5 Cara Tingkatkan Customer Loyalty Nasabah dengan WhatsApp Business API

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 12 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock

"WhatsApp Business API dapat memberikan sejumlah layanan khusus yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan customer loyalty para nasabah perbankan"

Customer loyalty atau tingkat kesetiaan dari seorang nasabah adalah sebuah hal yang harus diperhatikan pihak perbankan untuk menjamin kesuksesan mereka. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh perbankan adalah berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada setiap nasabahnya. Sebagai pilihan, WhatsApp Business API merupakan sebuah platform pembantu yang dianggap efektif untuk meningkatkan customer loyalty mereka.

Lalu, apa saja manfaat yang akan perbankan dapatkan ketika menggunakan WhatsApp Business API untuk tingkatkan customer loyalty? Simaklah penjelasannya pada artikel berikut ini.

Pentingnya Memerhatikan Tingkat Customer Loyalty Nasabah

Nasabah yang loyal tidak hanya tetap menggunakan produk atau layanan Anda, namun  juga cenderung mempromosikan layanan perbankan Anda kepada orang lain yang dipercayakannya. Dengan memastikan bahwa pelanggan Anda merasa puas, perbankan akan mendapatkan pendapatan tambahan dan mengurangi biaya untuk mengakuisisi pelanggan baru.

Kenali Apa Itu WhatsApp Business API

WhatsApp Business API adalah sebuah platform yang memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan layanan perbankan Anda melalui WhatsApp. Berbeda dengan WhatsApp pada umumnya, WhatsApp Business API ini  merupakan versi lainnya yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan mengoptimalkan operasionalnya, atau dalam konteks ini, pihak perbankan.

Baca juga: Bagaimana WhatsApp Business API Tingkatkan Customer Experience Nasabah?

Peran WhatsApp Business API untuk Tingkatkan Customer Loyalty Nasabah

Inilah beberapa peran WhatsApp Business API untuk tingkatkan customer loyalty nasabah:

  • Komunikasi yang Lebih Mudah dan Cepat

Seperti yang telah disebutkan di atas, WhatsApp Business API memudahkan perbankan untuk berkomunikasi dengan para nasabah secara langsung menggunakan berbagai format seperti pesan teks, gambar, dan video. Dengan begitu,  komunikasi menjadi lebih mudah dan efisien dibandingkan menggunakan saluran komunikasi konvensional seperti email atau telepon.

  • Respons yang Lebih Cepat

Dengan bantuan layanan chatbot dan pesan otomatis, perbankan dapat merespons pertanyaan dan permintaan pelanggan secara lebih cepat. Ini merupakan sebuah upaya untuk menjaga kepuasan pelanggan karena pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan jawaban atau bantuan.

  • Personalisasi Pesan

WhatsApp Business API memungkinkan perbankan untuk mengirim pesan secara personal untuk setiap nasabah mereka. Pesan ini dapat berupa pesan ulang tahun, penawaran eksklusif, atau informasi produk yang relevan dengan preferensi pelanggan. Melakukan personalisasi pesan membuat nasabah Anda akan merasa dihargai.

  • Pemberian Nilai Tambah

Pihak perbankan dapat menggunakan WhatsApp Business API untuk memberikan tips penggunaan produk atau layanan, panduan, atau informasi yang bermanfaat bagi nasabah. Dengan menghadirkan beberapa hal di atas, perusahaan dapat lebih mudah untuk membangun hubungan erat dengan pelanggan.

  • Pemberitahuan Transaksi

WhatsApp Business API memungkinkan perbankan untuk memberikan notifikasi terkait proses transaksi yang dilakukan nasabah seperti konfirmasi pembayaran atau pengiriman pesanan.

  • Survey dan Umpan Balik

Lalu, perbankan juga dapat menggunakan platform WhatsApp Business API untuk mengumpulkan umpan balik sekaligus melakukan survei kepuasan nasabah. Dengan begini, pihak perbankan dapat memahami kebutuhan dan preferensi nasabah sehingga produk atau layanan mereka bisa disesuaikan lebih lanjut.

  • Promosi Khusus

Perusahaan dapat menggunakan platform WhatsApp Business API untuk mengirimkan insentif kepada nasabah yang sudah berlangganan. Hal ini membuat pelanggan akan tetap setia dan menggunakan layanan yang disediakan perbankan secara terus menerus.

Beberapa Layanan yang Disediakan WhatsApp Business API untuk Nasabah

Berikut ini adalah beberapa layanan yang mampu disediakan WhatsApp Business API untuk nasabah:

  • WhatsApp Chatbot

Pihak perbankan dapat menggunakan chatbot untuk merespons pelanggan secara cepat, menjawab pertanyaan mereka, dan memberikan dukungan sepanjang waktu.

  • Card Delivery

WhatsApp Business API juga memudahkan perbankan untuk mengirim kartu virtual dan informasi terkait kepada para nasabah dengan keamanannya yang terjamin.

  • E-Policy & Invoice Sharing

Kemudian, nasabah dapat menerima dan menyimpan kebijakan dan faktur yang dikirimkan melalui WhatsApp sehingga proses administrasi bank jadi lebih efisien.

  • Pre-Approval Offers

Perbankan dapat mengirimkan tawaran pra-persetujuan kepada nasabah terkait penggunaan produk atau layanannya melalui WhatsApp Business API. Dengan ini, peluang penggunaannya akan semakin meningkat.

  • Share Branch Location

Perbankan yang menggunakan WhatsApp Business API dapat membantu nasabah untuk menemukan cabang bank atau ATM terdekat melalui fitur berbagi lokasi dalam platform WhatsApp.

  • Card Activation

Terakhir, platform ini membantu nasabah untuk mengaktifkan kartu perbankan mereka dengan mudah dan memberikan panduan lebih jika diperlukan.

Baca juga: Bagaimana Cara Memantau Customer Loyalty? Simak Caranya Disini!

Cara Tingkatkan Customer Loyalty Nasabah dengan WhatsApp Business API

Setelah melihat banyaknya layanan yang diberikan WhatsApp, inilah lima cara yang bisa perbankan terapkan untuk meningkatkan customer loyalty nasabah:

  • Personalisasi Pesan dan Layanan

Salah satu aspek paling penting dalam meningkatkan customer loyalty adalah memberikan pengalaman yang personal kepada nasabah. WhatsApp Business API membantu mempersonalisasi pesan dan layanan yang diberikan oleh perbankan.

  • Berikan Dukungan Pelanggan yang Terbaik

Platform WhatsApp Business API memungkinkan perbankan untuk memberikan dukungan pelanggan yang terbaik untuk para nasabahnya. Nasabah dapat dengan mudah menghubungi bisnis apabila ada masalah atau pertanyaan yang hendak diajukan. Di sisi lain, perbankan juga dapat memberikan respons dengan cepat.

  • Membuat Grup atau Kelompok Khusus

Pihak perbankan dapat membuat grup untuk pelanggan yang memiliki minat atau preferensi yang sama. Di dalam grup ini, perbankan dapat berbagi konten eksklusif, penawaran khusus, dan informasi terbaru. Dengan begitu, akan tercipta hubungan yang baik antar perbankan dengan komunitas pelanggan.

  • Menggunakan Pesan Suara dan Video

WhatsApp Business API memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan suara dan video kepada pelanggan. Pesan suara dan video ini dapat digunakan untuk menjelaskan tutorial, menjawab pertanyaan secara lebih rinci, atau bahkan mengucapkan selamat ulang tahun kepada nasabah. Hal ini akan mendukung terbentuknya koneksi mendalam antara perbankan dan nasabah.

  • Program Reward atau Loyalty Points

Melalui WhatsApp Business API, perbankan dapat mengirimkan pemberitahuan tentang program reward atau loyalty points kepada nasabah. Tak hanya itu, bank dapat memberikan poin atau reward setiap kali nasabah melakukan tindakan yang diinginkan bank, seperti menabung dalam jumlah yang besar. Dengan ini, nasabah akan merasa dihargai dan memutuskan untuk terus berinteraksi dengan perbankan.

  • Meminta Umpan Balik dan Evaluasi Berkala

Terakhir, perbankan dapat menggunakan WhatsApp Business API untuk meminta umpan balik dari nasabah secara berkala. Hal dapat dilakukan melalui survei singkat atau kuesioner. Dengan memanfaatkan umpan balik nasabah, perbankan dapat meningkatkan produk atau layanan mereka.

Manfaat Menggunakan WhatsApp Business API untuk Tingkatkan Customer Loyalty Nasabah

Berikut inilah sejumlah manfaat apabila Anda menggunakan WhatsApp Business API untuk meningkatkan customer loyalty nasabah:

  • Komunikasi Langsung

WhatsApp Business API memberikan perbankan sebuah jalur untuk berkomunikasi langsung dengan para nasabah. Hal ini akan meningkatkan keterlibatan dan interaksi mereka terhadap layanan perbankan.

  • Responsif dan Efisien

Dengan bantuan chatbot pada WhatsApp Business API, bank dapat memberikan respons yang cepat dan efisien kepada nasabah sehingga mereka cenderung puas dengan layanan yang diberikan oleh perbankan.

  • Kemudahan Penggunaan

WhatsApp adalah aplikasi yang umum digunakan oleh sejumlah besar nasabah di Indonesia. Bank harus memanfaatkan platform ini sehingga para nasabah tidak perlu lagi untuk mengunduh atau beradaptasi dengan penggunaan aplikasi baru untuk berinteraksi dengan Anda.

  • Keamanan Data

Terakhir, WhatsApp Business API menyediakan keamanan data nasabah yang baik sehingga membantu memberikan rasa aman kepada nasabah perbankan dalam berbagi informasi pribadinya dengan perbankan.

Tingkatkan Customer Loyalty Nasabah terhadap Perbankan Anda dengan Bantuan WhatsApp Business API!

Melalui WhatsApp Business API, Anda dapat membangun pondasi yang kokoh untuk meningkatkan customer loyalty nasabah Anda. Dengan WhatsApp Business API, Anda dapat memberikan layanan yang lebih personal, responsif, dan efisien kepada nasabah Anda.

Sejalan dengan itu, Ivosights hadir untuk membantu Anda memanfaatkan WhatsApp Business API secara maksimal. Sebagai Business Solution Provider yang berpengalaman, kami dapat membantu Anda mengintegrasikan WhatsApp Business API ke dalam strategi bisnis Anda. Kami juga dapat memberikan panduan dan dukungan teknis untuk memastikan Anda dapat menggunakan platform ini dengan baik.

Jangan ragu untuk menghubungi tim Ivosights untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana WhatsApp Business API dapat membantu meningkatkan customer loyalty nasabah Anda. Kami siap bekerja sama dengan Anda untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan memperkuat hubungan Anda dengan nasabah!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami