Mengenal WhatsApp Business API: Fitur dan Keunggulannya untuk Bisnis

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 15 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

"Telusuri alasan mengapa penggunaan WhatsApp Business API berpengaruh dalam meningkatkan operasional bisnis melalui artikel ini!"

Di era digital yang semakin berkembang, teknologi memegang peran krusial dalam menjaga keberlangsungan bisnis. Mulai dari proses transaksi hingga promosi produk, serta interaksi antara pelanggan dengan merek atau bisnis, semuanya bisa didukung oleh kemajuan teknologi. Selain itu, penggunaan platform komunikasi seperti WhatsApp Business API juga dapat membantu dalam menyusun operasional bisnis yang lebih efisien. Dengan menjaga operasional yang baik, perusahaan dapat memastikan peningkatan profitabilitasnya.

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp menyediakan solusi yang memungkinkan sebuah bisnis untuk meningkatkan efisiensi operasional, berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan, dan menyederhanakan proses transaksi. Baik bisnis kecil, menengah, maupun besar dapat memanfaatkan platform ini untuk mengoptimalkan hasil. Terdapat dua jenis platform WhatsApp Business yang tersedia: WhatsApp Business standar yang cocok untuk bisnis kecil, dan WhatsApp Business API yang lebih sesuai untuk bisnis dengan skala yang lebih besar. Dengan WhatsApp Business API, platform dapat diintegrasikan dengan sistem lain untuk memperluas jangkauan interaksi dengan pelanggan.

Baca Juga: WhatsApp Business vs Whatsapp Business API, Apa Bedanya? 

Keunggulan WhatsApp Business API untuk Tingkatkan Operasional Bisnis

WhatsApp Business API terdiri dari berbagai macam fitur menarik yang dapat menunjang komunikasi dan interaksi perusahaan bersama pelanggannya. Beberapa keunggulan fitur WhatsApp Business API yaitu sebagai berikut:

  • Akun WhatsApp Business dengan Kredibilitas yang Terjamin

Di era digital ketika terdapat berbagai penipuan bermunculan, pelanggan perlu berhati-hati untuk memilih media komunikasinya. WhatsApp Business API dari Ivosights menyediakan fasilitas verifikasi centang hijau dan nama akun bisnis yang disesuaikan dengan nama perusahaan. Hal ini membuat akun tersebut lebih kredibel dibanding akun WhatsApp Business biasa.

  • Didukung oleh ChatBot

WhatsApp Business API dapat menggunakan fasilitas ChatBot untuk menjawab pesan secara otomatis. ChatBot merupakan teknologi berbasis artificial intelligence (AI) yang memungkinkan pelanggan untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi tanpa perlu berinteraksi langsung dengan agen manusia, melainkan dengan informasi yang sudah disusun perusahaan melalui teknologi pattern matching. Dengan dukungan ChatBot ini, pelanggan dapat menghemat waktu dengan cukup banyak. 

  • Menyebarkan Pesan Massal Melalui WhatsApp Blast

Salah satu keistimewaan WhatsApp Business API apabila dibandingkan WhatsApp Business biasa adalah fitur WhatsApp Blast. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk dapat menyebarkan informasi secara massal tanpa jumlah yang terbatas. Perusahaan dapat menggunakan fitur ini untuk menyebarkan informasi mengenai produk terbaru, tawaran diskon, kampanye, atau promosi acara. Pesan massal yang disebarkan secara langsung dan menyeluruh akan memudahkan perusahaan mendapatkan massa lebih banyak dibanding biasanya. 

  • Real-Time Dashboard & Reporting

Perusahaan dapat memantau dan menganalisis performa distribusi pesan WhatsApp, dimulai dari status pengiriman pesan (sent, delivered, read, failed), juga menganalisis performa kampanye perusahaan yang disebarkan melalui WhatsApp. Analisis ini dapat dilakukan secara real-time atau secara langsung.

  • Kirim Pesan dengan Berbagai Format Konten

Perusahaan dapat mengirimkan pesan dengan format konten yang beragam melalui WhatsApp Business API. Seperti pesan instan biasa, gambar, video, dokumen, pesan audio, hingga penggunaan template. Menyusun template ini dapat digunakan untuk kasus tertentu seperti membuat konfirmasi pesanan, pembaruan pengiriman, pesan pengingat, dan lainnya.

  • Membuat Pesan yang Dipersonalisasi

Membuat konten yang ‘dekat’ dengan pelanggan dapat dimulai dengan membuat pesan yang dipersonalisasi. Contohnya seperti membuat pesan dengan nama yang otomatis terganti sesuai dengan profil WhatsApp pelanggan. Selain itu, pelanggan juga dapat mengirim pesan khusus sesuai dengan segmentasi atau kelompok-kelompok pelanggan yang sudah dibuat, bisa berdasarkan usia, gender, pekerjaan, atau wilayah. Kedekatan ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, yang akhirnya berdampak pada peningkatan keuntungan penjualan.

Apa Saja Syarat Pendaftaran WhatsApp Business API?

Untuk dapat mengoperasikan WhatsApp Business API, terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan yang perlu dilengkapi, yaitu sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, cek cara menemukannya di sini: Find your business ID

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Persyaratan selanjutnya, jenis bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Untuk penjelasan lengkapnya, dapat dilihat di tautan berikut ini: https://business.whatsapp.com/policy 

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Provider. Salah satunya adalah Ivosights, partner resmi layanan WhatsApp Business API di Indonesia.

Tertarik Menggunakan WhatsApp Business API? Segera Hubungi Ivosights!

Apabila Anda tertarik meningkatkan operasional business menggunakan WhatsApp Business API, Anda dapat menghubungi Ivosights. Ivosights merupakan partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia yang memiliki perhitungan yang lebih jelas, yang akan sangat menuntungkan bisnis Anda. WhatsApp Business API terdiri dari dashboard yang lengkap untuk pengiriman pesan, dashboard integrasi CRM, fitur pengiriman pesan dengan massal, serta fitur laporan yang lengkap supaya Anda dapat menilai dan menganalisis kinerja pengiriman pesan. Tertarik? Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami