Cara Menyusun Annual Report di Waktu Singkat yang Perlu Kamu Ketahui

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Senin, 19 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Annual report sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola hubungan dengan stakeholder dan mempromosikan kinerja perusahaan kepada publik"

Annual Report ditulis pada akhir tahun fiskal untuk pengguna eksternal, yaitu pihak di luar perusahaan yang tidak memiliki peran atau pengaruh secara langsung pada perusahaan. Annual report adalah laporan yang memuat informasi penting mengenai pencapaian perusahaan dalam satu tahun terakhir. Informasi yang dimaksud adalah keuangan dari kegiatan perusahaan. Laporan ini berisi tinjauan manajemen terhadap kondisi keuangan perusahaan dan target yang akan dicapai kedepannya.

Namun, apa jadinya jika perusahaan Anda membuat annual report dalam waktu yang singkat? Untung mengetahui cara-cara menyusun annual report di waktu singkat, simak artikel ini sampai akhir ya.

Pentingnya Menyusun Annual Report

Annual report perlu disusun karena memberikan informasi penting kepada stakeholder mengenai kinerja perusahaan, termasuk laporan keuangan, aktivitas operasional, dan prospek masa depan perusahaan.

  1. Annual report merupakan sumber informasi yang dapat digunakan oleh investor, kreditur, dan pihak lain untuk memahami kondisi finansial dan operasional perusahaan.
  2. Annual report juga sangat penting karena merupakan salah satu cara untuk meningkatkan transparansi perusahaan dan menunjukkan komitmen perusahaan terhadap tingkat kepatuhan dan akuntabilitas yang tinggi.
  3. Lalu, menyusun annual report berguna bagi perusahaan sehingga dapat menjelaskan kepada stakeholder mengenai strategi bisnis, inisiatif yang sedang dijalankan, dan target yang telah dicapai.
  4. Terakhir, annual report dapat menjadi alat yang berguna bagi perusahaan untuk menarik investor baru dan menjaga kepercayaan investor yang sudah ada.

Oleh karena itu, annual report sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola hubungan dengan stakeholder dan mempromosikan kinerja perusahaan kepada publik.

Cara Menyusun Annual Report di Waktu Singkat

Menyusun annual report dapat menjadi pekerjaan yang rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama jika perusahaan memiliki operasi yang cukup besar dan kompleks. Namun, meskipun demikian, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyusun annual report dalam waktu yang lebih singkat, yaitu:

  • Menyiapkan Dokumen-dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum Anda memulai menyusun annual report, pastikan terlebih dahulu bahwa semua dokumen yang dibutuhkan telah tersedia, seperti laporan keuangan, laporan operasional, dan laporan lainnya yang diperlukan.

  • Menentukan Struktur dan Format Annual Report

Sebelum memulai menyusun annual report, yang perlu Anda pastikan ialah untuk menentukan struktur dan format annual report yang akan digunakan. Ini akan membantu dalam menentukan isi dari annual report dan mempermudah proses penyusunannya.

  • Menugaskan Tim yang Berpengalaman

Menugaskan tim yang terdiri dari anggota yang berpengalaman karena tim ini nantinya akan membantu dalam mempercepat proses penyusunan annual report. Setiap anggota tim harus memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing sehingga proses penyusunan annual report dapat berjalan lancar.

  • Menetapkan Jadwal yang Ketat

Anda perlu sekali untuk menetapkan jadwal yang ketat, karena akan membantu dalam mengatur waktu yang tersedia untuk menyusun annual report dan menghindari terjadinya keterlambatan. Pastikan untuk membuat jadwal yang realistis dan memperhitungkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap tugas.

  • Menggunakan Teknologi dan Alat Bantu yang Tepat

Menggunakan teknologi dan alat bantu yang tepat dapat mempermudah dan mempercepat proses penyusunan annual report. Misalnya, dengan menggunakan software untuk membuat laporan keuangan atau menyusun dokumen secara elektronik.

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, diharapkan proses penyusunan annual report ini dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat. Namun, meskipun demikian, pastikan untuk tidak mengorbankan kualitas annual report demi kecepatan dalam penyusunannya. Karena kualitas annual report harus tetap dijaga agar memberikan informasi yang akurat dan berguna bagi pembaca.

Komponen yang Harus Ada Dalam Annual Report

Annual report memiliki sejumlah komponen yang dapat membantu investor dan kreditur dalam memahami kegiatan yang terjadi dalam suatu perusahaan. Berikut adalah komponen yang harus ada dalam annual report.

  • Surat kepada pemegang saham
  • Catatan manajemen laporan keuangan dan pengendalian internal
  • Sorotan dari tahun ke tahun terkait laporan keuangan dan kondisi keuangan perusahaan
  • Pernyataan auditor terkait laporan keuangan
  • Analisis dan diskusi manajemen
  • Laporan keuangan yang meliputi: neraca (laporan posisi keuangan perusahaan), laporan laba dan rugi, ekuitas untuk pemegang saham, asersi arus kas, catatan laporan keuangan, dan daftar direksi serta komisaris perusahaan.

Butuh Bantuan dalam Menyusun Annual Report?

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk bisnis, Ivosights dapat membantu Anda untuk menyusun annual report. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini, Ivosights siap menghadirkan solusi end-to-end untuk mengelola dan meningkatkan kedekatan perusahaan Anda dengan pelanggan.

Ivosights Comprehensive Analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan Anda dalam pengelolaan dan analisis Big Data. Dengan support dari source yang beragam, analisis mendalam dengan berbagai macam metode, dan pengolahan data yang profesional, Ivosights dapat menyajikan data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat untuk bisnis Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami