3 Cara Mengoptimalkan Customer Delight

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 16 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer delight. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer delight. Shutterstock.

"Customer delight dapat diartikan lebih dari sekedar kepuasan pelanggan karena tercampur dengan hubungan emosional pelanggan terhadap produk yang dibelinya"

Dalam menjalankan bisnis, tentu hal yang harus Anda utamakan adalah kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan menentukan keberlangsungan sebuah bisnis. Salah satu kepuasan pelanggan disebut dengan customer delight. Istilah ini dapat diartikan lebih dari sekedar kepuasan pelanggan karena tercampur dengan hubungan emosional pelanggan terhadap produk yang dibelinya.

Dengan kata lain, customer delights merupakan pemberian kepuasan kepada pelanggan yang melebihi ekspektasi pelanggan. Kepuasan ini didapat bukan hanya bersumber dari pemberian potongan atau promosi saja, namun juga bersumber dari pelayanan yang maksimal. Selain itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan customer delight.

#1 Utamakan Pelanggan

Mengutamakan pelanggan merupakan fokus utama dalam customer delight. Anda wajib mengetahui apa saja kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta menerima kritik dan saran.

Jika ada pelanggan yang membutuhkan informasi, jelaskan sejelas mungkin dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti. Apabila ada kesalahan atau kecacatan produk, minta maaflah kepada pelanggan tersebut dengan ramah dan memberi gesture seperti memberikan sebuah produk tambahan atau hal lainnya sebagai permintaan maaf kepada pelanggan. Anda bisa melakukan go above and beyond agar kepuasan pelanggan yang Anda dapat setara dengan usaha yang diberikan.

#2 Berikan Layanan Terbaik

Anda sebagai pebisnis dapat meminta ke agen customer service untuk membantu pelanggan ketika ada yang terkena masalah terkait suatu produk atau jasa. Ketika ada pelanggan yang menghubungi Anda, Anda harus bisa membantu memecahkan masalah mereka secara jelas dan mudah dimengerti. Hal ini untuk menjembatani antara pelanggan dengan bisnis, komunikasi harus benar-benar dijaga dengan baik. Agen customer service tidak hanya memberi tahu informasi yang ada saja, tetapi juga dapat menyampaikannya secepat mungkin.

Pernahkah Anda menemui kasus saat ada seseorang yang belanja di marketplace online, dan pelanggan tersebut bertanya kepada adminnya, tetapi untuk mendapatkan jawabannya, direspon dengan sangat lama dan jawabannya sangat sedikit. Sebagai pelanggan tentunya hal itu menyebalkan.

Untuk mendapatkan customer delight, hal tersebut tidak boleh sampai terjadi. Admin atau agent customer service harus dapat menjawab pesan tersebut secara cepat agar jika ada masalah apa pun dapat diselesaikan tanpa membuat pelanggan lama menunggu.

#3 Perkembangan harus Berjalan

Yang terakhir yaitu jangan berhenti dan perkembangan harus berjalan. Untuk mempertahankan customer delight yaitu dengan cara untuk tidak pernah berhenti berkembang dalam bisnis Anda. Anda bisa melakukan perkembangan dengan produk yang dibuat, layanan yang diberikan, atau detail lainnya yang dapat menciptakan pengalaman menyenangkan dan memuaskan bagi pelanggan Anda.

Itulah tiga cara mengoptimalkan customer delight yang perlu Anda ketahui. Dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin ke pelanggan, dapat membuat pelanggan merasa puas dengan bisnis Anda. Tentu, setiap pengusaha pastinya ingin pelanggan itu senang dan dapat melakukan pembelian kembali dengan brand Anda. Untuk memberikan kepuasan pelanggan, Sociomile siap membantu Anda memberikan pelayanan yang terbaik ke pelanggan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami