5 Cara Sosialisasikan Penggunaan WhatsApp Business API untuk Para Pasien

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 19 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock

"Banyaknya kegunaan platform WhatsApp Business API untuk layanan kesehatan membuat mereka harus mensosialisasikannya kepada para pasien"

Ketika terjadi pandemi COVID-19, komunikasi jarak jauh antara pasien dan penyedia layanan kesehatan lebih intensif dilakukan daripada sebelumnya. Sebagai salah satu pilihan, platform WhatsApp Business API banyak digunakan oleh beberapa rumah sakit dan lembaga kesehatan lainnya untuk berinteraksi dengan para pasien mereka, memberikan informasi terkini, serta mengatur janji temu dokter dan melakukan konsultasi jarak jauh. Namun, untuk memastikan efektivitas penggunaan WhatsApp Business API, penting bagi Anda untuk mensosialisasikan penggunaan WhatsApp Business API ini kepada para pasien.

Pentingnya Penggunaan WhatsApp Business API untuk Layanan Kesehatan

Inilah beberapa alasan pentingnya penggunaan WhatsApp Business API untuk layanan kesehatan:

  • Kemudahan Komunikasi

Sebagai sebuah platform yang akrab bagi banyak orang, WhatsApp menjadi sebuah pilihan alat komunikasi yang mudah diakses oleh pasien.

  • Pemberian Informasi yang Cepat

Platform WhatsApp Business API memudahkan pihak penyedia layanan kesehatan untuk memberikan beberapa informasi penting dengan cepat kepada pasiennya, seperti hasil tes atau perubahan jadwal dokter.

  • Konsultasi Jarak Jauh

Dalam situasi darurat atau melakukan konsultasi rutin, platform WhatsApp Business API memudahkan para dokter untuk berkomunikasi dengan pasien secara virtual.

  • Pengingat Janji Temu

Terakhir, WhatsApp Business API akan membantu pasien mengingat dan mengatur janji temu dokter sehingga tingkat kehadiran pasien untuk berkunjung ke rumah sakit akan meningkat.

Kenali Apa Itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API adalah platform rintisan META yang dirancang khusus untuk kebutuhan perusahaan ataupun organisasi resmi. Platform WhatsApp Business API memberikan penggunanya akses ke berbagai fitur komunikasi yang kemudian dapat digunakan oleh pihak penyedia layanan kesehatan.

Baca juga: WhatsApp Business API Mengoptimalkan Layanan Medis Rumah Sakit

Pihak yang Diberikan Sosialisasi Pentingnya Penggunaan WhatsApp Business API untuk Layanan Kesehatan

Inilah beberapa pihak yang seharusnya diberikan sosialisasi pentingnya penggunaan WhatsApp Business API:

  • Pasien

Pertama adalah pasien, salah satu pihak terpenting yang perlu mendapatkan sosialisasi ini. Mereka harus diberikan sosialisasi terkait cara menggunakan WhatsApp Business API. Dengan platform ini, para pasien dapat berkomunikasi dengan layanan rumah sakit atau dokter mereka. Pasien juga dapat mengakses informasi medis dan menjadwalkan janji temu dokter dengan lebih mudah.

  • Petugas Kesehatan

Dokter, perawat, dan staf medis lainnya merupakan sebuah pengguna langsung dari WhatsApp Business API dalam memberikan layanan kesehatan. Tiga pihak ini perlu diberikan pelatihan dan pemahaman yang baik tentang bagaimana menggunakan platform WhatsApp Business API ini untuk berkomunikasi dengan pasien, mengatur janji temu, dan memberikan informasi yang diperlukan.

  • Staf Administrasi

Terakhir adalah staf bagian administrasi rumah sakit yang berperan penting dalam mensosialisasikan platform WhatsApp Business API kepada pasien. Selain itu, mereka dapat membantu mengatur janji temu, mengirimkan pengingat, dan memberikan informasi penting kepada pasien melalui platform ini. Oleh karena itu, mereka perlu tahu bagaimana penggunaan WhatsApp Business API akan mengefektifkan proses administrasi rumah sakit.

Alasan Pihak Rumah Sakit Harus Mensosialisasikan Penggunaan WhatsApp Business API untukĀ  Pasien

Berikut ini adalah tujuh alasan mengapa pihak rumah sakit harus melakukan sosialisasi penggunaan WhatsApp Business API kepada para pasien:

  • Komunikasi yang Efisien

Platform WhatsApp Business API memungkinkan rumah sakit untuk berkomunikasi dengan pasien secara langsung dan cepat. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan pesan teks, gambar, dan bahkan video untuk memberikan informasi medis dan menjadwalkan janji temu dokter dengan efisien.

  • Pemberitahuan Janji Temu

Pihak rumah sakit dapat mengirimkan pengingat janji temu kepada para pasien melalui platform WhatsApp Business API. Hal ini akan membantu mengurangi tingkat ketidakhadiran pasien dan mengoptimalkan jadwal dokter.

  • Akses Informasi Medis

Para pasien dapat mengakses semua informasi medis mereka, seperti hasil tes laboratorium dan catatan medis, melalui file yang diberikan melalui platform WhatsApp Business API. Pihak rumah sakit yang mengirimkan berbagai dokumen ini akan meningkatkan keterlibatan pasien itu sendiri dalam perawatan mereka.

  • Konsultasi Jarak Jauh

Kemudian, platform WhatsApp Business API berfungsi sebagai sarana konsultasi medis jarak jauh untuk para pasien. Menyediakan layanan konsultasi digital ini akan sangat berguna dalam situasi darurat atau untuk pasien yang sulit datang langsung ke rumah sakit.

  • Pesan Edukasi

Pihak layanan kesehatan seperti rumah sakit dapat mengirimkan beragam jenis pesan edukasi kepada pasien. Misalnya saja informasi tentang penyakit tertentu, pencegahan, dan gaya hidup sehat melalui WhatsApp Business API.

  • Kemudahan Akses

WhatsApp adalah platform yang umum digunakan oleh banyak orang. Dengan mensosialisasikan bahwa rumah sakit menggunakan platform WhatsApp Business API, pasien akan lebih mudah untuk menghubungi pihak layanan kesehatan lewat WhatsApp biasa dan mendapatkan informasi yang diperlukan.

  • Kepuasan Pasien

Menggunakan teknologi terkini seperti WhatsApp Business API dapat menaikkan tingkat kepuasan pasien. Dengan begitu, para pasien akan merasa lebih didengar dan terhubung dengan layanan kesehatan. Tak hanya itu, persepsi positif mereka terhadap layanan kesehatan yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan juga akan meningkat.

Baca juga: 7 Tips Mencari Brand Ambassador untuk Bidang Kesehatan

Cara Sosialisasikan Penggunaan WhatsApp Business API untuk Para Pasien

Inilah lima cara yang bisa digunakan untuk mensosialisasikan penggunaan WhatsApp Business API kepada para pasien:

  • Pendaftaran yang Mudah

Pastikan bahwa semua pasien baru dan yang sudah ada sudah mendaftar sebagai pasien kepada layanan kesehatan dengan nomor telepon mereka yang valid. Pendaftaran ini bisa dilakukan di loket pendaftaran atau melalui portal online yang dimiliki oleh penyedia layanan kesehatan.

Dalam proses pendaftaran ini, pasien juga akan diminta untuk memberikan izin untuk menerima pesan dari rumah sakit melalui WhatsApp. Pihak penyedia layanan kesehatan juga harus memberikan informasi jelas tentang manfaatnya, seperti pemberitahuan janji temu.

  • Papan Informasi di Rumah Sakit

Pasien yang akan datang ke layanan kesehatan akan bersemangat meluangkan waktu untuk membaca papan informasi yang disediakan. Oleh karena itu, tempatkan papan informasi yang menjelaskan bahwa pihak penyedia layanan kesehatan telah menggunakan WhatsApp Business API, cara menghubunginya, dan jenis pesan yang akan para pelanggan terima.

  • Brosur dan Materi Informasi

Buatlah brosur dan materi informasi yang informatif dan menarik tentang WhatsApp Business API. Bagikan brosur ini kepada para pasien saat mereka datang ke rumah sakit atau melalui surat elektronik. Dalam brosur ini, cantumkan juga nomor dukungan dan manfaat menggunakan platform WhatsApp Business API yang disediakan pihak penyedia layanan kesehatan untuk pasien.

  • Pemberitahuan Janji Temu

Salah satu kegunaan utama platform WhatsApp Business API adalah mengirimkan pengingat janji temu dokter kepada pasien. Tak hanya mengurangi ketidakhadiran pasien, pasien juga akan lebih mudah untuk merencanakan kunjungan mereka. Ketika pasien mendaftar atau mengambil nomor antrian, mereka juga akan diberikan opsi untuk menerima pemberitahuan janji temu melalui WhatsApp atau tidak. Langkah-langkah mendaftar janji temu dokter ini harus dijelaskan oleh staf bagian pendaftaran layanan kesehatan.

  • Edukasi di Situs Web dan Media Sosial

Pihak penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan website resmi dan akun media sosial mereka untuk mengedukasi para pasien tentang menggunakan WhatsApp Business API untuk berinteraksi dengan staf layanan kesehatan. Sebaiknya, pihak penyedia layanan juga mengunggah beberapa berita, artikel, dan video yang menjelaskan manfaat dan cara penggunaannya sebagai cara untuk menjangkau pasien yang lebih luas.

Manfaat Melakukan Sosialisasi Penggunaan WhatsApp Business API untuk Para Pasien

Terakhir, berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari pelaksanaan sosialisasi penggunaan WhatsApp Business API untuk para pasien:

  • Penghematan Waktu dan Biaya

Melakukan komunikasi pasien dengan pihak layanan kesehatan melalui WhatsApp Business API dapat menghemat waktu dan biaya administratif yang harus dikeluarkan. Selain itu, jumlah panggilan telepon yang perlu diterima oleh staf administrasi juga akan berkurang sehingga mereka dapat fokus pada tugas-tugas lain yang lebih mendesak.

  • Keterlibatan Pasien yang Lebih Baik

Dengan memberikan informasi dan dukungan pasien melalui WhatsApp, penyedia layanan kesehatan dapat menaikkan tingkat keterlibatan pasien. Pasien yang merasa terlibat dalam perawatan mereka akan lebih mungkin untuk mengikuti perawatan dengan benar dan menghindari kesalahan yang mungkin terjadi.

  • Penghematan Dokumen

Terakhir, platform WhatsApp Business API memudahkan pihak penyedia layanan kesehatan untuk mengirimkan dokumen kepada pelanggan, seperti hasil pemeriksaan atau resep, dalam format digital. Selain mengurangi penggunaan kertas dan pengiriman fisik, pihak layanan kesehatan juga dapat menghemat biaya dan lebih ramah lingkungan.

Dapatkan WhatsApp Business Platform Hanya di Ivosights

Mensosialisasikan penggunaan WhatsApp Business API kepada para pasien adalah sebuah langkah yang penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Dengan menerapkan lima cara yang telah dibahas di atas, pihak penyedia layanan kesehatan seperti rumah sakit dapat memastikan bahwa semua pasiennya mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan platform WhatsApp Business API ini.

Sebagai perusahaan yang bekerja sama dengan pihak META sejak tahun 2021, Ivosights merupakan sebuah Business Provider Solution terpercaya yang dapat menyediakan platform WhatsApp Business API untuk semua jenis bisnis, termasuk pihak rumah sakit. Dengan begitu, keamanan platform ini bisa dijamin. Platform WhatsApp Business API ini juga mendukung digitalisasi berbagai layanan kesehatan, mulai dari pendaftaran dokter, pengingat janji temu pasien, pemantauan pasien, hingga konsultasi kesehatan. Untuk mendapatkan info lebih lanjut, segera hubungi tim kami untuk berlangganan layanan WhatsApp satu ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami