Bisnis Semakin Laris di Ramadan? Gunakan WhatsApp Business!

Whatsapp Bussiness API

,

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 20 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu kehadirannya untuk umat muslim. Manfaatkan WhatsApp business untuk mendapat keuntungan besar saat Ramadan"

Ramadan merupakan bulan yang paling dinanti oleh umat muslim. Kehadirannya yang hanya ada setahun sekali membuat banyak orang bersemangat dalam merayakan datangnya bulan ini. Namun, bukan hanya umat muslim saja yang senang akan datangnya Ramadan, melainkan banyak pemilik bisnis yang bergembira karena bulan ini datang. Mengapa begitu? Hal ini karena di Ramadan, akan ada banyak permintaan di kalangan pelanggan, terutama untuk produk-produk tertentu. Yuk, simak 5 cara agar bisnis semakin laris di Ramadan.

Mengapa Ramadan Sangat Memiliki Banyak Andil untuk Pemilik Bisnis?

  • Meningkatnya Permintaan di Kalangan Pelanggan

Salah satu aalsan mengapa Ramadan memiliki banyak andil untuk pemilik bisnis adalah karena meningkatnya permintaan di kalangan pelanggan. Mengapa begitu? Hal ini karena meningkatnya permintaan di kalangan pelanggan terhadap produk atau jenis barang tertentu. Ini sangat menguntungkan bagi pemilik bisnis, terutama dalam bidang makanan, minuman, hingga pakaian. Orang akan mencari lebih banyak makanan dan minuman untuk persediaan sahur dan berbuka. Selain itu, vitamin juga akan sangat dicari untuk meningkatkan kebugaran tubuh selama berpuasa. 

Lebih lanjut, orang juga biasanya akan mencari mukena, peci, dan baju koko baru untuk dipakai selama Ramadan hingga Lebaran. Meningkatnya permintaan di kalangan pelanggan membuat banyak keuntungan dan peningkatan pada hasil penjualan. Pemilik bisnis juga akan diuntungkan saat Ramadan karena ada banyak peluang untuk mendapatkan banyak pelanggan baru untuk bisnis yang dijalani.

  • Keuntungan Lebih Dibanding Bulan-Bulan Lain

Alasan selanjutnya mengapa Ramadan memiliki banyak andil untuk pemilik bisnis adalah karena di bulan ini, pemilik bisnis akan mendapatkan keuntungan lebih jika dibandingkan dengan bulan-bulan lain. Hal ini karena meningkatnya penjualan yang secara khusus hanya terjadi pada Ramadan, yaitu meningkatnya penjualan untuk bisnis-bisnis kecil seperti bisnis gorengan, makanan manis, dan makanan rumahan terutama saat menjelang berbuka puasa.

  • Mudah Meluncurkan Sasaran

Ramadan adalah bulan yang tepat untuk meluncurkan promosi kepada umat muslim. Hal ini akan sangat memudahkan para pemilik bisnis untuk melakukan penjualan dan pemasaran karena target yang mereka miliki mudah untuk dituju. Seperti contohnya adalah pemilik bisnis sarung yang tentunya akan menggencarkan promosinya saat Ramadan kepada umat muslim.

Baca Juga: Begini Cara Membuat WhatsApp Business untuk Bisnis Online-mu

Cara Efektif untuk Melancarkan Bisnis di Bulan Ramadan

  • Menggunakan WhatsApp Business

Siapa yang tidak mengenal WhatsApp Business? Aplikasi yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan pemilik bisnis, terutama pemilik bisnis kecil atau UMKM. Salah satu cara efektif untuk melancarkan bisnis di Ramadan adalah dengan menggunakan WhatsApp Business yang sudah dirancang untuk melakukan promosi khusus Ramadan.

Anda dapat menuliskan template khusus Ramadan dengan mengubah kata-kata, foto, hingga grafis yang ada dengan menambahkan unsur Ramadan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan custom khusus untuk melancarkan kegiatan promosi selama Ramadan menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi WhatsApp Business.

  • Melakukan Digital Monitoring

Digital monitoring merupakan  suatu kegiatan menganalisis dan pemantauan aktivitas masyarakat secara digital melalui media sosial, web, hingga forum. Kegiatan ini dilakukan untuk menganalisa perilaku masyarakat terhadap suatu tren, barang, hingga kegiatan sosial yang disebarluaskan secara daring. Kegiatan digital monitoring juga dilakukan untuk berbagai macam bidang, seperti hiburan, bisnis, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Saat Ramadan, ada banyak perilaku masyarakat yang berpotensi viral dan menjadi tren sehingga diperlukan digital monitoring untuk memantau kegiatan yang ada di masyarakat. Untuk itu, agar bisnis semakin lancar, Anda perlu melakukan digital monitoring di Ramadan.

  • Meluncurkan Promo dan Diskon

Promo dan diskon adalah salah satu cara cepat agar bisnis yang Anda jalani bisa laku dan cepat diketahui oleh masyarakat. Sama seperti di Ramadan, pemilik bisnis bisa meluncurkan promo dan diskon khusus hanya di Ramadan saja untuk menarik perhatian masyarakat terhadap produk yang dipasarkan.

  • Melakukan Promosi Pada Jam-Jam Tertentu

Di Ramadan, ada banyak aktivitas yang berubah, terutama untuk kalangan umat muslim. Untuk itu, cara agar bisnis yang Anda jalani semakin lancar di Ramadan, Anda perlu memperhatikan jam-jam untuk melakukan promosi.

Baca Juga: Istilah-istilah dalam Akun Whatsapp Business API

  • Membuat Bisnis yang Banyak Dicari Saat Ramadan

Ingin lebih lancar dalam berbisnis saat Ramadan? Buatlah bisnis yang banyak dicari saat Ramadan! Anda perlu memanfaatkan momen ini untuk menambah penghasilan saat Ramadan. Ada banyak bisnis yang dicari oleh masyarakat, beberapa di antaranya adalah bisnis makanan seperti gorengan, kolak, hingga makanan rumahan karena akan sangat laku untuk dijual terutama saat waktu berbuka puasa tiba. 

Lancarkan Bisnis Anda Saat Ramadan dengan WhatsApp Business API dan Ripple10!

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Selain itu, alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya layanan WhatsApp Business API dan Ripple10!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami