Perbandingan Telesurvey dengan Panggilan dan WhatsApp Business

Whatsapp Bussiness API

,

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 09 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Perbedaan yang jelas untuk telesurvey yang menggunakan panggilan suara dan WhatsApp Business memang sangat besar. Yuk, intip penjelasannya disini"

Sebagai pelanggan, kita tentu memiliki masukan dan opini untuk perusahaan. Bukan hanya tentang pengalaman saat membeli produk atau merasakan pelayanan yang diberikan, tetapi opini dan masukan yang kita miliki adalah untuk meningkatkan kualitas perusahaan kedepannya. Beberapa diantara kita bahkan memberikan masukan langsung kepada perusahaan agar bisa menyampaikan pendapat dengan leluasa. Namun, beberapa dari kita tentu memilih untuk memendamnya karena malu atau enggan memberikan masukan secara langsung. Hal ini dapat terlihat dan dimengerti oleh perusahaan, oleh karenanya, mereka biasanya memiliki beberapa survei yang disebarkan secara khusus bagi pelanggan-pelanggan yang setia. Dengan begitu, orang-orang akan lebih terbuka saat ingin menyampaikan opini mereka.

Salah satu cara perusahaan untuk membiarkan  pelanggan untuk memberikan komentar dan masukan adalah dengan melakukan telesurvey. Kegiatan ini biasanya akan dilangsungkan oleh agen telesurvey perusahaan yang akan menghubungi beberapa kandidat responden yang telah mereka sortir untuk dihubungi. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah melihat tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan jasa yang diberikan oleh perusahaan ke masyarakat. Panggilan telepon adalah saluran utama dari kegiatan telesurvey agar bisa terjalani. Biasanya, agen telesurvey melakukan panggilan telepon kepada pelanggan beberapa kali sehari. Panggilan ini berlangsung hanya dalam beberapa menit karena perusahaan membatasi lamanya panggilan untuk menghindari naiknya biaya operasional untuk panggilan tersebut.

Namun, saat ini perusahaan juga memiliki alternatif lain dari panggilan telepon untuk telesurvey, yaitu dengan menggunakan WhatsApp Business. Alternatif yang satu ini juga merupakan satu hal untuk mengikuti perkembangan zaman yang saat ini mengandalkan aplikasi tukar pesan yang memudahkan komunikasi antar sesama. Untuk itu, perusahaan mengubah sistem mereka dan mengalihkan kegiatan telesurvey ini dengan menggunakan WhatsApp Business. 

Baca Juga: 5 Tips Memastikan Responden Jujur dalam Telesurvey

Namun, tentunya ada beberapa perbedaan yang bisa menjadi perbandingan antara menggunakan panggilan suara dan WhatsApp Business untuk melakukan telesurvey. Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai perbandingan telesurvey menggunakan panggilan dan WhatsApp Business. Simak baik-baik, ya!

Perbedaan Menggunakan Panggilan Telepon dan WhatsApp Business

  • Perbandingan Tipe Mengontak

Aktivitas telesurvey yang dilakukan oleh agen perusahaan menggunakan panggilan telepon merupakan tipe menghubungi yang mengharuskan agen telesurvey untuk menghubungi pelanggan satu per satu. Disini, agen perusahaan tidak bisa mengetahui apakah pelanggan yang mereka hubungi sengaja mengabaikan atau tidak dapat menerima panggilan tersebut.

Namun, berbeda dengan mengontak atau menghubungi pelanggan menggunakan WhatsApp Business, perusahaan dapat menghubungi pelanggan lewat pesan yang mereka kirimkan disana. Terlebih, WhatsApp memiliki fitur yang dapat melihat apakah orang yang kita kirim pesan sedang aktif atau tidak. Selain itu, perusahaan juga dapat memantau apakah pesan yang mereka kirim sudah dibaca atau belum.

  • Perbandingan Efektifitas

Selanjutnya, perbandingan yang terlihat antara melakukan telesurvey dengan panggilan telepon dan WhatsApp Business adalah efektifitasnya. Dalam telesurvey pada umumnya, agen telesurvey harus menghubungi pelanggan satu per satu dan menunggu mereka untuk mengangkat panggilan, barulah setelah itu agen perusahaan memutuskan apakah harus menghubungi responden lain atau tidak jika panggilannya tidak diangkat.

Berbeda dengan WhatsApp Business, aplikasi ini memberikan keefektifan yang luar biasa karena dalam menghubungi pelanggan, perusahaan dapat memberikan pesan secara langsung kepada pelanggan dalam satu waktu. Selain itu, fitur-fitur yang ada di dalam WhatsApp Business juga akan memudahkan perusahaan dalam melakukan interaksi dengan pelanggan. Singkatnya, memakai WhatsApp Business lebih efektif dalam menjalankan kegiatan telesurvey dibandingkan melakukannya dengan panggilan telepon.

  • Perbandingan Biaya

Kita semua tahu bahwa telepon yang digunakan kebanyakan oleh agen telesurvey adalah telepon konvensional. Telepon jenis ini memiliki biaya operasional yang cukup besar, terutama jika digunakan oleh perusahaan yang memerlukan untuk menghubungi pelanggan yang cukup banyak dalam sehari sehingga biaya yang dikeluarkan juga sangat besar. Selain itu, biaya yang cukup besar ini juga didukung oleh kabel dan aliran yang digunakan oleh telepon konvensional ini berbeda dengan kabel listrik dan internet.

Selanjutnya, biaya yang digunakan untuk WhatsApp Business dalam kegiatan telesurvey jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya telepon konvensional. WhatsApp Business memiliki fitur dan paket lengkap yang membuat kegiatan ini menjadi lebih murah. Selain itu, penggunaan internet yang memfasilitasi aplikasi ini juga membuat biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan dengan Telesurvey

Fitur-Fitur yang Ada Dalam WhatsApp Business

Jika ingin mengganti kegiatan telesurvey menggunakan WhatsApp Business, tentu perusahaan harus mengetahui fitur-fitur yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa fitur yang ada dalam WhatsApp Business yang bisa memperlancar kegiatan telesurvey:

  • Fitur Verifikasi

Pelanggan tentu akan lebih percaya dan merasa aman untuk menjawab survei yang dikirimkan oleh nomor WhatsApp yang memiliki verifikasi disampingnya. Dalam aplikasi ini, Anda dapat memanfaatkan fitur verifikasi ini untuk melakukan telesurvey agar pelanggan lebih tertarik dan mau menjawab survei yang diberikan.

  • Fitur Automatic Greetings

Tentunya akan menjadi masalah jika perusahaan lupa untuk menambahkan salam pembuka sebelum melakukan survei. Jangan khawatir! WhatsApp Business memiliki fitur automatic greetings yang akan langsung secara otomatis terkirim kepada pelanggan. Anda dapat memasukkan nama perusahaan dan tujuan dari pesan yang dikirimkan ke dalam salam pembuka tersebut.

  • Fitur Pembalas Pesan Otomatis

Berbeda dengan telesurvey yang dilakukan menggunakan pesan suara yang dimana pegawai perusahaan harus menunggu jawaban pelanggan untuk menanyakan kembali pertanyaan berikutnya. WhatsApp Business memiliki fitur pembalas pesan otomatis yang bisa perusahaan manfaatkan untuk melakukan program telesurvey sehingga lebih menghemat waktu kedua belah pihak.

Segera Gunakan WhatsApp Business API!

Ingin bisnis Anda lebih lancar? Gunakanlah WhatsApp Business! Aplikasi ini akan menambah pengalaman dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan sehingga bisnis yang dijalani dapat semakin baik dan terprogram. Hubungi Ivosights lebih lanjut untuk detail dan lainnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami