Kegunaan Whatsapp Business API untuk Bisnis Toko Buku

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 09 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business API. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business API. Shutterstock

"Artikel ini membahas tentang kegunaan Whatsapp Business API untuk menunjang bisnis toko buku Anda"

Sebagai platform pendukung segala bisnis, WhatsApp Business API dapat memberikan Anda beberapa manfaat untuk mendukung perkembangan bisnis Anda. Hal ini tidak terkecuali pada toko buku. Berikut ini adalah beberapa cara memanfaatkan WhatsApp Business API untuk menunjang bisnis toko buku Anda:

Manfaat WhatsApp Business API untuk Toko Buku

  • Dukungan Pelanggan yang Mudah

WhatsApp Business API mengijinkan untuk melakukan komunikasi secara langsung dengan pelanggan. Perusahaan dapat memberikan dukungan pelanggan dengan menjawab pertanyaan, memberikan informasi produk, memberikan saran membaca, dan sebagainya.

  • Pemberitahuan dan Pengingat Pesanan

WhatsApp Business API dapat digunakan untuk mengirimkan pemberitahuan serta pengingat untuk pelanggan terkait pesanannya. Layanan ini bisa memberitahukan pelanggan tentang status pengiriman, nomor pelacakan, atau mengingatkan mereka untuk menyelesaikan pembayaran.

  • Promosi dan Penawaran Khusus

Melalui layanan WhatsApp Business API, bisnis toko buku Anda dapat mengirimkan penawaran khusus, diskon, maupun promosi kepada pelanggan toko buku Anda. Dengan begitu, loyalitas pelanggan akan meningkat.

  • Pengaturan Jadwal

Layanan WhatsApp satu ini bisa digunakan untuk memberitahu pelanggan tentang jadwal acara yang hendak diselenggarakan. Pelanggan bisa mendapatkan undangan dan mengkonfirmasi kehadirannya melalui pesan WhatsApp.

  • Integrasi dengan Sistem Lain

Otomatisasi proses dapat dilakukan dengan pengintegrasian Whatsapp Business API dengan sistem lainnya, seperti layanan pemesanan online dan sistem manajemen inventaris.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Dengan WhatsApp Business API

Beberapa Fitur WhatsApp Business API yang Dapat Digunakan

  • Template Pesan Selamat Datang

Akun resmi toko buku Anda bisa memberikan sambutan untuk pelanggan yang pertama kali menghubungi toko lewat WhatsApp.

  • Pemberitahuan Transaksi

Dengan fitur ini, toko buku Anda dapat mengirimkan pemberitahuan otomatis kepada pelanggan terkait transaksi di toko buku. 

  • Pemberitahuan Pengiriman

Fitur pemberitahuan pengiriman dapat dimanfaatkan bila toko buku Anda menyediakan layanan pengiriman buku. Fitur ini dapat menginfokan pelanggan tentang status pengiriman barang, nomor resi, dan perkiraan kedatangan barang. 

  • Tautan Pembayaran

Pelanggan bisa melakukan pembayaran transaksi online secara langsung menggunakan tautan pembayaran.

  • Layanan Pelanggan Otomatis

Pertanyaan umum yang diajukan pelanggan dapat dijawab menggunakan pesan otomatis. Anda bisa mengatur sendiri aturan dan respons untuk berbagai jenis frequently asked question.

  • Daftar Distribusi

Untuk pelanggan yang sudah berlangganan di bisnis toko buku,  Anda dapat membuat daftar distribusi berisikan tentang buku terbaru, diskon, atau acara khusus yang diadakan di toko buku Anda.

  • Template Pesan

Adanya template  message WhatsApp Business API memudahkan bisnis toko buku mengirimkan pesan tertentu, seperti konfirmasi, notifikasi pengiriman, atau tautan pembayaran.

  • Analitik dan Laporan

Adanya fitur analitik memungkinkan Anda melacak kinerja pesan, melihat statistik pembacaan, dan mendapatkan wawasan tentang interaksi pelanggan.

Tips untuk Penggunaan Efektif WhatsApp Business API

  • Mengedarkan Informasi Produk Baru

Gunakan WhatsApp Business API untuk mengirim notifikasi kepada pelanggan tentang ketersediaan buku baru di toko. Cantumkan deskripsi singkat, sinopsis, dan tautan pembelian.

  • Menawarkan Diskon Khusus

Manfaatkan WhatsApp Business API untuk mengirimkan penawaran diskon kepada pelanggan. Jangan lupa untuk menyertakan kode promo pembelian produk.

  • Memberikan Rekomendasi Buku

Kirimkan rekomendasi buku yang menyesuaikan preferensi pelanggan. Berikan informasi buku mengenai genre, penulis, atau buku terkait yang dapat menarik minat mereka.

  • Memberitahukan Informasi Acara

Manfaatkan WhatsApp Business API untuk memberitahu pelanggan tentang akan adanya acara penandatanganan buku atau diskusi penulis yang akan diadakan di toko. Sampaikan informasi tentang waktu, tempat, dan cara mendaftar.

  • Layanan Pemesanan

Gunakan WhatsApp Business API sebagai layanan pemesanan buku dari pelanggan. Berikan juga panduan cara memesan, menyertakan metode pembayaran, dan detail proses pengiriman. Sebaiknya juga pelanggan bisa mendapatkan respon secara cepat dari bisnis tersebut  pesanan dengan cepat dan memberikan konfirmasi kepada pelanggan.

  • Layanan Pelanggan

Gunakan WhatsApp Business API untuk memberikan dukungan pelanggan responsif. Dukungan ini berupa jawaban atas pertanyaan, informasi tentang ketersediaan buku, atau membantu pelanggan menemukan buku yang sedang dicari.

  • Permintaan Ulasan Pelanggan

Setelah pelanggan melakukan transaksi pembelian buku, mintalah ulasan atau testimoni buku yang dibeli.

Baca juga: Begini Cara Mendapatkan WhatsApp Business API untuk Bisnis!

  •  Berikan Tips Membaca

Berikan tips membaca, kutipan buku, atau fakta menarik tentang penulis atau genre tertentu menurut referensi pelanggan. Dengan ini, pelanggan akan tertarik untuk membaca lebih banyak.

  • Penjadwalan Pesan

Fitur penjadwalan WhatsApp Business API ini digunakan untuk mengirim pesan atau pemberitahuan kepada pelanggan pada waktu tertentu. 

  • Analisis dan Evaluasi

Yang terakhir, Anda dapat memantau dan melakukan analisis data yang dihasilkan dari WhatsApp Business API. Lakukan juga peninjauan terhadap performa pesan, tingkat keterlibatan pelanggan, dan respons mereka terhadap promosi atau penawaran yang diberikan. 

Yuk Berlangganan WhatsApp Business API hanya dI Ivosights!

WhatsApp Business API bisa didapatkan melalui pihak ketiga yang bekerja sama dengan perusahaan META. Sebagai perusahaan terbaik di bidang customer engagement, Ivosights bekerja sama dengan META untuk menjadi salah satu partner resmi Whatsapp Business API di Indonesia. Jika dibandingkan dengan perusahaan lain, Ivosights menyediakan dashboard pengiriman pesan dan report yang lengkap. Perhitungannya juga lebih jelas dan menguntungkan bagi Anda. Yuk, segera dapatkan akun Whatsapp Business API hanya di Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami