Inilah Cara Kerja Voicebot yang Terintegrasi dengan Search Engine

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 14 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock

"Dengan mengintegrasikan voicebot dengan search engine, Anda dapat secara mudah mencari berbagai informasi hanya menggunakan perintah suara"

Dalam era teknologi yang terus berkembang, inovasi di bidang komunikasi memberikan solusi efektif dan praktis dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Salah satu terobosan penting adalah pengembangan voicebot yang terintegrasi dengan mesin pencari atau search engineVoicebot yang merupakan salah satu bentuk implementasi kecerdasan buatan telah mengubah cara manusia berinteraksi dengan berbagai teknologi informasi. Bentuk integrasi yang satu ini menjadi solusi yang cepat dan akurat dalam memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Dengan bantuan voicebot, para pengguna bisa melakukan pencarian di internet menggunakan perintah suara saja.

Pengenalan Teknologi Voicebot

Voicebot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk merespons dan menjawab perintah suara manusia. Voicebot menggabungkan teknologi voice recognition dan natural language processing sehingga memahami dan berinteraksi dengan manusia senatural mungkin.

Kenali yang Dimaksud dengan Search Engine

Search engine adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk menemukan informasi di internet berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh penggunanya. Terdapat banyak macam search engine yang bisa digunakan, salah satu yang paling familiar adalah Google.

Baca juga: 5 Manfaat Mengintegrasikan Voicebot dengan Artificial Intelligence

Sejumlah Manfaat Mengintegrasikan Voicebot dengan Search Engine

Berikut ini sejumlah manfaat mengintegrasikan voicebot dengan search engine:

  • Kemudahan Akses Informasi

Integrasi voicebot dengan search engine memberikan kemudahan untuk penggunanya dalam pengaksesan informasi secara cepat dan mudah. Dengan ini, pengguna voicebot hanya membutuhkan untuk memberikan perintah suara sehingga voicebot akan memberikan hasil pencarian secara instan.

  • Efisiensi Waktu

Dengan menggunakan perintah suara, pengguna dapat melakukan pencarian atau mendapatkan informasi tanpa perlu mengetik. Dengan begitu, waktu dan usaha yang dibutuhkan dalam mencari informasi dapat dikurangi.

  • Aksesibilitas

Teknologi voicebot membantu pengguna dengan keterbatasan fisik untuk mengetik atau berinteraksi dengan perangkat yang mereka miliki, salah satunya adalah handphone.

  • Interaksi yang Lebih Alami

Menggunakan suara untuk berinteraksi dengan search engine terasa lebih alami dan intuitif karena teknologi yang mendukungnya.

Baca juga: Tips Mengintegrasikan Voicebot dengan Saluran Lain pada Contact Center

Langkah-langkah Mengintegrasikan Voicebot dengan Search Engine

Berikut ini adalah langkah-langkah mengintegrasikan voicebot dengan search engine:

  • Pilih Platform Voicebot

Pertama-tama, pilihlah platform atau teknologi voicebot yang akan digunakan untuk mendukung search engine.

  • Perancangan Interaksi

Rancanglah bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan voicebot. Tentukan jenis pertanyaan atau perintah yang dapat dikenali oleh voicebot.

  • Integrasi dengan Search Engine

Voicebot perlu terhubung dengan search engine supaya pelanggan dapat mencari informasi yang diminta oleh pengguna. Pengintegrasian Ini melibatkan penggunaan API yang disediakan oleh search engine.

  • Pelatihan Voicebot

Lakukan pelatihan pada voicebot agar dapat mengenali suara dan perintah pengguna dengan akurat. Proses ini melibatkan penggunaan data pelatihan untuk meningkatkan kemampuan speech recognition.

  • Uji Coba dan Pemantauan

Lakukan uji coba chatbot secara intensif untuk memastikan voicebot berfungsi dengan baik.

Cara Kerja Voicebot yang Terintegrasi dengan Search Engine

Inilah cara kerja voicebot yang sudah terintegrasi dengan search engine:

  • Penerimaan Perintah Suara

Ketika pengguna mengucapkan sebuah perintah suara, mikrofon perangkat akan merekam suara tersebut dan mengirimkannya ke layanan voicebot.

  • Natural Language Processing

Voicebot akan menggunakan teknologi NLP untuk menganalisis dan memahami arti dari perintah suara yang diberikan.

  • Pencarian di Search Engine

Setelah memahami perintah suara, layanan voicebot akan melakukan pencarian di search engine berdasarkan kata kunci atau frase yang diterima.

  • Pengembalian Hasil

Terakhir, voicebot akan menerjemahkan hasil pencariannya ke dalam bentuk suara dan mengucapkannya kembali kepada pengguna.

Lakukan Konsultasi Penggunaan Voicebot Anda dengan Kami, Ivosights!

Melakukan pengintegrasian voicebot dengan search engine membuat pencarian di internet jadi semakin optimal. Teknologi ini menghadirkan solusi cepat dan akurat dalam mengakses informasi serta membantu pengguna menghemat waktu dan usaha.

Jika Anda berminat untuk mengoptimalkan potensi voicebot guna mendukung perkembangan perusahaan Anda, silakan konsultasikan kebutuhan Anda kepada kami, Ivosights. Kami menawarkan platform Sociomile, sebuah layanan pusat kontak yang telah mengintegrasikan 13 platform digital untuk memenuhi kebutuhan layanan pelanggan perusahaan Anda.

Tidak hanya itu, Sociomile juga dilengkapi dengan fitur chatbot dan voicebot untuk pusat panggilan, yang akan mendukung aktivitas operasional agen pusat kontak, termasuk panggilan masuk dan keluar. Selain itu, Anda berkesempatan untuk mengadaptasi alur kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Tim agen dapat mengakses Sociomile dari berbagai lokasi berkat teknologi IP PBX Telephony System. Segera tingkatkan interaksi antara perusahaan Anda dengan pelanggan menggunakan Sociomile sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami