Alasan Mengapa WhatsApp Business Membutuhkan Template Bisnis

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 11 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Template bisnis pada WhatsApp Business merupakan hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Yuk, simak alasan mengapa itu sangat penting"

WhatsApp Business memang selalu menjadi andalan para pemilik bisnis yang menginginkan usaha mereka berjalan lancar. Kemudahan juga bisa didapat jika menggunakan aplikasi ini karena banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan para pelanggan. Berbeda dengan aplikasi lain, WhatsApp Business akan membuat pemilik bisnis fokus terhadap penjualan mereka karena pesan-pesan yang ada di aplikasi ini tidak akan bercampur dengan pesan pribadi. Salah satu manfaat yang bisa diandalkan pada fitur di WhatsApp Business adalah fitur pengirim template bisnis otomatis. Namun, mengapa template bisnis sangat dibutuhkan? Yuk, simak penjelasannya disini!

Pengertian WhatsApp Business 

WhatsApp Business merupakan salah satu aplikasi yang diluncurkan oleh pihak WhatsApp untuk mempermudah kegiatan berjualan pemilik bisnis atau usaha kecil. Aplikasi yang satu ini juga sangat berfungsi untuk memperlancar interaksi dan komunikasi antara pelanggan dan penjual sehingga lebih mudah untuk melanjutkan pemesanan ataupun melakukan promosi via chat. WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang sangat berguna untuk kepentingan berjualan. Beberapa diantaranya adalah fitur membalas chat otomatis, fitur pengirim chat massal, hingga fitur untuk mengirimkan katalog secara otomatis saat ada pembeli yang bertanya. 

Lebih lanjut, WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang sangat berguna untuk kepentingan berjualan. Beberapa diantaranya adalah fitur membalas chat otomatis, fitur pengirim chat massal, hingga fitur untuk mengirimkan katalog secara otomatis saat ada pembeli yang bertanya. Tentunya berbeda dengan WhatsApp biasa, WhatsApp Business memiliki tujuan untuk berjualan dan pesan yang ada di aplikasi ini tidak akan bercampur dengan pesan pribadi sehingga penjual bisa dengan mudah melanjutkan penjualan dan promosi tanpa takut terganggu dengan pesan pribadi.

Baca Juga: Istilah-istilah dalam Akun Whatsapp Business API

Apa itu Template Bisnis

Template bisnis adalah sebuah tulisan atau paragraf dimana pemilik bisnis sebarkan kepada para pelanggan yang akan menjadi ciri khas pada suatu bisnis. Template bisnis bisa kita lihat pada greetings utama jika kita memesan sesuatu di online yang berbentuk tulisan dan terkadang ditambah dengan foto atau video yang bersangkutan dengan bisnis tersebut.

Namun, template bisnis bisa saja berubah-ubah sesuai dengan keinginan si penjual. Hal ini bisa disesuaikan dengan musim penjualan atau waktu-waktu tertentu. Selain itu, template bisnis juga tidak melulu berisikan tulisan bisnis atau greetings biasa. Terkadang, template bisnis juga berisikan diskon atau promo-promo tertentu yang sudah disesuaikan oleh para pemilik bisnis untuk pelanggan.

Alasan WhatsApp Business Membutuhkan Template Bisnis

  • Bentuk Keprofesionalan

Template bisnis yang ada pada WhatsApp Business harus dikirimkan kepada pelanggan sebagai bentuk keprofesionalan sebuah bisnis. Pemilik bisnis tentu saja menginginkan banyak pelanggan baru yang tertarik dan mengenal lebih jauh tentang bisnis yang dimiliki. Hal ini bisa diwujudkan dengan adanya penggunaan template bisnis yang sesuai.

  • Standar Menyapa Pelanggan

Pelanggan tentu ingin disambut dan diberikan kesan pertama yang baik saat bertemu dengan penjual. Nyatanya, hal ini juga berlaku pada bisnis online. Standar menyapa pelanggan bisa pemilik bisnis terapkan dengan menggunakan template bisnis yang ada pada WhatsApp Business untuk menyapa pelanggan.

Baca Juga: Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan WhatsApp Business

  • Perkenalan Bisnis

Sama seperti standarisasi untuk menyapa pelanggan, adanya template bisnis adalah untuk melakukan perkenalan bisnis terlebih dahulu kepada pelanggan sebelum berinteraksi lebih jauh. Hal ini bisa terlihat juga sebagai bentuk keprofesionalan pebisnis dalam menghadapi pelanggan.

  • Memberitahukan Bisnis Tersebut kepada Pelanggan Baru

Template bisnis pada WhatsApp Business juga sebagai bentuk untuk memberitahukan bisnis tersebut kepada pelanggan baru. Mengapa begitu? Hal ini karena pada template bisnis biasanya dijelaskan secara singkat nama bisnis dan produk apa saja yang mereka miliki.

Yuk, Beralih ke WhatsApp Business API untuk Mempermudah Penjualan Saat Bulan Ramadan!

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami