Cara Efektifkan Fitur Story untuk Penjualan Produk dalam WhatsApp Business

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 10 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business. Shutterstock

"Memanfaatkan platform WhatsApp Business membuat Anda bisa meningkatkan penjualan produk secara lebih efektif!"

Dalam dunia bisnis yang semakin digital, pemanfaatan platform media sosial menjadi sangat penting dalam strategi pemasaran. Salah satu platform yang mendukung kegiatan bisnis Anda adalah WhatsApp Business. Dengan jumlah penggunanya yang banyak, Anda bisa melakukan promosi ke calon pelanggan dengan mudah. Tak hanya menjangkau pelanggan, Anda bisa menggunakan fitur-fitur yang tersedia untuk kegiatan marketing bisnis Anda. Salah satu fitur yang dimaksud ini adalah whatsapp story. Bagaimana cara menggunakan fitur ini untuk mengefektifkan penjualan produk Anda? Simaklah penjelasannya pada artikel berikut ini.

Pengenalan tentang WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk bisnis sehingga memungkinkan bisnis Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan secara lebih efisien. WhatsApp Business juga dibekali dengan fitur-fitur khusus seperti profil bisnis, pesan otomatis, dan analisis performa.

Mengenal Fitur Story dalam WhatsApp Business

Sementara itu, fitur story di WhatsApp Business adalah sebuah fitur yang memungkinkan pihak bisnis Anda untuk berbagi konten berisikan informasi yang menarik dan relevan kepada pelanggan dalam bentuk gambar, video, atau teks. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membagikan promo, pemberitahuan produk baru, ataupun untuk meningkatkan engagement dengan para pelanggan.

Baca juga: 8 Cara Berdagang via WhatsApp Business API

Beberapa Langkah untuk Menggunakan Fitur WhatsApp Story

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur WhatsApp Story:

  • Buka Aplikasi Whatsapp

Buka aplikasi WhatsApp di perangkat handphone Anda dan pastikan Anda sudah masuk ke akun WhatsApp Business milik bisnis Anda.

  • Temukan Fitur Story

Pada halaman utama WhatsApp, Anda akan melihat adanya tulisan “Status” yang terletak ditengah “Chat” dan “Panggilan”. Tulisan ini digunakan untuk mengakses fitur story di WhatsApp Business Anda,

  • Buat Story Baru

Ketuk ikon berbentuk pensil untuk memulai membuat story baru.

  • Ambil atau Unggah Media

Setelah mengakses ikon berbentuk pensil tadi, Anda akan diarahkan ke antarmuka kamera di mana Anda bisa mengambil foto atau merekam video langsung. Anda juga dapat mengunggah media dari galeri perangkat Anda dengan mengklik ikon galeri.

  • Tambahkan Teks, Stiker, atau Emoji

Setelah memilih gambar atau video, Anda dapat menambahkan teks, stiker, atau emoji dengan mengklik ikon T, stiker, atau emoji yang tersedia di bagian atas layar.

  • Atur Durasi Tampilan

Aturlah berapa lama story akan tampil, maksimalnya adalah 30 detik.

  • Bagikan ke Story

Setelah konten story Anda dirasa sudah siap untuk dipublikasi, ketuk "Bagikan ke story" di bagian bawah layar. Dengan begitu, konten story WhatsApp Anda akan dipublikasi dan tersedia selama 24 jam.

Cara Menyusun Konten Menarik untuk Story WhatsApp Business

Supaya konten WhatsApp Business Anda semakin menarik, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  • Tentukan Tujuan

Pertama, tentukanlah tujuan pembuatan story yang Anda inginkan. Apakah ingin mempromosikan produk baru, memberikan penawaran khusus, atau mengedukasi pelanggan?

  • Pilih Gaya Visual

Gunakan gambar dan video berkualitas tinggi yang sesuai dengan identitas brand Anda.

  • Gunakan Isi yang Relevan

Pastikan konten Anda sudah relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Jangan lupa sertakan call to action yang jelas untuk memikat para pelanggan supaya membeli produk yang ditawarkan.

  • Gunakan Teks Singkat

Durasi story yang terbatas membuat Anda harus menggunakan teks yang singkat dan jelas.

  • Gunakan Fitur Stiker dan Filter

WhatsApp Business juga menyediakan berbagai stiker dan filter yang dapat membuat konten story bisnis Anda lebih menarik.

Cara Mengefektifkan Fitur Story untuk Penjualan Produk dalam WhatsApp Business

Inilah cara mengefektifkan fitur story untuk penjualan produk bisnis Anda menggunakan WhatsApp Business:

  • Konsisten dan Rutin

Posting konten story secara konsisten dan rutin. Dengan begini, pelanggan akan terbiasa dengan konten Anda.

  • Gunakan Fitur Swipe Up

Jika Anda memiliki lebih banyak informasi atau tautan terkait produk, manfaatkan fitur swipe up untuk mengarahkan pelanggan ke halaman yang relevan.

  • Gunakan Konten Interaktif

Tingkatkan interaksi pelanggan dalam story WhatsApp Business Anda dengan mengajukan pertanyaan atau mengadakan kuis terkait produk ataupun layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

  • Promosikan Keterlibatan

Berikan insentif kepada pelanggan yang berpartisipasi dalam interaksi konten story Anda, seperti diskon khusus atau penawaran eksklusif.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh dengan WhatsApp Business Solution Provider

Dapatkan WhatsApp Business API hanya Melalui Pihak BSP Terpercaya

Itulah kegunaan fitur story dalam WhatsApp Business yang bisa membantu Anda menjual produk. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk menyusun konten yang menarik dan interaktif untuk dipublikasi secara konsisten. Dengan begini, Anda dapat memanfaatkan platform WhatsApp Business untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Sebagai salah satu pihak Business Solution Provider yang terpercaya sejak tahun 2021, Anda bisa memercayakan Ivosights untuk mendapatkan platform WhatsApp Business API. Dibandingkan dengan WhatsApp Business pada umumnya, WhatsApp Business API menawarkan sejumlah keunggulan. Misalnya, Anda cukup menggunakan satu nomor WhatsApp saja walaupun bisnis Anda memiliki banyak kantor cabang. 

Anda dapat mengkustomisasi profile bisnis Anda yang akan lebih dipercaya pelanggan karena mendapatkan verifikasi centang hijau dari META. WhatsApp Business API juga mendukung pengintegrasian dengan sistem CRM, menyediakan manajemen database, hingga membebaskan Anda untuk mempersonalisasikan pesan hingga mensinkronisasikan riwayat chat secara otomatis. Segera hubungi tim kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap tentang platform yang satu ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami