Integrasi WhatsApp Business API dan CRM: Langkah Kesuksesan Bisnis

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 27 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

"Telusuri alasan mengapa integrasi WhatsApp Business API dan CRM berpengaruh pada kesuksesan bisnis melalui artikel ini!"

Pada era teknologi dan ekonomi yang dinamis, perusahaan perlu membuat strategi untuk tetap mempertahankan stabilitas bisnis. Salah satu caranya adalah mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan melalui WhatsApp Business API.

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp, aplikasi pesan instan mendunia buatan Amerika, tak hanya menyediakan platform pesan personal. Akan tetapi, juga menyediakan platform untuk memudahkan operasional bisnis. Seperti untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan menyederhanakan proses transaksi. Terdapat dua jenis platform WhatsApp Business: WhatsApp Business standar untuk bisnis kecil dan WhatsApp Business API untuk bisnis dengan skala menengah dan besar. API (Application Programming Interface) mengacu pada kemungkinan suatu aplikasi untuk dapat diintegrasikan pada aplikasi lainnya.

Integrasi WhatsApp Business API dan CRM

WhatsApp Business API pada umumnya dapat diintegrasikan dengan software CRM (Customer Relationship Management). CRM merupakan software yang digunakan oleh perusahaan untuk membangun dan mengelola interaksi dengan pelanggan dan calon pelanggannya. Salah satu contoh software CRM yang sering digunakan di Indonesia adalah Sociomile Omnichannel, dasbor yang berisi hasil integrasi 13 kanal digital dan voice. Penggunaan Sociomile Omnichannel ini menjanjikan perusahaan untuk memberlakukan sistem customer center efisien dan tanpa hambatan.

 

WhatsApp Business API memang diperuntukkan untuk bisnis dengan skala besar. Bisnis dengan jangkauan dan konsumen yang luas biasanya mengalami kesulitan untuk mengatur interaksi tersebut. Sehingga, mengintegrasikan WhatsApp Business API dan CRM merupakan solusi yang tepat.

Baca Juga: WhatsApp Business vs Whatsapp Business API, Apa Bedanya? 

Keuntungan Integrasi WhatsApp Business API dan CRM

Proses integrasi WhatsApp Business API dan CRM memiliki dampak positif pada operasional bisnis. Dampak ini nantinya juga berpengaruh pada proses bisnis mencapai kesuksesan. Beberapa keuntungan yang didapatkan yaitu sebagai berikut:

  • Sistem Contact Center Komprehensif

Mengintegrasikan kedua platform tersebut menghasilkan sistem contact center komprehensif yang dapat menunjang proses komunikasi dengan pelanggan. CRM Omnichannel menyediakan 13 kanal digital dan voice dalam satu tempat. Sementara WhatsApp Business menyediakan customer engagement dasboard, broadcast dashboard, dan reporting. Dengan berbagai macam fitur yang didapatkan ini, pelanggan dapat berkomunikasi dengan efisien dan mendapatkan informasi dengan cepat.

  • Akun WhatsApp Business yang Kredibel

WhatsApp Business API menyediakan fitur verifikasi centang hijau dan nama akun bisnis yang disesuaikan dengan nama perusahaan. Hal ini membuat akun tersebut lebih kredibel dibanding akun WhatsApp Business biasa. Sehingga, pelanggan dapat bertransaksi dengan aman tanpa perlu takut akan penipuan.

  • Didukung oleh ChatBot

WhatsApp Business API dan Sociomile Omnichannel didukung oleh bot, teknologi berbasis artificial intelligence (AI) untuk membantu merespons pertanyaan pelanggan tanpa perlu berinteraksi langsung dengan agen manusia. Dengan ChatBot ini, pelanggan dapat menghemat waktu dan perusahaan dapat menghemat biaya operasional bisnis. 

  • Menyebarkan Pesan Massal

Keunggulan WhatsApp Business API dibanding WhatsApp Business biasa adalah WhatsApp Blast, fitur menyebarkan informasi secara massal tanpa keterbatasan kontak. WhatsApp Business API memiliki broadcast dashboard untuk membuat template pesan yang dapat dipersonalisasi dan disebarkan secara massal. Perusahaan juga dapat memantau performa pesan secara real-time.

  • Pemantauan dan Laporan yang Lengkap

Keuntungan dari integrasi WhatsApp Business API dan CRM juga pemantauan dan hasil laporan yang lengkap. Perusahaan dapat memantau performa distribusi pesan WhatsApp pada reporting dashboard, dimulai dari status pengiriman pesan (sent, delivered, read, failed), juga menganalisis performa kampanye perusahaan yang disebarkan melalui WhatsApp. 

  • Kirim Pesan dengan Berbagai Format Konten

WhatsApp Business API memungkinkan perusahaan untuk melakukan pemasaran dan interaksi yang kreatif bersama pelanggannya. Dikarenakan WhatsApp Business menyediakan berbagai macam format konten, seperti pesan instan biasa, gambar, video, dokumen, pesan audio, hingga penggunaan template yang dapat dipersonalisasi. Template ini dapat digunakan untuk kasus tertentu seperti membuat konfirmasi pesanan, pembaruan pengiriman, pesan pengingat, dan lainnya. 

Baca Juga: WhatsApp Blast: Manfaat, Implementasi, dan Cara Menggunakannya 

Bagaimana Cara Mendaftar di WhatsApp Business API?

Untuk dapat mengoperasikan WhatsApp Business API, terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan yang perlu dilengkapi, yaitu sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, cek cara menemukannya di sini: Find your business ID

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Persyaratan selanjutnya, jenis bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Untuk penjelasan lengkapnya, dapat dilihat di tautan berikut ini: https://business.whatsapp.com/policy 

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Provider. Salah satunya adalah Ivosights, partner resmi layanan WhatsApp Business API di Indonesia.

Tertarik Mengintegrasikan WhatsApp Business API dan CRM? Segera Hubungi Ivosights!

Apabila Anda tertarik mengintegrasikan WhatsApp Business API dan CRM, Ivosights solusinya! Ivosights merupakan partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia dengan perhitungan yang jelas dan sangat menguntungkan bisnis Anda. WhatsApp Business API terdiri dari dashboard yang lengkap untuk pengiriman pesan, serta dasbor integrasi CRM dengan fitur laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami