Gunakan 7 Tools Ini untuk Optimalkan Database Pelanggan dalam Telesurvey

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 15 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock

"Optimalkan database pelanggan menggunakan tujuh tools ini untuk meningkatkan kinerja dari agen telesurvey!"

Dalam era informasi yang cepat dan berubah, mendapatkan data-data pelanggan adalah hal yang sangat penting. Salah satu metode yang efektif untuk melakukan pengumpulan data pelanggan adalah dengan telesurvey. Database pelanggan yang optimal mendatangkan sejumlah manfaat bagi operasional telesurvey. Untuk mengoptimalkan database pelanggan, Anda bisa menggunakan sebanyak tujuh tools berikut ini. Namun, sebelum itu ketahui dulu apa pengertian dari telesurvey itu sendiri.

Apa Itu Istilah Telesurvey?

Telesurvey adalah sebuah metode survei yang dilakukan melalui telepon. Dalam metode ini, survei dilakukan dengan menelepon responden lalu mengajukan serangkaian pertanyaan untuk mendapatkan tanggapan mereka. Telesurvey sering digunakan untuk mengumpulkan data tentang preferensi pelanggan, umpan balik produk, atau kepuasan pelanggan.

Pentingnya Database Pelanggan dalam Telesurvey

Berikut inilah pentingnya adanya database pelanggan dalam telesurvey:

  • Target yang Tepat

Adanya database pelanggan memungkinkan agen untuk mengidentifikasi segmen pelanggan yang tepat untuk disurvei. Dengan ini, survei Anda akan lebih ditujukan kepada orang-orang yang menggunakan produk atau layanan bisnis Anda.

  • Personalisasi

Dengan berbagai informasi yang telah ada dalam database pelanggan, agen telesurvey dapat membuat survei yang lebih personal.

  • Hasil yang Relevan

Informasi-informasi yang ada dalam database akan membantu agen telesurvey merancang pertanyaan survei yang lebih relevan dan spesifik.

  • Analisis Lebih Mendalam

Adanya database pelanggan memungkinkan pihak bisnis untuk menganalisis hasil survei secara lebih mendalam. Hasil survei dapat dibandingkan berdasarkan karakteristik pelanggan atau mengidentifikasi tren yang mungkin tidak terlihat.

  • Perbaikan Berkelanjutan

Informasi-informasi yang diperoleh dari survei dapat membantu agen untuk mengidentifikasi area-area yang perlu diperbaiki dalam bisnis Anda. Dengan memiliki database yang kuat, Anda dapat melacak apabila ada perubahan dari waktu ke waktu dan mengukur efektivitas perbaikan yang telah dilakukan.

Sejumlah Kriteria Database Pelanggan yang Berkualitas Baik

Berikut inilah sejumlah kriteria database pelanggan yang berkualitas baik:

  • Ketepatan Data
  • Ketersediaan Informasi
  • Pembaruan Berkala 
  • Kategori Pelanggan

Baca juga: Aspek Penting dalam Manajemen Database untuk Telesurvey

Manfaat Adanya Database Pelanggan Berkualitas untuk Telesurvey

Inilah manfaat adanya database pelanggan yang berkualitas untuk telesurvey:

  • Akurasi Data yang Lebih Tinggi

Database pelanggan yang berkualitas memastikan data yang akurat dan terpercaya. Ini membuktikan bahwa hasil survei akan lebih valid dan dapat diandalkan.

  • Segmentasi yang Lebih Tepat

Dengan adanya informasi yang lengkap dan terperinci dalam database, Anda dapat dengan mudah melakukan segmentasi pelanggan berdasarkan berbagai kriteria seperti demografi, preferensi produk, atau riwayat pembelian.

  • Personalisasi Survei

Database pelanggan memungkinkan Anda untuk menyusun survei yang lebih personal dan relevan. Dengan memasukkan nama pelanggan atau referensi produk yang telah dibeli sebelumnya, Anda dapat meningkatkan tingkat keterlibatan dan partisipasi dalam survei.

  • Identifikasi Tren dan Pola

Database pelanggan yang berkualitas memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tren dan pola yang mungkin terjadi dari waktu ke waktu. Anda juga dapat melihat perubahan perilaku pelanggan atau preferensi produk secara lebih mendalam.

  • Peningkatan Retensi Pelanggan

Dengan menggunakan hasil telesurvey untuk meningkatkan layanan atau produk bisnis Anda, Anda dapat memperbaiki pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Dengan begitu, bisnis dapat meningkatkan retensi pelanggan, karena pelanggan merasa dihargai dan didengarkan.

Baca juga: 8 Strategi Mengelola Database untuk Keberhasilan Telesurvey

Tujuh Tools yang Digunakan untuk Optimalkan Database Pelanggan dalam Telesurvey

Berikut ini adalah tujuh tools yang digunakan untuk mengoptimalkan database pelanggan dalam telesurvey:

  • Sistem Manajemen Database (DBMS)

Adanya DBMS membantu Anda untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses data pelanggan dengan mudah. Dengan ini, data-data pelanggan dapat diatur dengan baik.

  • Peralatan Pembersihan Data

Tools satu ini mampu membersihkan data dari kesalahan atau duplikasi sehingga memastikan bahwa data dalam database pelanggan tetap akurat.

  • Platform Analisis Data

Dengan platform analisis data, Anda dapat menganalisis data dalam database untuk mengidentifikasi tren dan pola yang berguna untuk telesurvey.

  • Peralatan Segmentasi Pelanggan

Melakukan segmentasi pelanggan akan memudahkan Anda untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan karakteristik tertentu sehingga agen telesurvey dapat mengirimkan survei secara lebih terarah.

  • Sistem Pengiriman Survei

Platform pengiriman survei memungkinkan Anda untuk mengirimkan survei kepada pelanggan dan mengumpulkan tanggapan mereka dengan mudah.

  • Peralatan Visualisasi Data

Peralatan visual data akan memudahkan Anda mengubah data dalam database menjadi visualisasi yang lebih mudah dipahami.

  • Sistem Pembaruan Data Otomatis

Terakhir adalah sistem pembaruan data otomatis yang dapat memastikan bahwa data dalam database selalu diperbarui secara otomatis, menghindari informasi yang kadaluwarsa.

Manfaat Sistem CRM yang Mendukung Integrasi dengan Database Pelanggan!

Itulah sejumlah tools yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan database pelanggan bisnis Anda. Dengan mengoptimalkan database pelanggan, Anda dapat meningkatkan efisiensi telesurvey dan mendapatkan insight yang lebih dalam dari pelanggan. Lakukan pengelolaan database pelanggan yang bisa memberikan bantuan supaya para agen telesurvey dapat bekerja secara lebih optimal.

Sebagai alternatif, carilah sistem CRM yang mendukung integrasi dengan aplikasi lainnya. Sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan Sociomile, sebuah sistem contact center pendukung operasional agen telesurvey sehingga bisa melakukan panggilan inbound serta outbound. Sistem ini menyediakan banyak fitur-fitur menarik serta dapat dikustomisasi menyesuaikan workflow perusahaan Anda. Sociomile juga bisa diintegrasikan dengan sistem yang sudah ada dalam perusahaan, seperti sistem database pelanggan.

Tak hanya itu, Sociomile juga didukung dengan teknologi IP PBX Telephony System sehingga para agen telemarketing dapat mengakses platform ini dimana saja, bahkan ketika berada di rumah sekalipun. Segera hubungi Ivosights sekarang juga untuk melakukan demo sistem ini secara langsung!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami