WhatsApp Blast untuk Mengoptimalkan Komunikasi di Bisnis Ritel

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 13 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

"WhatsApp Blast merupakan salah satu strategi penyebaran informasi efisien untuk bisnis berskala menengah ke atas dan besar. Simak ulasannya di sini!"

Menjaga sebuah bisnis ritel stabil sepanjang waktu merupakan tantangan tersendiri. Maraknya bisnis ritel dimulai dari bisnis toserba, toko kelontong, toko elektronik, toko obat, hingga toko furnitur membuat pelaku bisnis perlu mengalami persaingan sengit satu sama lain. Tak hanya itu, permintaan konsumen yang membludak, perubahan musiman seperti hari libur, kondisi cuaca ekstrem, hingga pengaturan harga yang kompetitif dapat menjadi faktor ketidakstabilan bisnis ritel. Strategi yang dapat dilakukan pelaku bisnis ritel untuk menjaga stabilitas bisnis adalah dengan mengoptimalkan interaksi dan komunikasi positif dengan pelanggan. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah komunikasi melalui WhatsApp Blast.

Apa itu WhatsApp Blast?

WhatsApp Blast adalah fitur WhatsApp Business yang memungkinkan pelaku bisnis untuk mengirimkan suatu pesan secara langsung secara masif ke banyak orang. Konsep ini cukup mirip dengan broadcast message biasa, akan tetapi terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Pada akun WhatsApp Business biasa, pelaku bisnis hanya dapat mengirim pesan pada 256 kontak dengan jumlah agen atau admin yang dibatasi. Sehingga, jenis akun WhatsApp tersebut lebih cocok untuk digunakan bisnis dengan skala kecil.

Sementara bisnis besar yang sudah memiliki legalitas dapat mengakses WhatsApp Blast tanpa batas kontak dengan akun WhatsApp Business API (Application Programming Interface). Berbeda dengan akun WhatsApp Business biasa, akun API ini dapat diintegrasikan dengan platform lainnya untuk memaksimalkan interaksi bersama pelanggan dalam cakupan yang lebih luas.

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, pelaku bisnis ritel dapat menyebarkan informasi secara cepat dan efisien. Apabila pelaku bisnis dapat mengkurasi strategi pemasaran dengan baik, konten yang dibagikan melalui WhatsApp Blast dapat berpengaruh pada peningkatan penjualan produk dan profit perusahaan.

Baca Juga: Strategi Mengelola Bisnis Kecantikan dengan WhatsApp Business API 

Implementasi WhatsApp Blast untuk Mengoptimalkan Komunikasi

Pelaku bisnis ritel dapat mengimplementasikan beberapa jenis strategi melalui fitur WhatsApp Blast. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Promosi dan Penawaran

Perusahaan dapat menggunakan WhatsApp Blast untuk menyebarkan informasi mengenai diskon, penawaran khusus, atau promosi eksklusif kepada pelanggan. Penyebaran informasi ini cukup ampuh untuk mendatangkan pelanggan agar datang ke toko dan melakukan transaksi.

  • Feedback dan Survei

Mengetahui tanggapan pelanggan terhadap produk dan layanan yang disediakan perusahaan merupakan salah satu strategi untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik lagi. Kritik maupun saran konstruktif dalam membantu perusahaan dalam segi apapun. Perusahaan dapat menggunakan WhatsApp Blast untuk mengetahui hal tersebut, bisa melalui penyebaran survei atau feedback.

  • Pembaruan Produk

Perusahaan dapat menyebarkan informasi mengenai produk baru, pembaruan stok produk, atau produk yang akan segera dirilis melalui WhatsApp Blast. Informasi ini dapat menciptakan antusiasme bagi pelanggan.

  • Pembaruan Pesanan

Hal ini berkaitan pada proses transaksi yang dilakukan secara online. Perusahaan dapat secara aktif memberikan informasi melalui WhatsApp Blast secara berkala mengenai konfirmasi pemesanan, pembayaran, hingga status pengiriman.

  • Promosi Acara

Bisnis ritel biasanya memiliki berbagai macam cara untuk menyebarkan awareness pada masyarakat tentang produk yang dijual. Salah satunya dengan membuat acara. Perusahaan dapat menyebarkan pamflet acara melalui WhatsApp Blast untuk mendatangkan pelanggan dan meminta partisipasinya untuk meramaikan acara yang diselenggarakan.

  • Menyebarkan Campaign

Pada beberapa waktu tertentu seperti Hari Valentine, Hari Natal, Hari Idul Fitri, atau hari spesial lainnya, bisnis ritel kerapkali membuat kampanye pemasaran yang sesuai dengan tema. Contohnya seperti memberikan penawaran spesial atau diskon khusus di hari tersebut. Untuk menjangkau pelanggan dengan lebih luas lagi, perusahaan dapat memanfaatkan fitur WhatsApp Blast.

Apa Saja Syarat dan Ketentuan Pengoperasian WhatsApp Blast?

Untuk dapat mengoperasikan WhatsApp Blast, pelaku bisnis perlu mendaftarkan bisnisnya ke WhatsApp Business API. Terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan yang perlu dilengkapi, yaitu sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, cek cara menemukannya di sini: Find your business ID

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Persyaratan selanjutnya, jenis bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Untuk penjelasan lengkapnya, dapat dilihat di tautan berikut ini: https://business.whatsapp.com/policy 

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Provider. Salah satunya adalah Ivosights, partner resmi layanan WhatsApp Business API di Indonesia.

Tertarik Menggunakan WhatsApp Blast Untuk Optimalisasi Komunikasi? Segera Hubungi Ivosights!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis Anda, salah satunya adalah WhatsApp Blast. Dengan Ivosights, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda untuk bergabung pada WhatsApp Business API. Ivosights merupakan business provider solution di Indonesia yang menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Platform ini juga dilengkapi dengan dashboard WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami