User Generated Content: Pengertian dan Pentingnya Bagi Bisnis Anda

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 21 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - User generated content. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - User generated content. Shutterstock.

"User generated content merupakan konten-konten ulasan seperti foto, video, teks, dan lain-lain yang dibuat oleh pelanggan untuk mereka posting di media sosial"

Saat ingin menjual suatu produk atau jasa, brand atau perusahaan Anda harus dikenal terlebih dahulu oleh calon pelanggan. Untuk itu dibutuhkan user generated content (UGC) untuk mengoptimalisasinya. Layanan ini pada dasarnya merupakan suatu ulasan yang dilakukan pelanggan dengan memberikan foto atau video yang bisa mempengaruhi pelanggan lain sebelum membeli suatu produk atau jasa. Konten yang diunggah dari pelanggan tersebut nantinya akan berdampak pada peningkatkan kepercayaan pelanggan (brand authority). Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu user generated content, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu User Generated Content

User generated content merupakan konten-konten ulasan seperti foto, video, teks, dan lain-lain yang dibuat oleh pelanggan untuk mereka posting di media sosial. Pelanggan biasanya melakukan ini untuk membagikan pengalamannya saat menggunakan produk atau jasa. Pengalaman pelanggan terhadap suatu produk atau jasa ini akan berkaitan dengan customer experience. Artinya, pengalaman pelanggan yang dirasakan setelah melakukan interaksi dengan sebuah brand perusahaan.

Ada juga pelanggan yang memanfaatkan fitur hashtag di media sosial atau mention beberapa brand yang bersangkutan agar pelanggan lain dapat menemukannya dengan mudah. Apakah brand boleh untuk me-repost postingan pelanggan tersebut? Boleh saja, brand mempostingnya di media lain dan digunakan sebagai bahan marketing campaign mereka.

Tetapi, konten ini berbeda jika brand bekerja sama dengan Influencer. Dengan influencer biasanya ada kesepakatan dahulu sebelum diposting, sedangkan dari pelanggan biasanya kontennya itu natural sesuai dengan pengalaman mereka.

Singkatnya, user generated content ini dapat diartikan rekomendasi pelanggan akan produk atau jasa yang mereka sukai kepada orang lain, karena mereka merasa puas dengan kualitas atau pelayanan produk dan jasa perusahaan tersebut.

Pentingnya User Generated Content

Penggunaan user generated content lebih penting daripada menggunakan endorser atau Brand Ambassador. Pada dasarnya, jenis strategi pemasaran ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pelanggan atau pasar terhadap suatu bisnis, sekaligus untuk mempromosikan atau branding bisnis Anda.

Menurut data, sekitar 90% pembeli mengatakan bahwa pembelian mereka dipengaruhi oleh user generated content dan 73% pembeli mendapatkan peningkatan dalam kepercayaan pembelian mereka dari UGC ini. Maka dari itu, konten dari pelanggan ini berdampak sangat kuat untuk meyakinkan pelanggan untuk membeli produk Anda karena faktor kejujuran dari pelanggan yang lainnya. Dari sinilah, kepercayaan pelanggan kepada brand akan meningkatkan penjualan bagi perusahaan, bahkan dapat mendatangkan pelanggan baru.

Berdasarkan uraian di atas, pengalaman pelanggan yang mereka rasakan dan menuangkannya dalam bentuk ulasan postingan ke media sosial dapat menarik pelanggan lain untuk menggunakan produk dan jasa perusahaan Anda. Untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik, bergabunglah bersama Sociomile yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan-perusahaan besar di Indonesia!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami