Yuk, Intip Cara Kerja Voicebot

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 11 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Voicebot. Shutterstock.

"Voicebot memiliki beberapa cara kerja yang mungkin perlu Anda ketahui. Simak penjelasannya disini"

Perkembangan zaman modern saat ini memang membuat segalanya terasa lebih mudah. Berkembangnya teknologi yang semakin maju dan canggih membuat banyak hal sudah tergantikan dengan kecerdasan buatan. Hal ini membuat banyak masyarakat terbantu, khususnya pada bidang pelayanan yang saat ini sudah memanfaatkan penggunaan kecerdasan buatan dalam menangani para pelanggan. Voicebot merupakan salah satu dari banyaknya perkembangan teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan dalam pemakaiannya. Yuk, simak penjelasan kami mengenai tata cara kerja voicebot. Simak penjelasannya di bawah ini!

Penjelasan Voicebot

Voicebot adalah agen percakapan yang menggunakan kecerdasan buatan dan pemahaman bahasa alami untuk menginterpretasikan maksud dan makna dalam ucapan lawan bicaranya. Kami juga menyebut teknologi ini sebagai 'Percakapan IVR'. Voicebot menggunakan pengenalan dan terjemahan suara input yang biasanya disebut sebagai ucapan-ke-teks bersama mesin teks-ke-ucapan (TTS) untuk memahami ucapan manusia dan merespons menggunakan bahasa sehari-hari.

Ketika Anda memikirkan voicebot, pikiran Anda mungkin langsung beralih ke asisten suara AI seperti Alexa atau Siri. Namun, di dunia layanan pelanggan, respon suara interaktif percakapan (IVR) dengan cepat menjadi salah satu bentuk AI percakapan yang paling banyak digunakan. Sederhananya, IVR percakapan adalah teknologi di balik voicebot, yang memungkinkan penelpon terlibat dengan solusi dengan suara mereka.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Mengapa Teknologi Voice bot Berguna untuk Aplikasi Kitab!

Manfaat Penggunaan Voicebot

  • Menghemat Biaya

Dibandingkan dengan menggunakan jasa atau mengandalkan customer service, teknologi voicebot jauh lebih hemat biaya karena tidak memerlukan biaya yang cukup besar dan hanya perlu melakukan pembayaran di satu waktu.

  • Lebih Cepat dan Efektif

Customer service tentu sangat berguna jika pelanggan memiliki keluhan atau sesuatu yang ingin disampaikan. Namun, penggunaan voicebot akan membuat panggilan jauh lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan customer service.

  • Memaksimalkan Produktivitas Bisnis

Voicebot bukan pengganti agen manusia. Sebaliknya, mereka adalah pelengkap. Bot dapat menangani tugas sederhana dan berulang, membebaskan waktu agen langsung Anda, memungkinkan mereka untuk fokus pada masalah yang lebih kompleks yang memerlukan sentuhan manusia.

Cara Kerja Voicebot

1. Tangkap Masukan

Teknologi pengenalan suara otomatis (ASR) membantu bot menyaring suara yang tidak penting sehingga bot dapat fokus untuk memahami bahasa, maksud, dan aksen lisan pelanggan. Teknologi ini berfungsi sebagai sistem pengenalan pra-ucapan. Ini memecah input vokal pengguna menjadi kelompok informasi yang lebih mudah diproses daripada ucapan manusia yang rumit.

2. Hapus Kebisingan Latar Belakang

Suara sekitar seperti celoteh orang, klakson mobil, dan gangguan lainnya tidak dapat dihindari saat berbicara ke mikrofon. Suara-suara ini dapat mendistorsi informasi yang relevan dalam sebuah pesan. Namun, dengan menggunakan jaringan saraf yang berfungsi mirip dengan otak manusia, AI dapat membedakan antara pesan aktual dan kebisingan latar belakang.

3. Proses Informasi untuk Menemukan Respon yang Logis

Voice bot yang digerakkan oleh AI mengkategorikan data yang disederhanakan untuk memahami setiap elemen sekali lagi. Mereka menggunakan model pemrosesan bahasa alami terlatih dan pemahaman bahasa alami untuk mengidentifikasi makna sebenarnya di balik pesan berdasarkan niat pengguna, sentimen, dan kasus penggunaan khusus industri. Dengan cara ini, bot dapat mempersempit respons yang logis dan efektif.

Baca Juga: Mengenal Interactive Voice Response pada Voice Bot

4. Mengolah Data Menggunakan Teknik Sintaksis dan Semantik

Sistem analisis semantik membantu bot mengenali konteks tersembunyi di balik kalimat dan kata manusia. Secara bersamaan, metode sintaksis meneliti dan mendukung pesan menggunakan aturan tata bahasa.

5. Persempit Jawaban Akhir

Setelah menilai input suara pelanggan, voicebot menjangkau rentang jawaban potensial tertentu. Voice bot kemudian mengevaluasi dan memfilter opsi respons tersebut menemukan opsi yang paling akurat dan objektif memberikan solusi untuk pertanyaan pelanggan.

6. Kirim tanggapan

Voicebot mengubah jawaban yang paling pas menjadi format audio menggunakan sistem text-to-speech. Maksud yang dibuat sebelumnya dan dilatih khusus ini membantu voicebot mengambil percakapan di masa mendatang yang ditinggalkan pelanggan sebelumnya — memastikan interaksi yang mulus dan dipersonalisasi.

Yuk, Andalkan Ivosights untuk Voicebot!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Lebih lanjut, perusahaan atau bisnis yang Anda jalani juga bisa mendapatkan layanan voicebot dari Ivosights, lho! Perkuat bisnis dan rasakan manfaat yang lebih besar dengan penggunaan layanan voice bot yang kami miliki. Segera hubungi call center Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami