Tips Sukses Menjadi Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 15 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Telesales merupakan bagian penting dalam memasarkan sebuah produk atau layanan jasa dalam perusahaan. Berikut ini beberapa tips agar sukses menjadi telesales"

Dalam segi penjualan, orang seringkali menyepelekan keberadaan tim marketing. Yang ada di pikiran banyak orang adalah tugas mereka hanya sebatas menjualkan produk kepada pelanggan. Padahal, tugas mereka tidak mudah dan tidak jarang menemukan kegagalan saat produk yang dipasarkan tidak terjual sesuai target. Hal ini juga dirasakan oleh banyak telesales saat menjual produk atau layanan jasa kepada pelanggan.

Namun, tentu ada banyak cara dan strategi untuk telesales agar penjualan yang mereka lakukan laku serta sukses sehingga mencapai target perusahaan. Dibutuhkan banyak skill dan usaha tetapi bisa dilakukan jika giat dan teliti saat melakukannya. Tidak jarang, ada banyak telesales yang melebihi ekspektasi penjualan perusahaan karena memilih strategi yang tepat dalam memasarkan produk-produk perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Telesales

Apa itu Telesales?

Sebelum kita lanjut ke dalam pembahasan cara untuk sukses sebagai telesales, kita perlu mengetahui lebih dalam bidang tersebut. Telesales adalah orang yang bertugas melakukan penjualan untuk produk atau layanan jasa kepada calon pembeli melalui telepon. Singkatnya, jika kamu menerima panggilan telepon yang menawarkan sesuatu, kamu mendapatkan panggilan dari seorang telesales.

Kita sering menjumpai hal ini di banyak waktu. Ada beberapa produk yang bisa dipasarkan lewat panggilan telepon, contohnya penawaran yang dilakukan oleh sebuah bank untuk pembukaan rekening dan ada beberapa bonus yang akan dijelaskan setelahnya. Pasti banyak dari kita yang memahami situasi tersebut dan di waktu yang tepat, kita dapat menerima produk yang ditawarkan telesales pada sekali panggilan telepon.

Tips agar Sukses Menjadi Telesales

Berikut ini adalah beberapa tips agar profesimu sebagai telesales sukses dan memenuhi target yang ditetapkan perusahaan:

  • Mampu Melakukan Komunikasi yang Baik

Saat ingin melakukan penjualan, kita tentu harus memiliki kemampuan dalam melakukan komunikasi dengan orang lain. Ini bisa dijadikan pacuan agar apa yang kita sampaikan bisa dimengerti dengan baik oleh orang yang mendengarkan. Tidak mampunya melakukan komunikasi dengan baik tentu tidak akan menarik pelanggan dalam menawarkan produk atau layanan jasa. Alih-alih mendapat pembeli yang baru, seorang telesales yang tidak bisa melakukan komunikasi dengan baik hanya akan membuang-buang waktu dalam melakukan pekerjaannya.

Untuk itu, perusahaan harus mampu memilih dan menyeleksi seorang telesales yang bisa berkomunikasi baik dengan orang lain. Gunakanlah sistem training agar orang-orang pilihan yang ditugaskan untuk posisi ini bisa menjalankan pekerjaannya dengan baik. Selain itu, alangkah baiknya membuat briefing agar komunikasi yang dijalankan oleh telesales tidak dilakukan hanya dengan satu arah.

  • Menunjukkan Antusiasme

Saat menawarkan sebuah produk, tentu penjelasan yang antusias mampu menarik perhatian, ini juga dimaksudkan sebagai strategi sukses seorang telesales. Masih ada banyak kasus di mana perusahaan tidak mampu menjual suatu produk atau layanan jasa sesuai target karena telesales yang mereka miliki tidak mennjukan suara yang antusias dalam melakukan strategi persuasif.

Untuk menghindarinya, telesales harus menunjukkan nada dan intonasi yang memiliki antusiasme agar calon pembeli tertarik. Selain itu, strategi ini juga setidaknya akan membuat pembeli mendengarkan apa yang dikatakan telesales hingga selesai karena nada yang antusias sehingga mampu menimbulkan perasaan yang sama antusiasnya untuk produk yang ditawarkan.

Baca Juga: 5 Skill Wajib Dimiliki Agen Telesales untuk Menggaet Hati Pelanggan

  • Jujur dan Tidak Melebih-lebihkan

Beberapa telesales menjual produk dengan melebih-lebihkan fungsinya agar mampu mengejar target penjualan yang telah ditetapkan. Namun, tahukah kamu bahwa strategi tersebut sangat salah dan hanya akan menambah kekecewaan pelanggan jika apa yang mereka dapatkan ternyata tidak sesuai ekspektasi? Ini bisa berakibat fatal dan hanya akan menurunkan kualitas perusahaan jika terjadi.

Melakukan penjualan yang jujur dan tidak melebih-lebihkan fungsi utama sebuah produk dan layanan jasa akan menuntun telesales menuju tingkat yang sukses. Kejujuran sangat dipentingkan dalam bidang ini untuk membangun brand awareness dan kepercayaan pelanggan setia. Selain itu, jika melebih-lebihkan produk hanya akan menimbulkan pembicaraan yang tidak menyenangkan di kalangan masyarakat jika fungsi yang disebarluaskan tidak sesuai.

  • Menguasai Strategi Penjualan

Tentu syarat utama dalam kesuksesan sebagai telesales adalah menguasai strategi penjualan. Apa yang dimaksud dengan strategi penjualan? Strategi penjualan adalah perencanaan penjualan yang dirancang sedemikian rupa agar penjualan produk atau layanan jasa meningkat. Menguasai strategi penjualan sangat penting agar telesales mampu menjual produk perusahaan kepada calon pembeli dengan baik.

Strategi penjualan memang tidak bisa disamaratakan oleh semua telesales. Namun, memiliki strategi yang spesifik mampu membuat telesales memenuhi ekspektasi penjualan dalam waktu singkat. Salah satu untuk menguasai strategi penjualan adalah dengan mengenali lebih dulu siapa target yang akan kamu tawarkan produk atau layanan jasa perusahaan. 

  • Tidak Memaksa

Beberapa orang mungkin melakukan strategi penjualan dengan cara memaksa calon pembeli agar mau membeli barang yang ditawarkan. Cara ini tentu saja tidak akan membuat kamu sukses sebagai telesales. Malah, kamu hanya akan dianggap kasar dan tidak tahu sopan santun oleh calon pembeli. Selain itu, pembeli yang telah membeli produk yang kamu tawarkan dengan cara memaksa sebenarnya hanya membeli karena takut oleh paksaan yang kamu utarakan.

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya tidak melakukan paksaan dalam menawarkan produk atau layanan jasa. Sebaliknya, kamu harus meggunakan bahasa yang lembut dan menyerahkan pembelian produk tesebut keapda calon pembeli dan tidak memasukkan unsur paksaan sedikitpun saat melakukan penjualan. Dengan begitu, kesuksesanmu sebegai telesales tentu akan terjamin dengan memasukkan rasa aman kepada calon pembeli saat menawarkan produk.

Kesuksesan seorang telesales memanng diukur dari berapa banyak produk yang telah mereka jual. Namun, hal ini juga harus membuat mereka memperhatikan apa-apa saja yang mereka lakukan saat melakukan penjualan. Itulah tips-tips agar sukses menjadi telesales yang telah kami rangkum di atas. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami