8 Upaya Meningkatkan Strategi Pemasaran Bisnis dengan WA Centang Hijau

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 26 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WA Centang Hijau. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - WA Centang Hijau. Shutterstrock

"Baca artikel ini untuk mendapatkan tips meningkatkan strategi pemasaran bisnis dengan WhatsApp business verified atau WA centang hijau."

WhatsApp telah menjadi alat komunikasi yang vital dalam strategi pemasaran bisnis, terutama dengan fitur WA centang hijau yang menandakan pesan telah dibaca. Artikel ini akan membahas delapan upaya efektif untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda menggunakan WA centang hijau. Dari penggunaan pesan teks hingga pengiriman promosi yang tepat waktu, memanfaatkan WhatsApp dengan bijak dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan konversi penjualan. Mari eksplorasi bagaimana Anda dapat memanfaatkan WA centang hijau untuk mengoptimalkan strategi pemasaran bisnis Anda.

Mengenal WA Centang Hijau

Akun WA centang hijau adalah akun WhatsApp Business yang telah melalui proses verifikasi resmi oleh Meta. Dengan verifikasi ini, pelanggan dapat dengan mudah mengidentifikasi akun WhatsApp Business resmi dari yang tidak resmi. Hal ini menjamin kelancaran dan tanpa hambatan dalam interaksi antara kedua belah pihak. Akan tetapi, tidak semua bisnis dapat mendapatkan akun WA centang hijau. Bisnis perlu mendaftar ke WhatsApp Business API. Berbeda dari akun WhatsApp Business biasa, API (Application Programming Interface) memungkinkan integrasi akun WhatsApp Business dengan platform lain seperti CRM (Customer Relationship Management) atau digital monitoring tools. Akun WhatsApp Business API dirancang untuk bisnis menengah hingga besar dan membutuhkan legalitas bisnis yang sah.

Baca Juga: 9 Manfaat WA Centang Hijau dalam Mendukung Kredibilitas Bisnis 

Strategi Optimalisasi Pemasaran dengan WA Centang Hijau

  • Bangun Kepercayaan dengan WA Centang Hijau

WA centang hijau atau WhatsApp Business verified memungkinkan perusahaan untuk membedakan bisnisnya dengan perusahaan lain. Verifikasi ini bermanfaat untuk tingkatkan kredibilitas dan membantu meyakinkan pelanggan untuk berkomunikasi dengan akun asli bisnis. Selain itu, perusahaan dapat mempromosikan akun WA centang hijau melalui media sosial, E-Mail, atau situs web supaya pelanggan mengetahui status verifikasi akun Anda.

  • Lakukan Personalisasi Komunikasi

Personalisasi komunikasi dapat membantu perusahaan menciptakan kedekatan atau bond bersama pelanggan. Anda dapat menggunakan segmentasi pelanggan berdasarkan perilaku, preferensi, dan riwayat pembelian. WA centang hijau dapat memudahkan Anda untuk menyesuaikan segmen tersebut untuk meningkatkan relevansi pemasaran.

  • Lakukan Otomatisasi Layanan Pelanggan

WA centang hijau memungkinkan perusahaan untuk mengurangi beban kerja karyawannya. Hal ini disebabkan oleh WhatsApp Business API yang dilengkapi berbagai fitur menarik yang dapat memfasilitasi operasional bisnis. Salah satu contohnya adalah chatbot yang dapat digunakan untuk menangani pertanyaan umum, memberikan tanggapan instan, dan memastikan dukungan pelanggan selama 24 jam.

  • Gunakan Pesan Interaktif dan Media yang Beragam

Perusahaan dapat membuat pesan menjadi interaktif dengan menggunakan berbagai media yang disediakan pada WhatsApp Business API. Seperti keberagaman format gambar, video, dan pesan audio. Menyediakan pesan dengan media yang beragam dan interaktif dapat menarik perhatian pelanggan. Sehingga, upaya pemasaran bisnis dapat menambah lebih banyak audiens.

  • Buat Survei dan Penghimpunan Feedback Pelanggan

WA centang hijau pada umumnya menyediakan fitur blasting atau penyebaran pesan secara massal tanpa batasan kontak. Dengan fitur WhatsApp Blast, perusahaan dapat menyebarkan survei untuk meminta feedback pada pelanggan mengenai sistem promosi atau pemasaran yang dilakukan perusahaan. Feedback ini dapat membantu perusahaan memahami kebutuhan pelanggan, sehingga dapat meningkatkan layanan.

  • Integrasi Platform Lainnya

Keuntungan memiliki akun WA centang hijau adalah kemungkinan untuk mengintegrasikan sistem dengan software lainnya, seperti CRM atau digital monitoring tools. Sistem integrasi ini dapat membantu menyederhanakan manajemen data pelanggan dan juga membantu melacak kinerja kampanye pemasaran.

  • Mengarahkan Komunikasi ke Saluran Lainnya

Upaya pemasaran lain yang dapat dilakukan menggunakan WA centang hijau adalah dengan melakukan saluran promosi silang. Hal ini mengacu pada mempromosikan situs atau saluran lain melalui WhatsApp. Situs yang dimaksud dapat berupa situs web atau saluran media sosial.

  • Menjalankan Kampanye Eksklusif WhatsApp

Perusahaan dapat menggunakan WA centang hijau untuk membuat kampanye pemasaran eksklusif seperti tawaran diskon, promosi eksklusif, atau kontes dan haidah yang hanya disediakan melalui WhatsApp. Dengan cara tersebut, perusahaan dapat sekaligus meningkatkan keterlibatan pelanggan dan menarik pelanggan baru. 

Baca Juga: Simak Syarat-Syarat Mendapatkan WA Centang Hijau 

Ajukan WA Centang Hijau untuk Bisnis Anda dengan Bantuan Ivosights!

Apabila Anda tertarik memiliki akun WA centang hijau, Anda dapat mendaftarkannya melalui Ivosights. Ivosights adalah WhatsApp Business Solution Provider dan mitra resmi API WhatsApp Business di Indonesia, yang menawarkan perhitungan jelas dan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Proses registrasi API WhatsApp Business di Ivosights membutuhkan waktu 5-7 hari kerja, dan 2-3 hari kerja tambahan untuk pendaftaran nomor serta nama tampilan resmi WhatsApp Business. API WhatsApp Business yang ditawarkan oleh Ivosights dilengkapi dengan dasbor yang komprehensif untuk pengiriman pesan, serta dasbor integrasi CRM dengan fitur laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk memulai langkah pertama menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami