Kelola Bisnis Takjilmu Saat Ramadan Menggunakan WhatsApp Business API!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 06 April 2023
Ket: Ilustrasi - Whatsapp Business API. Shutterstock
Ket: Ilustrasi - Whatsapp Business API. Shutterstock

"Bisnis takjil menjadi semakin maju dengan menggunakan fitur WhatsApp Business API. Peluang ini sangat perlu diperhatikan oleh para pengusaha kecil untuk bisnis"

WhatsApp Business API merupakan salah satu fitur dari platform media sosial Whatsapp yang bisa digunakan untuk mengembangkan suatu bisnis. Kemajuan teknologi telah mengembangkan semua inovasi di mana media untuk berkomunikasi dapat sangat membantu setiap aspek dari kehidupan manusia. Sebuah bisnis dapat berjalan baik dengan bantuan media sosial dari segi komunikasinya. Tidak heran apabila saat ini whatsapp telah menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak dan sangat digemari.

Selain WhatsApp Business API, bagi sebagian orang pastinya sudah tidak asing dengan fitur pada whatsapp yang lainnya. Video call, voice call, voice note, panggilan pada grup, broadcast, status harian, dan masih banyak fitur lainnya yang dimiliki whatsapp. Hal ini telah membuktikan bahwa WhatsApp menjadi media sosial yang memiliki banyak pengguna.

Ramadan menjadi momen yang sangat ditunggu setiap tahunnya. Selain berpuasa, berjualan takjil merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan dan memiliki keuntungan yang besar. Sebagian orang yang berpuasa seringkali tidak sempat untuk masak, atau menyediakan sebuah hidangan berbuka. Kesibukan setiap orang yang tidak sempat untuk memasak pastinya memilih jalan alternatif yaitu opsi untuk membeli makanan dan memesannya. Setiap peluang menjadi ladang bagi para pengusaha terutama pengusaha makanan untuk selalu mempromosikan produknya dalam setiap kondisi terutama saat Ramadan. Namun, mengapa harus memakai WhatsApp Business API?

Baca Juga: Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Bot Chat WhatsApp

Fitur-Fitur Whatsapp Business API

Beberapa fitur yang perlu anda ketahui mengenai WhatsApp Business API itu sendiri

  • Pesan Otomatis

Fitur ini memungkin bagi pengusaha untuk mengirimkan pesan secara otomatis kepada pelanggan yang berisikan sebuah pesan dasar, pemberitahuan mengenai produk, pertanyaan dasar, sampai pengumuman seperti adanya promo.

  • Pesan Template

Fitur ini memungkinkan untuk mengirim sebuah pesan yang sudah diatur untuk setiap pelanggan sekaligus. Dapat mengenai sebuah konfirmasi pembayaran atau sebuah invoice.

  • Chatbot

Agent tidak perlu selalu stand by untuk membalas pesan kepada setiap customer. Dengan chatbot, pengusaha dapat dengan mudah membalas pesan customer dengan jawaban yang mendasar dan bersifat memandu untuk ke arah pembelian pada produk.

  • Integrasi CRM

WhatsApp Business API dapat diintegrasikan langsung dengan sistem manajemen hubungan dengan pelanggan binis atau CRM. Sehingga pengusaha dapat mengelelo suatu bisnis hanya dalam satu tempat yaitu WhatsApp.

  • QR Code

Fitur ini memungkinkan pengusaha untuk menyediakan QR Code bagi customer yang membutuhkannya.

  • Pembayaran

Fitur ini memudahkan pembayaran suatu transaksai dengan pihak ketiga yang dapat diatur.

  • Pengiriman Pesan Bergerak

Fitur ini memungkinkan untuk dapat mengirimkan pesan berisikan informasi penting dan pemberitahuan melalui WhatsApp.

  • Analisis atau Laporan

Menyediakan sebuah fitur langsung untuk menganalisis persoalan kinerja bisnis yang sedang dijalani. Sehingga hal tersebut sangat memudahkan.

Baca Juga: Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan WhatsApp Business

Selain fitur yang sebelumnya sudah anda ketahui. Ada beberapa keuntungan yang perlu menjadi pertimbangan anda, mengapa anda harus memakai WhatsApp Business API sebagai penunjang sebuah bisnis bagi anda selaku pengusaha.

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Business API

Banyaknya fitur-fitur yang tersedia pada Whatsapp Business API, pastinya platform ini memiliki keuntungan dan benefit yang dapat diperoleh setiap orang yang menggunakannya.

  • Mempermudah Interaksi dengan Pelanggan

Dengan menggunakan WhatsApp itu sendiri, seseorang pastinya sudah dapat melakukan interaksi dalam waktu yang real-time. Hal ini dapat memperat komunikasi antar pelanggan sehingga tidak terjadinya interaksi yang putus.

  • Menghemat dan Meningkatkan Efesiensi

Dengan hadirnya beberapa fitur otomatis, dapat memudahkan serta menghemat waktu dan tenaga dalam membagikan informasi kepada setiap pelanggan.

  • Meningkatkan Keamanan

Dengan fitur ini, setiap pesan dengan pelanggan dapat dienkripsi. Sehingga chat yang datang selalu aman dan ter-filter dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Menjangkau Pelanggan Baru

Dengan menggunakan QR code atau menyampaikan pesan secara blast. Pengusaha dapat mempromosikan bisnisnya kepada setiap pelanggan secara langsung di setiap penjuru dunia. Hal ini dapat membuat produk yang dijual menjadi semakin dikenal oleh banyak kalangan.

  • Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Pastinya dengan memiliki banyak fitur, dapat membuat pelanggan menjadi aman dan nyaman. Dengan adanya chatbot yang dapat membalas pesan dalam waktu dan respon yang cepat. Serta dengan mudahnya transaksi melalui whatsapp, memudahkan pembayaran bagi para pelanggan.

Kembangkan Bisnis Anda Bersama WhatsApp Business API By Ivosights

Bisnis anda akan semakin maju apabila dikembangkan melalui produk-produk dari Ivosights. Whatsapp Business API menjadi salah satu produk andalan yang telah membantu banyak sekali pengusaha dalam segi komunikasinya kepada setiap pelanggan. Kemudahan yang didapatkan menjadikannya pilihan terbaik bagi anda selaku pengusaha yang memiliki bisnis. Segera hubungi tim kami. Klik disini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami