Cara Ticketing System Kelola Komplain Konsumen dengan Label Sentiment

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 25 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Ticketing system. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Ticketing system. Shutterstock.

"Ticketing System adalah fitur untuk mengelola komplain pelanggan dengan berupa tiket-tiket. Untuk mengelola tiket yang masuk, Anda dapat menggunakan Label Sentiment"

Di masa bisnis yang semakin kompetitif ini, menjaga kepuasan pelanggan adalah prioritas utama bagi setiap perusahaan. Salah satu aspek penting dalam menjaga kepuasan pelanggan adalah penanganan yang efektif terhadap komplain yang mereka sampaikan. Untuk mempermudah dan meningkatkan efisiensi dalam manajemen komplain konsumen, banyak perusahaan menggunakan ticketing system. Namun, tidak semua tiket yang masuk ke dalam ticketing system adalah komplain negatif, untuk itulah label sentiment ada. Dengan adanya label sentiment, segmentasi dan pengaturan prioritas akan semakin mudah.

Apa itu Ticketing System?

Ticketing system adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan melacak berbagai macam permintaan, pertanyaan, atau komplain yang masuk dari pelanggan. Sistem ini memungkinkan perusahaan untuk mengorganisir dan mengarahkan setiap tiket atau permintaan ke departemen atau individu yang tepat untuk penanganan lebih lanjut. Salah satu fitur yang semakin populer dalam ticketing system adalah label sentiment, ini digunakan untuk mengidentifikasi sentimen atau perasaan apa di balik setiap tiket yang masuk.

Fungsi Label Sentiment di Ticketing System

  • Mengidentifikasi Prioritas Penanganan

Dengan menggunakan label sentiment, perusahaan dapat dengan mudah mengidentifikasi tiket-tiket yang memiliki sentimen negatif atau komplain yang mendesak. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan respon yang cepat dan memastikan pelanggan puas dengan solusi yang diberikan.

  • Meningkatkan Efisiensi Penanganan

Dengan label sentiment, tiket dapat diteruskan ke departemen atau tim yang tepat dan sesuai dengan sentimen yang teridentifikasi. Ini menghindarkan terjadinya keterlambatan atau kebingungan dalam penanganan komplain.

  • Membantu Evaluasi dan Analisis

Data dari label sentiment dapat digunakan untuk melakukan evaluasi dan analisis terhadap jenis komplain yang paling sering muncul, sentimen yang dominan, serta seberapa efektif solusi yang diberikan. Hal ini membantu perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan.

Baca juga: Kenali Filter Ticket dalam Ticketing System Contact Center

Kelebihan Gunakan Fitur Label Sentiment pada Ticketing System

  • Penanganan yang Lebih Tepat Sasaran

Fitur label sentiment memungkinkan tiket diteruskan kepada tim atau departemen yang paling sesuai untuk menanganinya. Ini menghindari pelanggan yang harus mengulang penjelasan masalah kepada berbagai pihak. Dengan begitu mereka akan merasa dimudahkan ketika menggunakan produk Anda.

  • Respon Cepat dan Efisien

Ticketing system dengan sentimen negatif dapat mengatasi komplain mendesak dengan segera. Ini membuat konsumen mendapatkan respon yang cepat, menghindari risiko semakin buruknya situasi.

  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Dengan memberikan respon yang cepat dan penanganan yang tepat, pelanggan akan merasa dihargai dan puas. Ini berdampak positif pada tingkat retensi pelanggan dan reputasi perusahaan.

Cara Ticketing System Kelola Komplain Konsumen dengan Label Sentiment

  • Mengumpulkan Informasi Tiket

Langkah pertama adalah mengumpulkan informasi dari tiket yang masuk, baik melalui email, chat, atau media lainnya. Setiap tiket harus diidentifikasi dan dikategorikan berdasarkan jenis komplain yang diajukan oleh pelanggan. Ini dilakukan untuk mempermudah segmentasi tiket-tiket.

  • Menggunakan Label Sentiment

Setelah tiket teridentifikasi, selanjutnya adalah menerapkan label sentiment. Fitur ini memungkinkan agen customer service untuk menilai sentimen di balik komplain yang diajukan oleh pelanggan. Sentimen ini dapat berupa positif, negatif, atau netral.

  • Pemetaan Tiket dengan Departemen yang Tepat

Setiap tiket dengan label sentiment yang sudah ditentukan dapat diteruskan ke departemen atau tim yang sesuai. Misalnya, tiket dengan sentimen positif dapat diteruskan ke departemen pujian atau testimoni, sedangkan tiket dengan sentimen negatif dapat diteruskan ke tim yang bertanggung jawab atas penanganan komplain.

  • Penanganan Sesuai Prioritas

Tiket dengan sentimen negatif atau komplain yang lebih mendesak dapat diberikan prioritas penanganan yang lebih tinggi. Hal ini membantu perusahaan untuk merespon dengan cepat dan memberikan solusi yang memuaskan kepada pelanggan yang merasa tidak puas. Dengan begitu tingkat kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan Anda akan meningkat.

  • Pemantauan dan Evaluasi

Setelah penanganan selesai, ticketing system juga memungkinkan untuk memantau dan mengevaluasi bagaimana setiap tiket diselesaikan. Hal ini memberikan gambaran tentang efisiensi dalam penanganan komplain dan memberikan data yang berharga untuk perbaikan di masa depan.

Baca juga: Kenali Helpdesk Terbaik untuk Ticketing System

Gunakan Ticketing System dari Ivosights!

Penerapan fitur label sentiment pada ticketing system memberikan banyak manfaat dalam mengelola komplain pelanggan. Dengan mengidentifikasi sentimen di setiap tiket, perusahaan dapat memberikan penanganan yang lebih efektif dan cepat. Kecepatan respon dan solusi yang tepat akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga citra perusahaan yang lebih baik. Oleh karena itu, memilih ticketing system yang memiliki fitur label sentiment adalah langkah yang bijak dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Contoh ticketing system yang memiliki fitur label sentiment adalah ticketing system Sociomile dari Ivosights.

Ticketing system dari Ivosights mampu memberikan banyak Label Sentiment positif ataupun negatif. Dengan begitu Anda dapat mengelola dan melakukan segmentasi dengan mudah terhadap tiket yang masuk. Tak hanya label sentiment, ticketing System dari Ivosights juga memiliki fitur lainnya, yaitu kemampuan integrasi dengan 12 platform lain, seperti Instagram, WhatsApp, Telegram, Email, dan masih banyak lagi. Ini dapat membuat mudah agen untuk menjawab setiap komplain yang masuk dari berbagai platform dari satu dashboard.

Ticketing system dari Ivosights juga memungkinkan untuk diintegrasikan dengan digital listening tools bernama Ripple10. Dengan begitu Anda dapat mencari komplain pelanggan yang bertebaran di dunia internet dan langsung menanggapinya, ini dapat mencegah isu negatif berkembang dan semakin membesar. Masih banyak fitur-fitur lainnya dari ticketing system Ivosights, inilah yang membuatnya lebih unggul daripada ticketing system kompetitornya. Jika Anda tertarik atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi tim Ivosights segera dan dapatkan ticketing system-nya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami