Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan dengan Telesurvey!

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 15 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Telesurvey merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Simak penjelasan lebih lengkapnya disini"

Telesurvey merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk perusahaan. Kegiatan yang satu ini dimaksudkan untuk melihat tingkatan kepuasan dari pelanggan terhadap produk dan layanan jasa perusahaan. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara berkala oleh perusahaan guna mementingkan brand awareness mereka terhadap masyarakat. Tanpa adanya telesurvey, perusahaan tidak akan mendapat insight terbaru dari pelanggan sehingga harus selalu update terhadap apa yang pelanggan pikirkan. Lebih lanjut, tujuan utama dari kegiatan telesurvey ini juga untuk melakukan peningkatan terhadap kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. Bagaimana bisa begitu? Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Telesurvey

Telesurvey merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan tingkat kepuasan pelanggan dengan melalui panggilan telepon. Kalian tentu pernah mendapatkan panggilan dari suatu perusahaan yang membutuhkan jawaban maupun pendapat kalian terhadap suatu produk, bukan? Jika kalian menanggapi kegiatan tersebut berarti kalian adalah bagian dari responden yang telah diriset oleh agen telesurvey.

Kegiatan telesurvey juga merupakan kegiatan yang membutuhkan riset dan data. Tidak sembarang orang akan mendapatkan panggilan telepon, hal ini dikarenakan perusahaan memiliki data dan informasi responden yang sesuai dengan apa yang akan mereka tanyakan nanti di survei. Data-data tersebut akan dipilah dan dikoreksi kembali karena survei yang diadakan harus sesuai dengan minat dan ketertarikan pelanggan.

Baca Juga: Perbedaan Command Center dan Setup Assistant pada WhatsApp Business

Lebih lanjut, telesurvey juga memiliki agen yang akan menelepon pelanggan. Agen-agen telesurvey ini sebelumnya telah dilatih dan diberikan training yang tepat dalam menghadapi pelanggan. Training yang dilakukan pun tidak sebentar, butuh beberapa waktu agar para agen menjadi lebih ahli dan lancar dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Terlebih, biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk agen telesurvey tersebut juga tidak murah karena beberapa pelatihan dilatih oleh agen yang profesional.

Fungsi Telesurvey untuk Bisnis

Seperti yang telah kita ketahui, telesurvey memiliki banyak fungsi untuk perusahaan. Terutama untuk melihat tingkatan kepuasan oleh pelanggan. Berikut ini adalah beberapa fungsi telesurvey untuk bisnis:

  • Memberikan Pengalaman Baru untuk Pelanggan

Salah satu cara untuk membuat pelanggan tertarik dengan produk atau layanan jasa yang perusahaan tawarkan adalah dengan memberikan pengalaman baru untuk pelanggan. Ini bisa dilakukan dalam banyak cara, salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan telesurvey. Kegiatan ini bisa menjadi ajang interaksi yang menarik bagi pelanggan karena agen perusahaan langsung menghubungi mereka.

Pelanggan akan merasa mereka menjadi sebuah objek penting dan menjadi bagian dari perusahaan yang membuat keputusan lewat survei yang ditanyakan. Pengalaman pelanggan inilah yang nantinya akan membuat perusahaan dapat dengan mudah menarik pelanggan setia yang baru serta meningkatkan brand awareness yang membangun di kalangan masyarakat. 

  • Berinteraksi Lebih Dekat dengan Pelanggan

Interaksi yang tepat dan dekat merupakan salah satu cara perusahaan untuk menjual produk atau layanan jasa mereka agar dapat banyak perhatian pelanggan. Masyarakat tentu saja akan lebih memilih produk dan layanan jasa yang sudah sering mereka beli atau sering mendengarnya di publik maupun televisi. Hal ini tentu menjadi sebuah patokan perusahaan agar terlihat lebih bersinar sehingga mampu untuk menyaingi perusahaan saingan.

Untuk itu, dibutuhkan telesurvey untuk melakukan interaksi agar lebih dekat dengan pelanggan. Mengapa begitu? Hal ini karena agen perusahaan dan pelanggan akan melakukan komunikasi dua arah dan agen telesurvey tentunya harus melakukan perkenalan diri sehingga pelanggan akan lebih mengetahui kepada perusahaan mana yang sedang berbincang dengan mereka.

  • Menampung Kritik dan Saran yang Membangun

Tanpa kritik dan saran, perusahaan tidak akan bisa meningkatkan kinerja dan kualitas produk atau layanan jasa yang mereka miliki. Butuh sebuah saran yang membangun agar suatu perusahaan dapat bergerak lebih maju dan mampu menarik banyak keuntungan lain bagi perusahaan itu sendiri. Untuk itu, salah satu fungsi adanya kegiatan telesurvey adalah untuk menampung kritik dan saran yang membangun agar bisa dipilah bagian mana yang perlu diperbaiki dalam sistem perusahaan.

Meningkatkan Kepercayaan dengan Telesurvey

Selain fungsi dan kegunaan yang telah dijabarkan di atas, berikut ini adalah bagaimana kegiatan telesurvey dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan:

  • Memberikan Penjelasan Tentang Produk atau Layanan Jasa Kepada Pelanggan

Salah satu cara bagaimana kegiatan telesurvey mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan cara memberikan penjelasan detail tentang produk atau layanan jasa. Hal ini tentu akan membuat pelanggan mendapatkan pengetahuan baru tentang suatu perusahaan yang memiliki fokus kepada bidang-bidang tertentu. Selain itu, pertanyaan survei yang dilangsungkan untuk mendapatkan jawaban pelanggan terhadap suatu produk yang spesifik tentu akan memberikan kepercayaan kepada pelanggan tentang perusahaan yang mau mendapatkan jawaban tentang suatu produk yang dipakai oleh pelanggan.

Baca Juga: Jenis-jenis Akun Whatsapp Business API

  • Menerima Pendapat Pelanggan

Pelanggan tentu akan sangat merasa dihargai dan tingkat kepercayaan akan meningkat jika kritik dan saran yang mereka katakan bisa diterima. Selain itu, hal ini juga bisa menarik minat pelanggan untuk membeli lagi produk suatu perusahaan karena merasa pendapat yang mereka katakan mau diterima oleh agen telesurvey.

  • Mendengarkan dengan Seksama Apa yang Pelanggan Katakan

Cara mudah untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan mendengarkan secara seksama apa yang pelanggan katakan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa dihargai dan merasa para agen yang menelepon mereka sangat profesional dalam bidang berkomunikasi dengan pelanggan. Untuk itu, agen telesurvey sebaiknya tidak menyela apa yang pelanggan katakan dan mendengarkan dengan baik saat mereka berbicara.

WhatsApp Business untuk Telesurvey? Siapa Takut!

Saat ini, kegiatan telesurvey dengan panggilan telepon sudah sangat jarang ditemui. Hal ini karena banyaknya kendala yang harus perusahaan hadapi saat ingin menjalankan aktivitas ini, beberapa diantaranya adalah biaya operasional telepon konvensional yang cukup mahal serta telah berkembangnya teknologi yang membuat panggilan telesurvey menjadi sangat kuno saat ini. Ada banyak solusi untuk ini, tetapi menggunakan WhatsApp Business adalah pilihan yang terbaik yang bisa perusahaan lakukan untuk mendapatkan jawaban yang memuaskan dari pelanggan. 

Ivosights memiliki layanan WhatsApp Business yang bisa membantu bisnis Anda dalam menjalankan telesurvey. Layanan WhatsApp Business kami memiliki banyak fitur dan kegunaan yang bisa diandalkan untuk melakukan kegiatan telesurvey, beberapa diantaranya adalah: Rich Media (format message), Automatically Push Message, hingga bisa melakukan report terhadap campaign yang Anda jalani melalui pesan. Tunggu apalagi? Yuk, hubungi call center Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami