Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuat WhatsApp Business?

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 03 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"WhatsApp Business merupakan aplikasi yang sangat membantu pebisnis usaha kecil dalam kegiatannya untuk berinteraksi dan melayani pelanggan"

WhatsApp Business merupakan aplikasi yang sangat berguna dan bermanfaat bagi pengusaha. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dan berhubungan secara profesional dengan pelanggan. Dalam aplikasi ini sendiri memiliki banyak fitur dan fungsi yang sangat memudahkan penggunanya dalam melakukan penjualan dan melakukan percakapan dengan pelanggan. Selain itu, pendaftaran aplikasi ini juga cepat dan mudah sehingga memungkinkan Anda untuk menerima dan menanggapi pesan yang dimulai oleh pelanggan dengan segera melalui fitur-fiturnya. Lebih lanjut, hal ini memungkinkan Anda untuk mulai terlibat dengan pelanggan yang mengklik dari situs Anda, pusat bantuan, iklan, dan lainnya, dengan segera. Percakapan interaktif dan kontekstual ini membantu Anda memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan berpotensi mendorong konversi bisnis yang lebih baik.

Yang Perlu Anda Siapkan untuk WhatsApp Business

Berikut ini kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat WhatsApp Business.

  • Buka Akun WhatsApp Terlebih Dahulu

Halaman dasbor utama pada WhatsApp akan memberi Anda sekilas tentang penjelasan singkat mengenai akun WhatsApp, batas akun saat ini, dan berita produk terbaru. Di kolom sebelah kiri, Anda akan melihat empat alat akun utama: Wawasan, Template Pesan, Nomor Telepon, dan Katalog. 

  • Persiapkan Nomor 

Dalam aplikasi WhatsApp Business, Anda tentu membutuhkan nomor telepon untuk melakukan transaksi dan interaksi dengan pelanggan. Tujuan utama dalam nomor telepon ini adalah untuk melakukan verifikasi yang berguna untuk menyimpan data dan informasi yang Anda miliki. Selain itu, nomor telepon juga dapat dilihat oleh pelanggan sehingga akan memudahkan mereka dalam menghubungi akun WhatsApp Business Anda jika mereka membutuhkan sesuatu.

Selalu ingat bahwa nomor yang Anda gunakan untuk WhatsApp Business berbeda dengan nomor pribadi. Ini bertujuan agar Anda tidak tertukar saat melakukan proses transaksi dan penjualan dengan pelanggan. Selain itu, Anda juga akan lebih fokus dalam penjualan jika nomor yang digunakan berbeda sehingga kontak pribadi tidak akan bercampur dengan nomor pelanggan.

Baca Juga: WhatsApp Business Verified: Keunggulan dan Cara Mendapatkannya

  • Pertimbangkan Titik Masuk Anda

Penting untuk mengetahui bagaimana dan mengapa pelanggan Anda akan terhubung dengan Anda di WhatsApp. Apakah mereka mencari dukungan produk? Apakah Anda menjangkau mereka dengan promosi atau penawaran? Apakah mereka mengklik ke WhatsApp dari iklan atau properti lainnya? Masing-masing titik masuk ini akan mempengaruhi cara Anda berinteraksi dengan pelanggan dari waktu ke waktu.

  • Buat Templat Pertama Anda

Untuk membuat template pertama Anda, klik Buat Template Pesan untuk memilih kategori, beri nama template Anda, dan pilih bahasa tujuan pengiriman pesan ini. Setelah itu, klik Lanjutkan untuk menyertakan sampel, menambahkan salinan header, isi, dan footer, lalu pilih ajakan untuk aksi atau tombol balas cepat untuk disertakan. Kemudian klik Kirim dan itu akan dikirim untuk ditinjau. Setelah disetujui, Anda dapat bekerja sama dengan pengembang untuk menyelesaikan penyiapan.

  • Menguji Platform WhatsApp Business

Sekarang, setelah Anda memiliki akun, satu atau dua template pesan yang disetujui, dan pengembang Anda memiliki kesempatan untuk menyiapkan semuanya, saatnya untuk memulai pengujian.

Mulailah dengan mengirim pesan ke nomor WhatsApp Business Platform Anda dari ponsel yang menjalankan akun WhatsApp konsumen. Setelah Anda menanggapi pesan ini, Anda memulai jendela tanggapan 24 jam. Dalam waktu ini, Anda dapat mengirim pesan bentuk bebas termasuk teks, media, kontak, dan lokasi. Anda juga dapat menguji template pesan Anda untuk memastikannya berfungsi seperti yang diharapkan.

Cara Mendaftar WhatsApp Business

Dilansir dari WhatsApp, berikut ini adalah cara mendaftar WhatsApp Business:

  • Masukkan nomor telepon Anda.
  • Pilih negara Anda dari daftar drop-down. Ini secara otomatis akan mengisi kode negara Anda di kotak di sebelah kiri.
  • Masukkan nomor telepon Anda di kotak di sebelah kanan. Jangan letakkan 0 sebelum nomor telepon Anda.
  • Ketuk Selesai untuk menerima kode registrasi. Jika diminta, Anda juga dapat mengetuk Panggil saya untuk menerima kode melalui panggilan telepon.
  • Masukkan 6 digit kode pendaftaran yang Anda terima melalui SMS atau panggilan telepon.
  • Jika Anda telah mengaktifkan Rantai Kunci iCloud dan telah mendaftarkan nomor ini sebelumnya, Anda dapat didaftarkan secara otomatis tanpa menerima kode SMS baru.
  • Menggunakan nomor ekstensi untuk telepon rumah
  • Nomor ekstensi telepon rumah tidak dapat digunakan untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Silakan gunakan nomor telepon rumah tanpa ekstensi untuk mendaftarkan nomor telepon Anda. Demi keamanan, aplikasi ini hanya dapat mengirimkan kode pendaftaran enam digit ke nomor telepon rumah yang ingin Anda gunakan untuk akun bisnis Anda.
  • Jika Anda tidak menerima kode enam digit melalui SMS, tunggu hingga bilah kemajuan selesai dan coba lagi. Waktu tunggu dapat memakan waktu hingga 10 menit.
  • Jangan menebak kodenya atau Anda akan dikunci untuk jangka waktu tertentu.
  • Jika penghitung waktu habis sebelum Anda menerima kode registrasi, akan muncul opsi untuk meminta panggilan telepon. Pilih opsi Panggil saya untuk meminta panggilan. Saat Anda menjawab panggilan, suara otomatis akan memberitahu Anda kode registrasi enam digit. Masukkan kode tersebut ke dalam aplikasi WhatsApp Business.
  • Lebih lanjut, step selanjutnya bergantung pada operator Anda, Anda mungkin menerima biaya untuk SMS dan panggilan telepon.

Baca Juga: Ciri Perusahaan yang Membutuhkan Akun Whatsapp Business API!

Langkah Troubleshooting

Jika Anda mengalami masalah saat mendaftar, coba yang berikut ini:

  • Matikan ponsel Anda, tunggu 30 detik, dan hidupkan kembali.
  • Hapus dan instal ulang WhatsApp Business versi terbaru.
  • Periksa penerimaan Anda dengan mengirim pesan SMS percobaan dari ponsel manapun ke nomor ponsel yang Anda coba daftarkan. Masukkan nomor ponsel persis seperti yang Anda masukkan di aplikasi WhatsApp Business, termasuk kode negara.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, cara mendaftar, dan langkah troubleshooting untuk WhatsApp Business. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami