Maksimalkan Teknologi Voice Recognition di Layanan Voicebot

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 03 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock

"Teknologi voice recognition yang diaplikasikan dengan optimal akan memberikan sejumlah manfaat bagi layanan voicebot"

Teknologi voice recognition semakin menjadi hal yang paling utama diperhatikan dalam pengembangan layanan voicebot. Dengan bantuan voice recognition atau pengenalan suara, perangkat dapat mengenali dan memahami perintah suara yang diberikan oleh manusia penggunanya. Secara lebih lengkapnya, artikel di bawah ini akan membahas mengenai pengertian voice recognition, manfaat penggunaannya dalam layanan voicebot, tantangan dan kendala yang muncul dalam implementasinya, serta solusi untuk menghadapi kendala tersebut.

Simak Pengertian dari Voice Recognition

Voice recognition adalah sebuah teknologi yang menggunakan algoritma dan model AI untuk mentransformasikan suara manusia menjadi teks yang dapat dipahami oleh mesin. Berkat teknologi ini, voicebot dapat mengenali perintah, pertanyaan, dan permintaan suara pengguna, serta memberikan respons yang relevan sesuai dengan apa yang diinginkan penggunanya. Untuk meningkatkan pemahamannya dalam mengenali suara, voice recognition menggunakan teknik pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing) dan pembelajaran mesin (Machine Learning).

Manfaat Penggunaan Voice Recognition di Layanan Voicebot

Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan voice recognition dalam voicebot:

  • Peningkatan pengalaman pengguna

Dengan menggunakan voice recognition, pengguna dapat berinteraksi dengan voicebot menggunakan suara mereka sendiri. Dengan ini, pengguna akan mendapatkan pengalaman yang lebih intuitif, nyaman, dan cepat dibandingkan dengan menggunakan tampilan visual pada layar berupa teks atau tombol-tombol.

  • Efisiensi dan produktivitas

Voice recognition dapat membantu melakukan tugas-tugas dengan cepat dan efisien melalui perintah suara. Misalnya, dalam bentuk pengiriman pesan, melakukan panggilan, mencari informasi, atau mengatur jadwal penggunanya. Produktivitas akan meningkat sekaligus menghemat waktu pengguna.

  • Aksesibilitas yang lebih luas

Voice recognition dapat meningkatkan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Dengan menggunakan perintah suara, individu dapat dengan mudah berinteraksi dengan voicebot serta mengakses layanan dan informasi yang dibutuhkan.

  • Personalisasi yang lebih baik

Kemudian, voice recognition membuat voicebot dapat mengenali dan memahami suara pengguna. Dengan demikian, voicebot dapat memberikan pengalaman personal dan disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan penggunanya.

Baca juga: Voicebot, Fitur Kecerdasan Buatan yang Mempermudah Komunikasi

Tantangan dan Kendala dalam Implementasi Voice Recognition di Layanan Voicebot

Meskipun penggunaan voice recognition memberikan sejumlah manfaat yang signifikan, ada beberapa tantangan dan kendala yang harus Anda dihadapi, yaitu sebagai berikut:

  • Akurasi dan pemahaman suara

Salah satu tantangan utama dalam implementasi voice recognition adalah akurasi dan pemahaman suara yang optimal, walaupun adanya aksen, intonasi, dan variasi suara yang kompleks.

  • Keterbatasan perintah dan konteks

Voicebot dapat memiliki keterbatasan dalam memahami perintah atau konteks yang kompleks, seperti contohnya perintah yang menggunakan bahasa sehari-hari, ungkapan kiasan, atau perintah yang membutuhkan pemahaman konteks secara mendalam. 

  • Keterbatasan dalam pengenalan suara

Terkadang, voice recognition akan kesulitan untuk mengenali suara pengguna dengan akurasi yang tinggi. Faktor-faktor seperti kebisingan latar belakang, kualitas mikrofon, atau kondisi suara pengguna yang tidak jelas dapat mempengaruhi pengenalan suara. 

Solusi Menghadapi Kendala dalam Implementasi Voice Recognition di Layanan Voicebot

Untuk mengatasi tantangan dan kendala dalam implementasi voice recognition di layanan voicebot, berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda terapkan:

  • Pelatihan model AI yang terus-menerus

Dengan mengadakan pelatihan yang terus-menerus dengan data suara yang berkualitas tinggi, model AI agar dapat akan terlatih untuk dapat mengenali dan memahami suara dengan lebih baik.

  • Penggunaan teknologi NLP yang canggih

Penerapan teknologi Natural Language Processing yang canggih akan membantu voicebot untuk memahami perintah suara pengguna, bahkan dalam konteks yang cukup kompleks. Bukan hal yang mustahil juga bagi voicebot untuk dapat mengenali penggunaan bahasa sehari-hari, maupun kiasan.

  • Penyesuaian penggunaan dan pelatihan Voicebot

Voicebot perlu disesuaikan dan dilatih sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Lakukan identifikasi penggunaan khusus dan konteks di mana voicebot akan digunakan, kemudian latihlah dan optimalkan sistem untuk meningkatkan akurasi dan pemahaman suara yang lebih baik dalam konteks tersebut.

  • Pengujian dan evaluasi yang berkala

Terakhir, lakukan uji coba dan evaluasi secara rutin untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang muncul dalam penggunaan voice recognition. Pertimbangkan sejumlah feedback umpan balik dari pengguna, lakukan uji coba dengan skenario yang berbeda, dan tingkatkan sistem voicebot berdasarkan hasil evaluasi tersebut.

Baca juga: Tips Mengintegrasikan Voicebot dengan Saluran Lain pada Contact Center

Gunakan Layanan Sociomile untuk Mendukung Operasional Agen Layanan Pelanggan Perusahaan Anda!

Penggunaan teknologi voice recognition dalam layanan voicebot menawarkan berbagai manfaat yang signifikan, termasuk meningkatkan pengalaman pengguna, efisiensi, aksesibilitas, dan personalisasi. Meskipun besar kemungkinannya Anda akan mengalami tantangan dan kendala dalam implementasinya, terapkan berbagai solusi di atas untuk mengatasi kendala tersebut.

Ingin menunjang kualitas pelayanan pelanggan perusahaan Anda? Lakukan kerjasama dengan perusahaan kami, Ivosights sekarang. Kami menyediakan beberapa solusi untuk layanan pelanggan, salah satunya berupa platform CRM Sociomile. Sociomile memiliki beberapa fitur dan modul menarik yang dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, Sociomile juga dilengkapi dengan fitur chatbot dan voicebot call center yang mendukung operasional agen contact center berupa inbound-outbound call. Selain itu, Anda juga dapat mengkustomisasi workflow sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Para agen dapat mengakses Sociomile ini dimana saja berkat teknologi IP PBX Telephony System. Segera tingkatkan interaksi pelanggan dengan perusahaan Anda menggunakan sistem Sociomile sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami