Alasan Mengapa WhatsApp Business Sangat Membantu Saat Ramadan

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 27 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"WhatsApp business memang memiliki banyak keuntungan tersendiri bagi pemilik bisnis, salah satunya adalah membantu keperluan bisnis saat Ramadan"

Ramadan memang memiliki banyak momen yang sangat ditunggu-tunggu, beberapa diantaranya adalah momen yang akan menguntungkan pemilik bisnis karena peningkatan permintaan dari pelanggan. Dengan WhatsApp Business, pemilik bisnis jadi lebih mudah dalam mengkoordinir pesanan yang masuk. Yuk, intip beberapa alasan lain mengapa WhatsApp Business sangat membantu saat Ramadan.

Pengertian WhatsApp Business 

WhatsApp Business merupakan salah satu aplikasi yang diluncurkan oleh pihak WhatsApp untuk mempermudah kegiatan berjualan pemilik bisnis atau usaha kecil. Aplikasi yang satu ini juga sangat berfungsi untuk memperlancar interaksi dan komunikasi antara pelanggan dan penjual sehingga lebih mudah untuk melanjutkan pemesanan ataupun melakukan promosi via chat. WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang sangat berguna untuk kepentingan berjualan. Beberapa diantaranya adalah fitur membalas chat otomatis, fitur pengirim chat massal, hingga fitur untuk mengirimkan katalog secara otomatis saat ada pembeli yang bertanya. 

Adanya aplikasi ini saat Ramadan membuat banyak kemudahan bagi para penjual. Saat Ramadan, pemilik bisnis pasti memiliki banyak pesanan yang membludak dan membuat kewalahan karena hal itu jika dibandingkan dengan bulan-bulan lain. Banyaknya pemilik bisnis yang memiliki tingkat orderan yang tinggi menjadi mengandalkan WhatsApp Business agar penjualan menjadi semakin lancar dan keuntungan bertambah.

Baca Juga: Simak 7 Kelebihan WhatsApp Business

Alasan Mengapa WhatsApp Business Sangat Membantu di Ramadan

  • Memiliki Banyak Fitur yang Membantu 

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang akan mempermudah kegiatan jual beli dengan para pelanggan. Adanya fitur-fitur tersebut akan membuat pemilik bisnis di Ramadan menjadi terbantu karena saat pesanan menggunung, memanfaatkan fitur-fitur di WhatsApp Business akan lebih cepat dalam memproses itu semua.

  • Fokus Dalam Melayani Pelanggan

Berbeda dengan aplikasi lainnya, menggunakan WhatsApp Business akan membuat pemilik bisnis fokus dalam melayani pelanggan. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, pemilik bisnis akan lebih fokus karena tidak tergabung dengan pesan teks pribadi. Selain itu, berbeda dengan aplikasi lain, pemilik bisnis juga akan lebih mudah dalam berinteraksi dengan pelanggan sehingga semua pesanan atau pertanyaan dapat dengan mudah diproses.

  • Dapat Berinteraksi dengan Baik dengan Pelanggan

WhatsApp Business memiliki fitur yang akan memudahkan pemilik bisnis berinteraksi dengan baik dengan pelanggan. Fitur yang bisa dimanfaatkan adalah fitur untuk mengirim pesan balasan secara otomatis sehingga meskipun pelanggan menanyakan tentang produk yang dijual, pemilik bisnis dapat membalasnya secara otomatis sehingga tetap membuat pelanggan tertarik.

  • Mampu Menyebarkan Promo dengan Cepat Kepada Pelanggan Setia

WhatsApp Business memiliki fitur blasting yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik bisnis untuk menyebarkan promo dengan cepat kepada pelanggan setia saat Ramadan. Anda tidak perlu lagi melakukan forward satu persatu karena dengan fitur yang satu ini kegiatan Anda dapat lebih mudah dan cepat untuk dijalani.

Apa yang Terjadi Pada Bisnis yang Tidak Menggunakan WhatsApp Business saat Ramadan?

  • Pemesanan Menjadi Tidak Terkoordinir 

Jika pemilik bisnis masih mengandalkan aplikasi tukar pesan biasa, pemilik bisnis tentu saja akan mengalami pemesanan yang tidak terkoordinir. Banyaknya pesanan di Ramadan akan membuat pemilik bisnis kesulitan dalam mengurus semua pesanan yang masuk. untuk itu, penggunaan WhatsApp Business sangat mengambil peran penting disini.

  • Kesulitan dalam Berinteraksi dengan Pelanggan

WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang akan mempermudah interaksi dengan pelanggan. Jika pemilik bisnis masih belum menggunakan aplikasi ini, tentunya akan jauh lebih kesulitan saat berinteraksi dengan pelanggan.

Baca Juga: Ciri Perusahaan yang Membutuhkan Akun Whatsapp Business API!

  • Tidak Memiliki Banyak Waktu Menjawab Pertanyaan Pelanggan

Pelanggan tentu memiliki banyak pertanyaan yang serupa untuk ditanyakan kepada penjual. Jika pemilik bisnis masih belum menggunakan aplikasi ini, tentu mereka tidak memiliki banyak waktu menjawab pertanyaan pelanggan.

Yuk, Beralih ke WhatsApp Business API untuk Mempermudah Penjualan Saat Ramadan!

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami