Pentingnya Telesurvey dalam Bidang Kesehatan

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 17 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Keberadaan telesurvey bukan hanya dibutuhkan oleh industri barang, makanan, atau layanan jasa saja. Pekerjaan ini juga sangat penting untuk bidang kesehatan"

Adanya kehadiran telesurvey sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja, performa, atau bahkan produk-produk yang mereka pasarkan. Ini juga menjadi daya penting untuk melihat seberapa puas tingkatan pelanggan dalam survey yang telah dilakukan. Namun, jika Anda berpikir bahwa telesurvey dilakukan hanya oleh perusahaan yang berada dalam basis pemasaran produk atau jasa seperti bank atau brand makanan, Anda sepenuhnya salah. Bidang kesehatan juga sangat membutuhkan kehadiran telesurvey untuk mengetahui kepuasan dan kritikan pelanggan tentang pelayanan rumah sakit maupun untuk hal-hal lain yang berkaitan dengan kesehatan. Saat pandemi Covid-19 melanda, ada banyak pihak kesehatan yang membutuhkan survey ini untuk mendeteksi persebaran penyakit dan melihat daerah mana yang memiliki tingkat penyakit Covid-19 yang rendah maupun tinggi.

Telesurvey untuk Bidang Kesehatan

Kesehatan merupakan bagian penting dan krusial bagi setiap negara. Untuk itu, telesurvey hadir untuk membantu dalam proses pendataan dalam bidang kesehatan terhadap masyarakat. Pertanyaan yang diajukan pun biasanya sedikit berbeda dengan pertanyaan yang diajukan oleh telesurvey pada umumnya, karena telesurvey untuk bidang kesehatan identik dengan rumah sakit, riwayat penyakit, maupun kondisi diri.

Selain itu, telesurvey untuk bidang kesehatan tidak terbatas hanya dalam panggilan telepon. Tetapi, layanan telesurvey juga dilakukan dalam bentuk form di kerta. Biasanya, form dibagikan kepada penumpang pesawat yang habis bepergian dari luar kota maupun luar negeri. Form yang dibagikan pun biasanya berupa list dalam indikasi-indikasi penyakit yang kemungkinan ada dalam diri penumpang. Ini bertujuan untuk mendeteksi apakah penumpang tersebut telah terpapar virus dari luar atau tidak.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan untuk Telesurvey Perusahaan Anda

Kepentingan Telesurvey dalam Bidang Kesehatan

Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa poin penting bagi telesurvey untuk bidang kesehatan. Simak penjelasannya di bawah:

#1 Melihat Kepuasan Pasien

Hal penting yang pertama tentang kehadiran telesurvey adalah tentu saja untuk melihat kepuasan pasien rumah sakit. Biasanya, pasien akan diberikan panggilan telepon atau kuisioner form di aplikasi pesan. Isi pertanyaan yang ditanyakan juga beragam, seperti apakah pelayanan dalam rumah sakit sudah maksimal, apakah tenaga kerja rumah sakit bersikap ramah dan baik, hingga pertanyaan yang menyangkut tentang fasilitas rumah sakit.

Kepuasan pasien adalah yang utama karena berhubungan dengan kualitas suatu rumah sakit atau tenaga kesehatan untuk publik. Tentu akan menjadi bahan evaluasi jika pasien memiliki penilaian buruk terhadap bidang kesehatan sehingga mungkin akan menimbulkan turunnya rating perusahaan. Selain itu, melihat kepuasan pasien juga akan membuat institusi kesehatan lebih berusaha semaksimal mungkin agar kinerja dan pelayanan semakin baik untuk kedepannya. 

#2 Meningkatkan Pelayanan Rumah Sakit

Pelayanan rumah sakit bisa menjadi sebuah kriteria dan perbandingan oleh masyarakat untuk memutuskan apakah mau atau akan melanjutkan perawatan di sana atau tidak. Bukan hanya dilihat dari mahal atau tidaknya sebuah rumah sakit, pelayanan yang baik dan mumpuni menjadi standar yang didahulukan dibandingkan dengan fasilitas. Akan sangat percuma jika rumah sakit memiliki fasilitas yang bagus tetapi tidak memiliki pelayanan yang baik dan terstruktur.

Untuk itu, telesurvey digunakan untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit. Biasanya, pasien akan ditanyakan tentang siapa nama suster atau dokter yang dirasa memiliki kesan baik saat merawat. Atau, pasien akan ditanyakan beberapa pertanyaan seputar tenaga kerja di rumah sakit yang sekiranya dapat dijadikan contoh sebagai pegawai yang baik. Ini juga akan meningkatkan pelayanan rumah sakit agar semakin baik dan memperlakukan pasien dengan rata dan tidak membeda-bedakan.

#3 Melakukan Perbandingan

Adanya telesurvey dalam bidang kesehatan juga bisa untuk melakukan perbandingan dalam suatu keputusan. Maksud dalam perbandingan adalah untuk melihat respon masyarakat terhadap suatu kejadian yang menimpa. Kita bisa melihat dari contoh pandemi Covid-19 yang membuat gempar seluruh dunia. Keberadaan telesurvey dibutuhkan untuk menanyakan pendapat masyarakat terkait pandemi ini.

Lebih lanjut, pertanyaan yang diajukan juga bisa menjadi acuan mana yang lebih baik saat pandemi Covid-19, seperti perkuliahan daring atau wajib bertatap muka, maupun untuk bidang pekerjaan lebih baik bekerja di rumah atau di kantor. Adanya telesurvey juga membuka lahan demokratis agar masyarakat bisa menyuarakan pendapat mereka dan dijadikan bagian dalam suatu keputusan penting.

Baca Juga: Optimalisasi Riset Pemasaran dengan Telesurvey

#4 Pusat Kritikan dan Keluhan

Jika Anda berpikir bahwa pasien sebuah rumah sakit tidak memiliki kritik dan keluhan bagi rumah sakit, tentu saja itu salah! Rumah sakit termasuk ke dalam layanan jasa yang harus menomor satukan pelanggan. Selain itu, semua yang berhubungan dengan penyakit dan perawatan tentu memiliki kelemahan dan ketidakfokusan masing-masing, telesurvey bisa menjadi ajang keluhan bagi pasien yang tidak menerima perlakuan yang baik.

Selain itu, telesurvey juga bisa menjadi pusat kritikan bagi pelayanan yang lama saat dibutuhkan, ini sangat penting karena bisa berakibat fatal jika dianggap sepele dan jika terus diulang keselamatan pasien dapat terancam.

Itulah beberapa kepentingan penggunaan telesurvey untuk bidang kesehatan. Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan telesurvey kepada pelanggan atau pasien, Ivosights menawarkan bantuan! Andalkanlah Sociomile untuk membantu Anda dalam mengurus survey bersama pelanggan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami