Fitur-Fitur WhatsApp Business API yang Dapat Tingkatkan Pertumbuhan Bisnis Anda

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 08 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business API. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business API. Shutterstock

"Fitur-fitur WhatsApp Business API berikut ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda"

Walaupun sama-sama diperuntukan untuk mendukung komunikasi bisnis, terdapat perbedaan yang signifikan antara WhatsApp Business biasa dengan WhatsApp Business API. Perbedaan tersebut terlihat dari banyaknya fitur yang disediakan. Dengan adanya fitur-fitur ini, interaksi perusahaan dengan pelanggan akan lebih efisien. Apa saja fitur WhatsApp Business API yang dimaksud ini? Sebelum itu, Anda harus mengetahui dulu pengertian dari Whatsapp Business API itu sendiri.

Pengenalan tentang WhatsApp Business API

WhatsApp Business API adalah sebuah platform yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui WhatsApp. Dengan menggunakan API ini, Anda dapat mengirim pesan, memberikan dukungan pelanggan, dan mengirimkan pemberitahuan penting secara otomatis.

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Whatsapp Business API untuk Bisnis

Peran WhatsApp Business API dalam Pertumbuhan Bisnis

Inilah beberapa peran WhatsApp Business API dalam pertumbuhan bisnis:

  • Keterhubungan dengan Pelanggan

WhatsApp Business API memudahkan perusahaan Anda untuk terhubung dengan pelanggan secara langsung dan real-time. Hal ini juga akan memperkuat ikatan dan kepercayaan antara perusahaan dengan pelanggan.

  • Pemasaran Efektif

WhatsApp Business API memungkinkan perusahaan Anda untuk mengirim pesan pemasaran dengan lebih efisien, seperti mengirimkan penawaran khusus, pengingat, dan promosi menarik kepada pelanggan.

  • Dukungan Pelanggan yang Lebih Baik

WhatsApp Business API memungkinkan perusahaan Anda untuk memberikan dukungan pelanggan secara cepat dan tepat sehingga kepuasan dan retensi pelanggan akan meningkat.

  • Analisis dan Optimalisasi

Platform WhatsApp satu ini menyediakan data dan analisis tentang kinerja pesan sehingga perusahaan Anda  dapat melakukan optimasi untuk meningkatkan efektivitas kampanye.

Fitur-fitur Penting WhatsApp Business API untuk Pertumbuhan Bisnis

Berikut ini adalah fitur-fitur penting WhatsApp Business API yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda:

  • Pesan Selamat Datang

Fitur pesan selamat datang ini dapat mengirimkan pesan selamat datang otomatis kepada pelanggan yang pertama kali menghubungi perusahaan Anda melalui WhatsApp.

  • Pesan Template

Anda dapat membuat pesan template untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang ditanyakan oleh pelanggan dengan cepat dan konsisten.

  • Notifikasi Transaksional

Fitur notifikasi transaksional  dapat melakukan pengiriman notifikasi otomatis kepada pelanggan mengenai status pesanan atau informasi transaksional lainnya.

  • Chatbot

WhatsApp Business API mendukung penggunaan chatbot untuk memberikan respon otomatis secara lebih lanjut kepada pelanggan.

  • Whatsapp Web

Perusahaan Anda dapat mengakses akun WhatsApp Business API melalui WhatsApp Web yang diakses dari perangkat komputer.

Baca juga: Gunakan Whatsapp Business untuk Tingkatkan Pertumbuhan Bisnis Anda!

Tips Mengoptimalkan Fitur-fitur WhatsApp Business API

Inilah beberapa tips mengoptimalkan fitur-fitur WhatsApp Business API yang dapat Anda terapkan:

  • Personalisasi Pesan

Lakukan personalisasikan pesan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

  • Waktu Pengiriman Pesan

Perhatikan juga waktu pengiriman pesan supaya tidak mengganggu pelanggan di jam-jam tertentu.

  • Tanggapi dengan Cepat

Usahakan untuk selalu menanggapi pesan pelanggan dengan cepat untuk meningkatkan kepuasan mereka.

  • Gunakan Pesan Template

Buatlah pesan template untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan unum dengan cepat dan akurat.

Dapatkan Platform WhatsApp Business API melalui BSP Terpercaya seperti Ivosights

WhatsApp Business API menawarkan fitur-fitur yang bisa membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan pertumbuhan dan efisiensi. Dengan memahami peran dan mengoptimalkan fitur-fitur tersebut, perusahaan dapat meningkatkan interaksinya dengan pelanggan, memberikan pelayanan yang lebih baik, dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Sebagai pihak yang resmi terlisensi menjadi partner Business Solution Provider dengan META, Anda bisa menggunakan jasa Ivosights untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Walaupun penggunaan whatsapp business sudah cukup membantu bisnis Anda, namun akan lebih baik jika Anda gunakan whatsapp business API yang memiliki banyak kelebihan. Misalnya saja ada badge centang hijau, sistem broadcast message, integrasi API dengan CRM, manajemen database, bahkan hingga jumlah akses yang tidak terbatas.

Selain itu, ada juga cara lain yang bisa digunakan meningkatkan pertumbuhan bisnis khususnya bagi perusahaan di sektor keuangan, Ivosights bersama META mengadakan sebuah acara bertajuk “Exploring Whatsapp for Business Growth in Financial Industry” yang berlangsung pada tanggal 9 Agustus 2023 nanti di Block71, Ariobimo Sentral, Jakarta. Dalam acara ini akan dibahas terkait industri keuangan, teknologi, pemasaran, serta apa saja potensi WhatsApp Business API untuk meningkatkan kinerja bisnis di sektor keuangan. Jika berhalangan hadir, Anda juga bisa mengikuti acara ini melalui platform telekonferensi zoom cloud meeting. Sebelum kehabisan slot, silakan daftarkan diri Anda sekarang juga dengan cara klik tautan pendaftaran di bit.ly/RegisIVOTALK.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami