Kenali Bisnis-bisnis yang Membutuhkan Teknologi Voice Bot

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 16 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Chat bot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Chat bot. Shutterstock.

"Kecanggihan teknologi melahirkan banyak manfaat bagi bisnis dimulai dari efisiensi, produktivitas, hingga analisis data yang akurat"

Saat ini layanan digital sudah menjamur dan menjadi kebutuhan setiap bisnis dan perusahaan. Selain memanfaatkan media sosial, perusahaan juga menggunakan taktik jitu di bidang teknologi. Kecanggihan teknologi melahirkan banyak manfaat bagi bisnis dimulai dari efisiensi, produktivitas, hingga analisis data yang akurat. Teknologi banyak membantu bisnis demi pemasaran yang baik juga. Saat ini jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi mampu untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang dapat membantu mengambil keputusan bisnis yang lebih baik. Misalnya, dengan menggunakan software analitik, bisnis dapat mengumpulkan data tentang kebiasaan belanja pelanggan dan menggunakannya untuk meningkatkan strategi pemasaran.

Ada beberapa teknologi terbaru yang selalu digunakan oleh para pebisnis demi memudahkannya mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus. Akan tetapi, pada artikel ini kita akan membahas khusus tentang teknologi voice bot, mulai dari pengertian, cara kerja hingga bisnis-bisnis yang paling membutuhkan teknologi ini. Apakah kamu penasaran dengan fakta-fakta menarik lainnya? Simak terus artikelnya sampai selesai, ya!

Pengertian Voice Bot

Voice bot, atau sering disebut sebagai chat bot atau virtual assistants, adalah program yang dapat memahami dan menanggapi pertanyaan atau perintah yang diberikan melalui suara. Mereka biasanya digunakan untuk membantu tugas-tugas seperti menjawab pertanyaan, memberikan informasi, atau melakukan tugas-tugas sederhana seperti mengirim pesan atau memesan makanan.

Dalam pengertian lain, voice bot dikenal sebagai sebuah perangkat lunak yang didukung denagn kepintaran buatan yakni artificial intelligence yang dapat membantu penelepon berkomunikasi layaknya manusia biasa apalah itu semua hanyalah sistem suara interaktif bautan yang dapat merespons secara alami.

Cara Kerja Voice Bot

Dengan kecanggihan ini tentunya kamu penasaran dengan cara kerja voice bot, bukan? Pada artikel ini selain kamu akan mengetahui deretan jenis bisnis yang membutuhkan voice bot, kamu juga akan mengetahui alur cara kerjanya, lho! Berikut ini adalah penjelasan sederhana mengenai cara kerja voice bot!

Untuk menggunakan voice bot, pertama-tama pengguna harus mengaktifkan fitur suara pada perangkatnya dan kemudian memberikan perintah atau pertanyaan melalui suara. Voice bot akan mendengarkan perintah atau pertanyaan tersebut dan menggunakan teknologi pengenalan suara untuk mengidentifikasi apa yang sedang dikatakan pengguna. Kemudian, voice bot akan menggunakan algoritma natural language processing untuk memahami makna dari apa yang dikatakan pengguna dan menentukan tindakan yang harus diambil.

Setelah memahami apa yang diminta pengguna, voice bot akan mengambil tindakan yang sesuai, misalnya dengan memberikan jawaban atau dengan mengirim pesan kepada orang lain. Voice bot juga dapat menggunakan database yang terkoneksi untuk mencari informasi tambahan yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan atau melakukan tugas yang diminta.

Voice bot dapat digunakan melalui aplikasi pada perangkat seluler atau melalui perangkat elektronik rumah tangga seperti smart speaker. Mereka juga dapat diintegrasikan dengan sistem operasi komputer atau mesin telepon untuk membantu dengan tugas-tugas seperti mengatur jadwal atau mengirim pesan.

Bisnis yang Membutuhkan Voice Bot

Setelah mengenal pengertian dan cara kerjanya, mungkin kamu sudah memiliki gambaran akan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh teknologi voice bot ini. Lantas, kapankah kita harus memanfaatkan keunggulan dari voice bot ini?

Voice bot sendiri dapat digunakan dalam berbagai bisnis untuk membantu dengan tugas-tugas seperti menjawab pertanyaan pengguna. Dengan kata lain, voice bot pastinya akan sangat berguna untuk dipakai dalam berbisnis. Jika digunakan, voice bot bisa memberikan informasi tentang produk atau jasa, atau melakukan transaksi.

Nah, di bawah ini adalah beberapa contoh bisnis yang sangat membutuhkan voice bot:

  • Layanan pelanggan: voice bot dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan pelanggan tentang produk atau jasa, menyediakan informasi tentang pengiriman atau pembayaran, atau mengelola tiket dukungan.
  • Perusahaan teknologi: voice bot dapat digunakan untuk membantu dengan instalasi perangkat lunak atau hardware, menjawab pertanyaan tentang fitur produk, atau mengelola tiket dukungan.
  • E-commerce: voice bot dapat digunakan untuk membantu pelanggan dengan memesan produk atau mengelola pesanan, menyediakan informasi tentang stok produk atau pengiriman, atau mengelola tiket dukungan.
  • Layanan finansial: voice bot dapat digunakan untuk membantu pelanggan dengan transaksi keuangan seperti mengecek saldo atau mengelola rekening, atau menyediakan informasi tentang produk keuangan seperti kartu kredit atau rekening tabungan.
  • Layanan kesehatan: voice bot dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang kondisi kesehatan atau obat-obatan, mengelola jadwal kunjungan ke dokter, atau menyediakan saran tentang cara mengelola masalah kesehatan.
  • Layanan transportasi: voice bot dapat digunakan untuk membantu pelanggan dengan memesan tiket transportasi atau mengelola pemesanan, menyediakan informasi tentang jadwal dan rute, atau mengelola tiket dukungan.

Voice bot dapat digunakan dalam berbagai jenis bisnis lainnya juga, tergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis. Untuk bisnis digital tentunya voice bot banyak digunakan aktif pada contact center. Oleh sebab itu jika kamu ingin memakai teknologi voice bot, pastikan kamu menggunakannya pada contact center.

Dapatkan Teknologi Voice Bot Terdepan di Ivosights

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui dari voice bot. Kelebihan-kelebihannya pasti membuat kamu mengerti bahwa voice bot menjadi suatu keunggulan yang sebaiknya dimiliki di dalam contact center perusahaan. Nah, untuk kamu yang sedang mencari solusi contact center terbaik untuk perusahaanmu, kamu bica percayakan pada Ivosights!

Ivosights menginovasikan Sociomile sebagai salah satu solusi terbaik contact center perusahaanmu. Dengan menggunakan Sociomile, kamu dapat mengakses fitur canggih seperti chat bot dengan artificial intelligence, pemantauan suara pelanggan secara real-time, sistem penugasan otomatis, dan integrasi dengan aplikasi CRM untuk mengelola interaksi pelanggan secara efektif. Dengan teknologi-teknologi terbaru yang memungkinkan kamu mendapat fasilitas dan sistem terbaik, ayo segera gunakan Sociomile dan rasakan manfaatnya untuk bisnis kamu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami