Banyak Orderan Masuk Saat Ramadan? Alihkan ke WhatsApp Business!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 17 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp business. Shutterstock.

"Saat Ramadan, ada banyak orderan yang akan meningkat khususnya beberapa bisnis tertentu. Yuk, alihkan ke WhatsApp Business"

Ramadan merupakan bulan yang paling banyak memberikan manfaat, bukan hanya untuk rohani, melainkan juga mendatangkan banyak keuntungan untuk bisnis. Naiknya permintaan dan pendapatan antara pelanggan dan pebisnis menjadikan salah satu alasan bulan suci ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah untuk sesama. Namun, banyaknya orderan yang masuk ini terkadang membuat para pebisnis menjadi sedikit kewalahan mengatur pesanan yang masuk. Untuk itu, hadirnya WhatsApp Business membuat banyak kemudahan bagi para pebisnis untuk memenuhi orderan yang masuk tersebut.

Apa Itu WhatsApp Business

Bagi kamu yang sudah bergelut pada dunia bisnis tentu tidak akan asing dengan aplikasi yang satu ini. WhatsApp Business merupakan aplikasi yang akan memudahkan penjual untuk melakukan interaksi dengan para pelanggan. Selain itu, WhatsApp Business juga memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan jual beli yang ada. 

Biasanya, pelanggan akan kesulitan untuk melakukan interaksi dengan penjual, terutama disaat mereka ingin memesan barang yang sangat dibutuhkan di aplikasi jual beli online tetapi pesan mereka tertimbun sehingga penjual kesulitan melihat pesan mana yang sedang membutuhkan konfirmasi pesanan.

Dengan WhatsApp Business, pelanggan tidak perlu lagi merasa khawatir karena aplikasi ini akan memudahkan penjual dalam menyortir pesan mana saja yang belum mereka buka sehingga akan semakin sedikit kemungkinan adanya pesan yang tidak sengaja terabaikan. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga membuat penjual lebih mudah untuk menjelaskan tentang produk yang mereka jual kepada pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Dengan WhatsApp Business API

Perbedaan Aplikasi WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa

Siapa yang tidak mengenal aplikasi WhatsApp? Aplikasi yang satu ini adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di kalangan masyarakat, salah satunya adalah di Indonesia. WhatsApp juga memiliki banyak fitur yang mudah untuk dimengerti sehingga banyak orang yang menggunakan aplikasi ini untuk kegiatan sehari-hari. Namun, apa perbedaan aplikasi WhatsApp biasa dan WhatsApp Business? Yuk, simak penjelasan di bawah ini:

  • Perbedaan Fitur

Aplikasi WhatsApp biasa memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya untuk melakukan komunikasi dengan sesama seperti pesan teks, panggilan suara, dan video. Fitur-fitur tersebut memudahkan penggunanya untuk melakukan interaksi dengan orang lain dari jarak jauh. Namun, ada perbedaan fitur yang sangat besar antara aplikasi WhatsApp biasa dan WhatsApp Business, yaitu WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang sangat berbeda dengan aplikasi WhatsApp biasa karena aplikasi yang satu ini memiliki tujuan berjualan sehingga digunakan untuk memudahkan kegiatan jual beli dan berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur yang ada di WhatsApp Business salah satunya yang tidak ada di aplikasi WhatsApp biasa adalah fitur untuk melakukan pesan otomatis yang sangat memudahkan penjual untuk menjawab dengan cepat pertanyaan pelanggan.

  • Perbedaan Kegunaan

Tujuan utama aplikasi WhatsApp biasa adalah untuk melakukan obrolan pribadi dan grup serta berbagi media. Melayani pengguna Android dan iOS, Anda dapat dengan mudah mengunduh aplikasi WhatsApp dari Google PlayStore atau Apple Store. Selain itu, untuk menambah kenyamanan dalam berkomunikasi, aplikasi ini juga dapat diakses di laptop Mac atau Windows. Aplikasi WhatsApp ini menawarkan berbagai fitur bermanfaat lainnya seperti panggilan suara dan panggilan video ke semua pengguna. Tentu saja, untuk melakukan ini, Anda perlu memberikan akses ke semua kontak yang tersimpan di perangkat. Pengguna dapat bergabung dan membuat grup, berbagi data dan catatan suara, serta memperbarui status mereka. Selain itu, mereka juga dapat mempersonalisasi profil mereka dengan menampilkan gambar dan deskripsi.

Sedangkan WhatsApp Business merupakan aplikasi penunjang untuk memudahkan kegiatan penjualan dengan pelanggan. Tidak seperti aplikasi WhatsApp biasa, aplikasi WhatsApp Business dapat mengirimkan pesan kepada nomor yang belum tersimpan dengan mudah. Selain itu, aplikasi WhatsApp Business juga biasanya digunakan untuk mempermudah kegiatan penjual dalam mempromosikan barang dagangan mereka kepada pelanggan. Anda dapat dengan mudah melakukan transaksi dengan para pelanggan karena menggunakan WhatsApp Business dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diantara pelanggan. Mengapa begitu? Karena WhatsApp Business merupakan aplikasi yang mengharuskan penggunanya mengisi data bisnis dengan lengkap seperti nama bisnis, alamat bisnis, hingga jenis bisnis yang dijalani.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Dengan WhatsApp Business API

Banyak Orderan Masuk Saat Ramadan? Gunakan Aplikasi WhatsApp Business Solusinya!

Ramadan adalah bulan yang sibuk, bukan hanya umat muslim saja tetapi juga pemilik bisnis yang menjadi banjir orderan di bulan suci yang satu ini. Simak solusi yang ditawarkan fitur yang ada di WhatsApp Business saat banjir orderan:

  • Gunakan Fitur Pesan Otomatis

Fitur yang satu ini sangat berguna untuk menjawab pertanyaan pelanggan yang ditanyakan berkali-kali sehingga penjual dapat dengan mudah langsung menjawab secara otomatis tanpa perlu mengetik terlebih dahulu. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengatur template yang akan dikirimkan serta mengetikkan pertanyaan yang kira-kira sering ditanyakan oleh pelanggan.

  • Gunakan Fitur untuk Mengirim Katalog Otomatis

Katalog sering ditanyakan oleh pelanggan saat ingin membeli sesuatu. Dengan WhatsApp Business, Anda dapat menggunakan fitur yang bisa mengirim katalog secara otomatis tanpa harus mengirimkan ulang ke banyak nomor yang menanyakan hal yang sama.

  • WhatsApp Blast

WhatsApp Blast merupakan salah satu fitur yang sangat berguna bagi pemilik bisnis untuk menawarkan banyak promo ataupun hal-hal yang ingin dipromosikan dalam bisnis. WhatsApp Blast juga bisa diandalkan saat Anda kewalahan dalam menangani kebanjiran order saat bulan ramadhan.

Kesulitan menangani orderan? Yuk, gunakan WhatsApp Business API dari layanan Ivosights agar bisnis yang Anda jalani lebih mudah dan lancar. Tunggu apalagi? Hubungi call center Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami