Tantangan dalam Melakukan Panggilan Telesurvey Pada Zaman Sekarang

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 13 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Telesurvey memiliki perannya tersendiri bagi perusahaan. Berikut ini adalah tantangan dalam melakukan panggilan telesurvey pada zaman sekarang"

Perusahaan sangat bergantung pada pelanggan. Mereka juga sangat mengharapkan feedback positif terhadap produk atau layanan jasa yang perusahaan berikan. Tanpa pelanggan, perusahaan tentu akan rugi dan sulit untuk bersaing dengan perusahaan dan bisnis-bisnis lain untuk maju. Untuk itu, pelanggan memiliki peran penting dan krusial untuk personal branding perusahaan. Untuk itu, perusahaan membutuhkan banyak hal agar pelanggan dapat melihat sisi positif dan memajukan bisnis mereka. Banyak yang bisa perusahaan lakukan untuk ini, beberapa diantaranya adalah memberikan bonus atau potongan harga kepada pelanggan, memberikan harga yang murah, hingga melakukan survei untuk mendapatkan feedback. Selain itu, perusahaan tentu juga ingin melakukan peningkatan terhadap kinerja dan kualitas yang mereka miliki agar semakin banyak pelanggan setia yang bisa mereka dapatkan. Perusahaan bahkan rela untuk mengeluarkan banyak biaya agar mereka bisa mendapatkan penilaian yang baik di mata pelanggan

Apa itu Telesurvey

Telesurvey adalah salah satu bentuk layanan survei yang dilakukan oleh agen telesurvey perusahaan untuk mendapatkan penilaian tentang kepuasan pelanggan serta untuk mendapatkan feedback. Kegiatan ini dilakukan menggunakan panggilan telepon dan para agen telesurvey akan menghubungi pelanggan satu per satu. 

Kegiatan ini biasanya berlangsung dalam beberapa menit dan agen telesurvey akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang perusahaan kepada pelanggan untuk mengetahui sejauh apa pengetahuan mereka tentang perusahaan. Selain itu, agen telesurvey juga akan menanyakan beberapa pertanyaan yang menyangkut nilai pelanggan terhadap produk atau layanan jasa yang telah mereka sebarkan di masyarakat, seperti apakah pelanggan cocok terhadap produk atau layanan jasa tersebut atau tidak.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Agent Telesurvey yang Baik

Lebih lanjut, di akhir survei biasanya agen perusahaan akan menanyakan apakah pelanggan memiliki kritik dan saran atau tidak untuk perusahaan. Tujuan pertanyaan akhir ini adalah untuk menilai apakah kritik dan saran yang diberikan oleh pelanggan bisa diterima atau tidak oleh perusahaan sehingga bisa dipilah kembali untuk menjadi intropeksi agar kualitas produk atau layanan jasa perusahaan kedepannya bisa lebih baik.

Telesurvey biasanya dilakukan dengan menggunakan telepon konvensional yang dimiliki oleh perusahaan. Telepon ini masih digunakan karena sangat berguna untuk menghubungi pelanggan dalam kegiatan ini sehari-hari. Selain itu, agen telesurvey biasanya akan menyortir nomor dan informasi apa saja yang harus dipilih agar mereka bisa mendapatkan responden yang tepat untuk kegiatan ini.

Tantangan dalam Melakukan Panggilan Telesurvey

Meskipun memiliki banyak manfaat, panggilan telesurvey juga memiliki beberapa tantangan yang harus perusahaan hadapi pada masa kini. Apa saja, ya, kira-kira? Berikut ini akan kami jelaskan:

  • Sulit Mendapatkan Responden

Saat ini, kegiatan telesurvey yang menggunakan panggilan cukup sulit untuk mendapatkan responden. Hal ini dikarenakan sudah banyaknya orang yang menganggap kegiatan telesurvey ini adalah kegiatan yang membuang-buang waktu, terutama dengan menggunakan panggilan telepon. Orang akan lebih memilih untuk melakukan survei yang dilakukan secara daring karena selain lebih cepat, waktu mereka juga tidak akan terbuang banyak karena dapat disesuaikan dengan waktu masing-masing. 

Kesulitan dalam mendapatkan responden menjadi tantangan tersendiri untuk perusahaan karena hal ini akan menjadi penghambat bagi tim telesurvey untuk menuntaskan target yang harus mereka dapatkan dalam beberapa waktu. Selain itu, perusahaan juga sulit untuk menilai seberapa banyak tingkat kepuasan yang mereka dapatkan dari pelanggan.

  • Tergantikan Media Sosial

Perkembangan zaman saat ini membuat banyak orang terpaku dan adiktif dengan media sosial. Dengan adanya media sosial, orang dengan mudah melakukan banyak hal di dunia maya dan memudahkan kegiatan sehari-hari seperti berbelanja dan melakukan komunikasi dengan sesama. Hal ini juga membuat mereka mudah untuk melakukan komplain dan memberikan keluhan kepada perusahaan atau pelayanan pemerintahan secara daring.

Banyak perusahaan yang memanfaatkan hal ini untuk mengganti kegiatan telesurvey secara online karena memiliki lebih banyak peminat dan lebih mudah untuk dilakukan. Selain itu, banyak perusahaan yang memiliki akun perusahaan sendiri dari berbagai platform di sosial media yang sudah memiliki banyak pengikut. Akun-akun tersebut bisa perusahaan manfaatkan juga untuk memberikan update perihal produk atau layanan jasa terbaru sebagai bentuk pemasaran yang cukup efektif.

Baca Juga: Intip Tugas dan Manfaat Telesurvey yang Dianggap Remeh

  • Biaya Operasional yang Cukup Mahal

Seperti yang kita ketahui, biaya operasional telepon konvensional memiliki pengeluaran yang cukup besar sehingga banyak perusahaan merasa cukup dirugikan, terutama pada zaman sekarang dimana kegiatan ini sulit untuk mendapatkan responden.

Beralihlah Menggunakan WhatsApp Business!

Perkembangan zaman yang membuat semuanya serba mudah ini mestinya perusahaan manfaatkan sebaik-baiknya! WhatsApp Business menjadi aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan kegiatan telesurvey, lho! Ivosights bisa membantu Anda dalam mendapatkan WhatsApp Business dan memberikan pelayanan terbaik untuk aplikasi ini. Yuk, hubungi call center kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami