Panduan WhatsApp Blast: Langkah Optimalisasi Promosi

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 01 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Telusi cara menggunakan WhatsApp Blast sebagai langkah optimalisasi promosi melalui artikel ini!"

Mengandalkan media sosial saja untuk sarana penyebaran informasi terkadang tidaklah cukup. Oleh karena itu, pelaku bisnis perlu mencari cara lain supaya informasi dapat diterima secara langsung oleh pelanggan. Salah satu cara mudah yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan WhatsApp Blast.

Apa itu WhatsApp Blast?

WhatsApp Blast merupakan salah satu fitur di WhatsApp Business API yang memungkinkan perusahaan untuk menyebarkan pesan atau informasi secara massal tanpa batasan kontak. Hal ini berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang hanya memperbolehkan penyebaran pesan ke 256 kontak. Oleh karena itu, bisnis dengan skala menengah dan besar yang sudah memiliki legalitas bisnis lebih disarankan untuk menggunakan WhatsApp Business API. API di sini mengacu pada Application Programming Interface atau sistem yang memungkinkan proses integrasi antar program sekaligus. Integrasi tersebut bertujuan supaya pengguna WhatsApp Business API dapat berkomunikasi secara optimal dengan menyediakan sistem contact center yang komprehensif.

Manfaat WhatsApp Blast untuk Kesuksesan Bisnis

Penggunaan WhatsApp Blast menuai berbagai macam keuntungan dan manfaat untuk para penggunanya. Beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Memperluas Cakupan Audiens

WhatsApp Business API memungkinkan perusahaan untuk menyebarkan pesan tanpa batasan kontak. Hal ini tentu menguntungkan bagi perusahaan yang ingin menjangkau audiens yang lebih luas daripada sebelumnya. Sehingga, perusahaan dapat menjangkau audiens baru sekaligus memperkuat hubungan dengan audiens lama.

  • Penyebaran Informasi Secara Langsung

Penyebaran informasi melalui media sosial seperti Instagram, X, atau Facebook tidak menjamin informasi tersebut dapat diterima secara langsung dan bersifat efisien. Sementara melalui WhatsApp Blast, pesan yang diterima akan bersifat lebih personal dan pelanggan akan langsung menerima pesan secara pribadi. Hal ini ampuh bagi perusahaan yang ingin memastikan informasi terkait produk dan layanan atau tawaran diskon diterima oleh jangkauan audiens secara luas.

  • Memudahkan Analisis dan Pengukuran Kinerja Karyawan 

WhatsApp Business API memudahkan perusahaan untuk dapat menganalisis performa WhatsApp Blast secara real-time melalui broadcast dashboard. Sementara itu, secara keseluruhan perusahaan juga dapat melihat status pengiriman pesan (sent, delivered, read, failed) melalui dasbor reporting. Analisis dan laporan yang lengkap dan mudah diakses ini akan memudahkan perusahaan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawannya.

  • Personalisasi Konten

WhatsApp Blast memudahkan perusahaan untuk menyediakan konten dan informasi yang dipersonalisasi secara khusus. Personalisasi pesan ini akan menciptakan kesan ‘dekat’ antara brand dan pelanggannya. Hubungan dan interaksi unik yang dapat dimaksimalkan ini akan membuat pelanggan sulit untuk beralih pada brand lain sehingga meningkatkan kecenderungan untuk melakukan repeat order atau pembelian secara berulang.

Baca Juga: Strategi Mengelola Bisnis Kecantikan dengan WhatsApp Business API 

Cara Menggunakan WhatsApp Blast

Berikut merupakan panduan yang dapat dilakukan bagi pelaku bisnis yang ingin menggunakan WhatsApp Blast:

  • Mendaftar ke WhatsApp Business API

Untuk menggunakan WhatsApp Blast, perusahaan perlu mendaftarkan bisnisnya pada WhatsApp Business API dengan menggunakan jasa WhatsApp Business Solution Provider. Pada umumnya, perusahaan dapat mendaftar secara langsung melalui Meta. Akan tetapi, untuk mendapatkan asistensi dan panduan secara komprehensif mengenai teknis dan strategi komunikasi, perusahaan dapat menghubungi solution provider.

Terdapat beberapa syarat yang dapat dipenuhi oleh bisnis sebelum mendaftar pada WhatsApp Business API:

1. Legalitas bisnis. Perusahaan perlu menyiapkan legalitas bisnis. Dikarenakan WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.

2. Kepemilikan Situs Web dan E-Mail. Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

3. ID Facebook Business Manager. Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, cek cara menemukannya di sini: Find your business ID

4. Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy. Persyaratan selanjutnya, bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Untuk penjelasan lengkapnya, dapat dilihat di tautan berikut ini: https://business.whatsapp.com/policy 

  • Membuat Daftar Kontak atau Database Pelanggan

Selanjutnya, perusahaan dapat membuat daftar kontak berdasarkan dari database yang dimiliki. Hal ini berguna untuk memudahkan perusahaan untuk mengirimkan pesan di WhatsApp Blast secara lebih cepat.

Baca Juga: WhatsApp Business vs Whatsapp Business API, Apa Bedanya?

  • Membuat Template Pesan

Perusahaan dapat menyiapkan template pesan terlebih dahulu. Template ini dapat diisi dengan pesan berupa informasi produk atau layanan, informasi mengenai campaign, tawaran, diskon, dan lainnya. Tak hanya itu, perusahaan dapat membuat pesan yang dapat dipersonalisasi untuk membangun kedekatan bersama pelanggan.

  • Mengirimkan Pesan

Setelah membuat template, perusahaan dapat langsung menyebarkan pesan melalui broadcast dashboard

  • Pemantauan Pesan

Setelah pesan terkirim, alangkah lebih baiknya untuk perusahaan supaya memantau performa WhatsApp Blast tersebut dan memantau status pesan (sent, delivered, failed, read). Pemantauan ini dapat dilihat melalui dasbor reporting pada WhatsApp Business API.

Tertarik Gunakan WhatsApp Blast Sebagai Sarana Promosi? Segera Hubungi Ivosights!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis Anda, salah satunya adalah WhatsApp Blast. Dengan Ivosights, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda untuk bergabung pada WhatsApp Business API. Ivosights merupakan business provider solution di Indonesia yang menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Platform ini juga dilengkapi dengan dashboard WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami