mengirim foto. 

Baca Juga: Begini Cara Membuat WhatsApp Business untuk Bisnis Online-mu

Fitur-Fitur yang Ada pada WhatsApp Business

  • Profil Bisnis

Yang memiliki bisnis tentu saja ingin memiliki profil WhatsApp yang profesional dan mudah untuk ditemukan pelanggan. Jangan khawatir! WhatsApp Business memiliki fitur untuk melengkapi profilmu menjadi profil bisnis yang profesional. Selain itu, untuk mencantumkan informasi yang lebih lengkap, penting bagi Anda menulis mengenai bisnis apa yang Anda jalani, alamat persis tempat bisnis yang Anda jalani, email, dan situs web.

  • Label

Saat melakukan bisnis, akan sulit untuk menemukan pesan karena banyaknya orderan yang masuk. Namun, Anda tidak perlu lagi merasakan kesulitan tersebut karena WhatsApp Business memiliki fitur label yang akan memudahkan Anda untuk mengorganisasi serta menemukan chat dan pesan dengan mudah.

  • Auto Greetings

Lebih lanjut, WhatsApp Business juga memiliki fitur Auto Greetings yang akan memberikan fitur pesan otomatis kepada pelanggan yang baru saja mengontak Anda pertama kali. Anda dapat mengatur auto greetings ini menjadi salam, rangkuman pertanyaan seputar produk (Frequently Asked Questions), hingga tata cara pemesanan. Auto greetings ini juga akan sangat berguna dalam membalas pelanggan meskipun mereka mengirimkan pesan pada tengh malam.

  • Auto Reply Scheduler

Siapa yang suka diabaikan? Pelanggan tentu akan menjadi malas dan enggan membeli saat melihat penjualnya telat merespon pertanyaan maupun pesanan mereka. Masalah ini bisa kerap terjadi jika sang penjual tidak juga merespon karena banyaknya notif dan pesanan yang masuk. Namun, hal ini bisa Anda akali dengan menggunakan fitur dari WhatsApp Business yaitu auto reply scheduler. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat melakukan custom pada jawaban yang akan diberikan kepada pelanggan. 

Auto reply yang satu ini juga bisa Anda andalkan untuk menjawab pelanggan yang mengirimkan pesan di luar jam kerja, fitur ini memberi balasan secara otomatis. Isi pesannya dapat dibuat custom sesuai dengan apa yang Anda inginkan, sebagai contoh dari auto reply scheduler adalah: Hai! Terimakasih telah menghubungi toko kami, tapi maaf saat ini kami sedang di luar jam operasional. Kami akan menghubungi Anda kembali besok. Terimakasih!

Baca Juga: Pentingnya WhatsApp Business Verified untuk Institusi Pendidikan

  • Quick Replies

Ada banyak pertanyaan-pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh pelanggan. Sebagai pebisnis yang memiliki banyak pekerjaan, tentu akan sulit membalas banyak pertanyaan yang serupa sehingga dibutuhkan alternatif untuk hal ini. Banyak pebisnis yang masih menggunakan cara lama dalam membalas pelanggan yang menanyakan hal serupa, yakni membalas satu per satu pelanggan yang bertanya.

Eits! Zaman sudah canggih dan Anda tidak perlu lagi menggunakan metode kuno seperti itu, WhatsApp Business memiliki fitur quick replies yang akan memudahkan Anda untuk menjawab secara otomatis pertanyaan-pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh pelanggan. Hal ini juga akan sangat menghemat waktu dan juga memberi kepuasan pada pelanggan karena pertanyaan-pertanyaan mereka langsung dibalas dalam waktu singkat.

  • Statistik Pesan

Beberapa pebisnis mungkin tidak sempat untuk mengecek kembali berapa jumlah pesan yang telah diterima, dikirimkan, dan dibaca. Kesibukan lain dari mengurus bisnis membuat mereka harus melihat satu per satu pesan mana yang belum terbaca, hal ini tak jarang membuat mereka missed beberapa pelanggan sehingga tidak terbalas.

Jangan khawatir! Karena WhatsApp Business memiliki fitur untuk melihat statistik pesan yang berupa pesan yang telah dikirimkan, dibaca, dan pesan mana yang belum Anda buka. Membuat bisnis Anda menjadi lebih mudah, bukan? Fitur yang satu ini juga sangat disenangi pebisnis karena akan mengurangi resiko kehilangan pembeli yang belum sempat terbalas.

Ingin Menggunakan WhatsApp Business?

Beberapa dari Anda mungkin berpikir WhatsApp Business merupakan kemudahan dalam berbisnis tetapi sulit untuk memakai dan memulainya. Ivosights punya solusi jitu untuk Anda! Anda akan mendapatkan WhatsApp Business yang memadai dan siap untuk digunakan. Tunggu apalagi? Hubungi call center kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami