Tingkatkan Strategi Pemasaran Bisnis dengan WhatsApp Blast

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 15 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

"WhatsApp Blast merupakan salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan memperluas jangkauan bisnis. Simak ulasannya di sini!"

WhatsApp Business API memiliki satu keistimewaan yang tidak dapat dirasakan oleh pengguna WhatsApp Business biasa, yaitu fitur WhatsApp Blast. Fitur ini dapat menunjang perusahaan untuk dapat memperluas jangkauan bisnis melalui berbagai strategi pemasaran.

Mengenal WhatsApp Blast

WhatsApp Blast merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh aplikasi WhatsApp Business yang memungkinkan perusahaan untuk mengirimkan pesan secara langsung kepada banyak orang secara masif. Fitur ini mungkin sudah dikenal oleh sebagian orang, tetapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan yang tidak banyak orang ketahui.

Pada dasarnya, terdapat keterbatasan saat melakukan WhatsApp Blast atau pesan siaran pada WhatsApp Business biasa, yaitu hanya dapat dilakukan kepada maksimal 256 kontak. Selain itu, jumlah agen yang dapat mengakses akun juga dibatasi. Oleh karena itu, WhatsApp Business biasa lebih cocok digunakan untuk bisnis dalam skala kecil. Sementara itu, bisnis dalam skala besar yang telah memiliki legalitas dapat mengakses fitur WhatsApp Blast tanpa batasan menggunakan WhatsApp Business API (Application Programming Interface). API ini mengacu pada platform dapat terintegrasi dengan platform lain untuk memaksimalkan interaksi dengan pelanggan dalam jangkauan yang lebih luas.

Manfaat WhatsApp Blast untuk Bisnis

Memanfaatkan WhatsApp Blast untuk menyebarkan informasi dan mengelola interaksi akan membawa beragam keuntungan. Beberapa di antaranya mencakup:

  • Sistem Berkomunikasi Secara Langsung

Dengan kemampuan untuk mengirim pesan langsung tanpa batasan jumlah, perusahaan dapat mencapai audiens yang lebih luas melalui fitur ini. Selain itu, mereka juga dapat mengirimkan pesan dengan mempertimbangkan segmentasi pasar dan kelompok yang telah ditetapkan sebelumnya.

  • Meningkatkan Engagement Pelanggan

Engagement pelanggan yang meningkat dan positif akan memberikan keuntungan pada perusahaan. Hal ini berpengaruh pada brand loyalty dan peningkatan profit. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mempergunakan WhatsApp Blast.

  • Mengurangi Biaya Operasional

Menggunakan pengiriman pesan massal akan mengurangi biaya operasional apabila dibandingkan dengan melakukan promosi dengan cara tradisional. Biaya operasional yang dapat dihemat ini berpengaruh pada sistem operasional bisnis lainnya.

  • Personalisasi Konten

Konten yang disesuaikan dengan kebutuhan individu akan meningkatkan hubungan antara pelanggan dan perusahaan. Interaksi yang personal dapat meningkatkan keinginan pelanggan untuk membeli dan menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

  • Keberagaman Media

Perusahaan dapat menggunakan WhatsApp Blast untuk menyebarkan informasi dengan berbagai macam media. Seperti pesan instan, gambar, video, dokumen, hingga template yang dapat diatur sesuai dengan strategi pemasaran yang sudah ditentukan perusahaan. Dengan keberagaman ini, pesan yang disebarkan terkesan sangat kreatif dan variatif, juga menarik perhatian.

Baca Juga: Strategi Mengelola Bisnis Kecantikan dengan WhatsApp Business API 

Implementasi WhatsApp Blast untuk Tingkatkan Strategi Pemasaran

Perusahaan dapat menggunakan fitur WhatsApp Blast untuk meningkatkan strategi pemasaran. Beberapa cara implementasinya yaitu sebagai berikut:

  • Informasi Produk dan Layanan Terbaru

Perusahaan perlu menyebarkan informasi secara langsung dan menyeluruh mengenai produk atau layanan terbaru. Dengan menyebarkan informasi melalui WhatsApp Blast, pelanggan akan terus menerima informasi paling up-to-date yang akan meningkatkan keinginan pelanggan untuk bertransaksi.

  • Penyebaran Feedback atau Survei

Perusahaan membutuhkan opini pelanggan untuk proses pengembangan produk dan layanan yang disediakan perusahaan. Untuk mempermudah penerimaan feedback, perusahaan dapat menggunakan WhatsApp Blast melalui penyebaran survei.

  • Penawaran Diskon atau Voucher 

Penawaran diskon atau voucher ampuh untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Pelanggan akan tergiur untuk melakukan transaksi apabila menerima berbagai macam diskon atau voucher. Dengan menyebarkan informasi melalui WhatsApp Blast, jangkauan pelanggan akan lebih luas. Sehingga, profit perusahaan akan meningkat.

Syarat dan Ketentuan Pengoperasian WhatsApp Blast

Untuk dapat mengoperasikan WhatsApp Blast unlimited tersebut, pelaku bisnis perlu mendaftarkan bisnisnya ke WhatsApp Business API. Akan tetapi, terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan yang perlu dilengkapi bagi perusahaan, yaitu sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, cek cara menemukannya di sini: Find your business ID

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Persyaratan selanjutnya, jenis bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Untuk penjelasan lengkapnya, dapat dilihat di tautan berikut ini: https://business.whatsapp.com/policy 

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Setelah persyaratan-persyaratan sebelumnya dilengkapi, Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Providor. Salah satunya adalah Ivosights, partner resmi layanan WhatsApp Business API di Indonesia.

Baca Juga: Simak 7 Kelebihan WhatsApp Business

Tertarik Menggunakan WhatsApp Blast? Segera Hubungi Ivosights!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis Anda, salah satunya adalah WhatsApp Blast. Dengan Ivosights, Anda dapat mendaftarkan bisnis, perusahaan, atau institusi Anda untuk bergabung pada WhatsApp Business API. Ivosights merupakan business provider solution di Indonesia yang menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Platform ini juga dilengkapi dengan dashboard WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami