Customer Relationship: Pengertian, Tujuan dan Manfaat

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 19 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relationship. Istock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relationship. Istock.

"Customer relationship merupakan strategi pemasaran yang terbaik untuk mempertahankan pelanggan atau klien perusahaan Anda."

Menjaga hubungan dengan pelanggan, klien ataupun kerabat merupakan hal penting saat menjalankan sebuah bisnis. Pasalnya, bisnis akan tetap hidup dan berkembang berkat adanya pelanggan ataupun klien. Untuk menjaganya dibutuhkan seorang agent customer service atau contact center. Agent dapat membangun dan menjaga hubungan komunikasi yang baik dengan pelanggan agar terus mengikatnya untuk melakukan pembelian produk atau jasa secara berulang. Untuk menjaga hubungan dengan pelanggan atau konsumen dinamakan dengan istilah customer relationship. Ingin tahu seputar customer relationship? Simak ulasannya pada artikel kali ini.

Apa itu Customer Relationship?

Customer relationship merupakan strategi pemasaran yang terbaik untuk mempertahankan pelanggan, klien, atau konsumen yang sebelumnya telah melakukan transaksi dengan bisnis atau perusahaan Anda. Hal ini dilakukan agar pelanggan melakukan pembelian berulang.

Pelanggan yang telah ada harus dikelola ke daftar pelanggan pada perusahaan dan dipastikan selalu optimal. Semakin bertambah jumlah pembelinya, maka akan semakin baik pula perkembangan dan profit bisnisnya. Hal itu pula menandakan bahwa pengelolaan bisnis Anda sudah efisien.

Tujuan Customer Relationship

Dikarenakan persaingan dalam bisnis itu sangat kompetitif, maka sangat penting untuk meluncurkan produk atau fasilitas yang lebih unggul dan beda dari yang lain agar pelanggan merasa terpuaskan. Membangun hubungan dengan pelanggan bisa berupa bentuk penyediaan sumber informasi yang lebih lengkap dan rinci bagi pelanggan. Dengan adanya informasi tersebut, perusahaan dapat mengetahui keluhan, pujian, kritik, dan saran dari pelanggan, sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan.

Manfaat Customer Relationship

Menjalin hubungan dengan pelanggan atau konsumen secara positif akan mendapatkan banyak keuntungan bagi perusahaan termasuk meningkatkan calon pelanggan yang potensial dan tingkat customer retention yang lebih tinggi. Berikut ini adalah manfaat dari customer relationship:

#1 Customer retention. Efek domino. Customer retention akan meningkat, jika perusahaan Anda dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Bisnis pun akan terus berkembang.

#2 Customer loyalty. Pelanggan loyal merupakan aset penting bagi perusahaan. Mengapa? Pelanggan lama memiliki peluang lebih besar menggunakan jasa atau membeli produk Anda kembali dibandingkan pelanggan baru. Walaupun membangun hubungan yang baik dengan pelanggan memerlukan usaha lebih, namun hal tersebut sebanding dengan loyalitas pelanggan yang didapat untuk menghasilkan pendapatan secara konsisten.

#3 Customer satisfaction. Pelanggan tidak selalu puas dengan pelayanan yang diterima tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan memiliki hubungan yang baik terhadap pelanggan. Hubungan yang baik dengan pelanggan akan memberikan pengaruh yang positif terhadap perusahaan karena pelanggan bisa memberikan feedbacknya dengan leluasa.

Itu dia pengenalan tentang customer relationship yang dinilai sangat penting bagi perusahaan karena harus menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan atau konsumen agar mereka menjadi pelanggan yang loyal. Hal tersebut juga merupakan tujuan yang penting bagi perusahaan agar para pelanggannya bisa kembali membeli produk atau jasa sebelumnya dan mereka tidak pindah ke kompetitor lain.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami