5 Cara Dorong Penggunaan Call to Action Button di WhatsApp Business API

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 16 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock

"Dengan memanfaatkan fitur call to action button, partisipasi pelanggan dalam berkomunkasi dengan Anda menggunakan WhatsApp Business API akan meningkat"

Dalam era digital yang semakin berkembang, WhatsApp telah menjadi salah satu platform utama untuk berinteraksi dengan pelanggan. Sebagai penyedia platform satu ini, WhatsApp tersedia dalam beberapa versi dan salah satunya adalah WhatsApp Business API. Platform satu ini dibekali dengan beberapa fitur yang berbeda dibandingkan versi lainnya, salah satunya adalah fitur call to action button. Sebelum mendapatkan penjelasan lebih lanjut terkait fitur tersebut Anda akan diberikan pengertian dahulu dari WhatsApp Business API itu sendiri.

Pengertian dari WhatsApp Business API

WhatsApp Business API adalah sebuah varian aplikasi WhatsApp yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui pesan teks, gambar, dan media lainnya. Penggunaan platform ini merupakan sebuah solusi komunikasi yang lebih kuat dan efektif bagi bisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan.

Apa Bedanya WhatsApp Business Biasa dengan WhatsApp Business API?

Perbedaan kunci antara WhatsApp Business dan WhatsApp Business API terletak dalam hal skala dan integrasi. WhatsApp Business API dirancang untuk bisnis dengan tingkat interaksi yang lebih tinggi, sehingga memberikan fitur-fitur tambahan seperti kemampuan untuk mengotomatisasi pesan dan mengintegrasikan sistem bisnis secara lebih mendalam.

Baca juga: Fitur-Fitur Whatsapp Business API yang Dapat Tingkatkan Pertumbuhan Bisnis Anda

Kenali Fitur Call to Action Button di WhatsApp Business API

Call to action button merupakan salah satu fitur penting di WhatsApp Business API yang memungkinkan bisnis untuk menyisipkan tombol langsung ke dalam pesan. Tombol ini mendukung pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunjungi website, melihat produk, atau menghubungi layanan pelanggan, dengan sekali klik.

Manfaat Adanya Call to Action Button di WhatsApp Business API

Berikut ini adalah lima manfaat utama dari adanya call to action button di WhatsApp Business API:

  • Meningkatkan Tingkat Konversi

Call to action button dapat mengarahkan pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunjungi website, memesan produk, atau menghubungi tim dukungan. Dengan ini, tingkat konversi akan meningkat dan mengubah prospek menjadi pelanggan aktif secara mudah.

  • Mempermudah Interaksi

Dengan adanya call to action button, pelanggan dapat dengan mudah melakukan tindakan yang diinginkan tanpa harus mencari informasi lebih lanjut. Hal ini akan mengurangi resiko terjadinya hambatan dan membuat interaksi dengan bisnis menjadi lebih lancar.

  • Mengarahkan Pelanggan

Call to action button membantu bisnis untuk mengarahkan pelanggan ke halaman atau layanan yang spesifik.

  • Meningkatkan Keterlibatan

Call to action button dapat digunakan untuk meminta pelanggan supaya mereka berpartisipasi dalam aktivitas tertentu, seperti mengisi survei atau mengikuti promo. Dengan begitu, keterlibatan pelanggan dengan bisnis dapat meningkat.

  • Pengukuran dan Analisis Lebih Baik

Terakhir, call to action button dapat diukur secara akurat untuk melihat seberapa efektifnya pesan dan tindakan yang ditawarkan kepada pelanggan.

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Call to Action Button pada Whatsapp Business API

Lima Cara Dorong Penggunaan Call to Action Button di WhatsApp Business API

Berikut ini adalah lima cara dorong penggunaan call to action button di WhatsApp Business API:

  • Penempatan Strategis

Tempatkan call to action button pada pesan atau konten yang relevan. Pastikan tombol tersebut mudah terlihat dan dapat diakses oleh pelanggan.

  • Gunakan Bahasa Klarifikasi

Gunakan bahasa yang jelas dalam call to action button. Pastikan pelanggan memahami dengan jelas apa yang akan terjadi ketika mereka mengeklik tombol tersebut.

  • Tawarkan Nilai Tambah

Berikan insentif kepada pelanggan untuk mengeklik call to action button. Intensif ini dapat berupa penawaran khusus, diskon, atau akses cepat ke informasi yang mereka butuhkan.

  • Gunakan Emosi Positif

Gunakan kata-kata atau frasa yang memicu emosi positif dan mengundang tindakan yang dilakukan oleh pelanggan.

  • Personalisasi Pesan

Terakhir, sesuaikan call to action button dengan preferensi pelanggan. Jika Anda mengetahui lebih dalam terkait preferensi atau riwayat pembelian pelanggan, gunakan informasi ini untuk membuat tawaran yang relevan.

Dapatkan WhatsApp Business API melalui Business Solution Provider Terpercaya!

Call to action button di WhatsApp Business API berperan penting dalam mengarahkan pelanggan untuk melakukan tindakan spesifik dan meningkatkan interaksi dengan bisnis Anda. Dengan memahami manfaatnya dan menerapkan strategi yang efektif, Anda dapat mengoptimalkan komunikasi dengan pelanggan dan mencapai kesuksesan dalam bisnis melalui platform WhatsApp.

Sebagai salah satu penyedia solusi bisnis terpercaya sejak tahun 2021, Ivosights dapat menjadi partner Anda dalam mendapatkan platform WhatsApp Business API. Berbeda dari WhatsApp Business konvensional, WhatsApp Business API menawarkan sejumlah keunggulan. Misalnya, Anda dapat menggunakan satu nomor Whatsapp saja untuk dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam jumlah unlimited.

Anda juga dibebaskan dalam menyesuaikan profil bisnis Anda. Tak hanya itu, bisnis akan lebih dipercayai oleh pelanggan karena memiliki verifikasi centang hijau dari META. WhatsApp Business API juga mendukung integrasi dengan sistem CRM, menyediakan manajemen database, dan memberi Anda kebebasan untuk mempersonalisasi pesan serta melakukan sinkronisasi riwayat percakapan secara otomatis. Jangan ragu untuk menghubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut mengenai platform ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami