Bukan Hanya untuk Bisnis, Kenali Bidang yang Memakai WhatsApp Business

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 11 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.

"WhatsApp Business memiliki banyak manfaat yang menguntungkan jika digunakan dengan baik. Yuk, kenali bidang apa saja yang membutuhkannya"

Tanpa kita sadari, WhatsApp Business memiliki banyak peranan penting bagi hidup kita. Kita tentu sering melihat banyak template atau broadcast dari berbagai macam bidang mulai dari bisnis, rumah sakit, dan lain-lain. Kita juga sering berinteraksi dengan para pemilik bisnis menggunakan aplikasi ini agar transaksi dan komunikasi bisa berjalan dengan lancar. Aplikasi ini memang memiliki banyak manfaat yang mengejutkan jika dimanfaatkan dengan baik. Yuk, simak bidang apa saja yang membutuhkan WhatsApp Business. Simak baik-baik artikel ini, ya!

WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa

  • Desain dan Platform

WhatsApp dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Erlang dan sistem operasi FreeBSD. Kedua aplikasi berbagi platform umum untuk aktivitas percakapan. Selain itu, mereka juga berbagi pedoman desain yang sama. Namun, kedua aplikasi tersebut memiliki logo yang berbeda.

Baca Juga: Simak 7 Kelebihan WhatsApp Business

  • Keamanan

Tidak ada masalah keamanan karena kedua aplikasi memiliki fitur enkripsi end-to-end untuk pesan. Setiap pesan sepenuhnya diamankan oleh protokol lapisan yang tidak dapat diakses oleh pengguna pihak ketiga. Ini memastikan setiap pesan yang dibagikan di kedua platform dengan aman mencapai tujuan target. Pembaruan kebijakan baru-baru ini menyatakan bahwa semua aktivitas tetap bersifat pribadi di WhatsApp. WhatsApp tidak dapat membaca pesan Anda, mendengar panggilan, mengakses detail lokasi, dan lampiran file. Di sisi lain, akun WhatsApp Business dapat mengumpulkan informasi pelanggan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja mereka.

  • Kemampuan Pesan

Selama Anda mematuhi protokol WhatsApp, perusahaan dan individu bebas mengirim pesan tanpa batas dalam format apapun, baik audio, video, atau lampiran file. Anda dapat menyiarkan pesan hingga ke 256 kontak sekaligus. Batas yang sama berlaku untuk menambahkan anggota ke grup di kedua aplikasi.

  • Kemampuan Berbagi Multimedia

Ini mungkin salah satu fitur paling populer karena banyak pengguna menggunakannya. Kedua aplikasi mendukung lampiran file audio-visual, berbagi dokumen, lokasi, dan detail kontak. WhatsApp bahkan telah meluncurkan fitur pembayaran dalam obrolan di mana Anda dapat mengirim dan menerima pembayaran melalui ID UPI. Fitur ini tersedia di kedua platform. Sebuah langkah strategis oleh WhatsApp yang memfasilitasi aplikasi dalam memberikan solusi belanja end-to-end kepada pengguna.

  • Label Kontak

Messenger pribadi WhatsApp tidak mendukung fitur ini, sedangkan WhatsApp Business mendukungnya. Label WhatsApp diberi kode warna secara kategoris. Melalui fitur ini, Anda dapat membuat nama label khusus untuk mengurutkan kontak yang sesuai. Anda dapat membuat hingga 20 label khusus dan menggunakannya untuk menandai setiap kontak atau grup. Ini adalah fitur praktis di mana Anda dapat memilih label dan mengatur data Anda secara produktif.

Baca Juga: Istilah-istilah dalam Akun Whatsapp Business API

  • Profil Pengguna

Profil pengguna bervariasi di kedua aplikasi. Di WhatsApp Business, Anda dapat menampilkan nama bisnis, logo, kategori bisnis, URL situs web, menampilkan katalog produk, menyisipkan deskripsi perusahaan, memperbarui lokasi, dan menentukan jam kerja. Sedangkan, bagian profil aplikasi pribadi WhatsApp hanya berisi tentang bagian, nama, gambar tampilan, dan nomor telepon.

Bidang yang Membutuhkan WhatsApp Business

  • Pendidikan

Bidang pendidikan juga termasuk dalam salah satu bidang yang membutuhkan WhatsApp Business. Bidang pendidikan biasanya melakukan promosi atau kampanye melalui WhatsApp Business agar lebih mudah tersebar dan diketahui oleh para pelajar.

  • Rumah Sakit

Rumah sakit membutuhkan WhatsApp Business untuk banyak hal, salah satunya untuk menampung saran dan kritik saat para pasien selesai menginap di rumah sakit tersebut. 

  • Pelayanan Masyarakat

Pelayanan masyarakat membutuhkan WhatsApp Business untuk memberitahukan banyak hal, salah satunya sebagai contoh untuk penghimbauan jaga jarak saat adanya pandemi Covid-19.

  • Pemerintahan

WhatsApp Business dibutuhkan oleh bidang pemerintahan untuk beberapa hal, salah satunya untuk menyebarkan informasi dan kampanye politik kepada masyarakat.

Yuk, Beralih ke WhatsApp Business API untuk Mempermudah Penjualan Bisnis Anda!

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami