Mudahkan Transaksi Sehari-Hari dengan Adanya Whatsapp Banking

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 06 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business. Shutterstock

"Kemunculan whatsapp banking dapat mempermudah transaksi sehari-hari nasabah layanan perbankan"

Adanya kemudahan akses dan kecepatan dalam melakukan transaksi sehari-hari akan meningkatkan kepuasan para nasabah perbankan. Salah satu inovasi yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi adalah WhatsApp Banking. Hal ini disebabkan salah satunya oleh dukungan fitur-fitur yang disediakan untuk memudahkan transaksi penggunanya.

Mengenal Pengertian dan Konsep WhatsApp Banking

WhatsApp Banking adalah sebuah layanan perbankan yang memanfaatkan aplikasi instant messaging populer, Whatsapp, sebagai platform untuk memudahkan perbankan dalam berinteraksi dengan nasabah. Dengan menggunakan whatsapp banking, pengguna dapat melakukan berbagai transaksi perbankan, seperti transfer uang, pembayaran tagihan, pengisian pulsa, dan mengecek saldo secara langsung melalui aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Langkah untuk Melakukan Transaksi Perbankan dengan WhatsApp

Apa Saja Manfaat Penggunaan WhatsApp Banking?

Whatsapp banking memiliki sejumlah manfaat yang dapat memudahkan transaksi nasabah sehari-hari, antara lain:

  • Kemudahan Akses

Menggunakan WhatsApp Banking dapat mempermudah melakukan transaksi perbankan melalui smartphone pengguna kapanpun dan dimanapun. Semua nasabah hanya perlu mengakses aplikasi WhatsApp di setiap perangkat mereka untuk melakukan transaksi. Dengan begini, mereka tidak perlu lagi mengunjungi kantor bank atau ATM.

  • Kecepatan Transaksi

Nasabah tidak perlu lagi menunggu lama untuk melakukan pembayaran tagihan atau transfer uang. Cukup dengan beberapa kali klik, transaksi akan terselesaikan dan tercatat secara instan.

  • Kemudahan Informasi

Dalam WhatsApp Banking, nasabah dapat mendapatkan informasi terkait saldo, mutasi rekening, dan transaksi terakhir dengan mudah. Informasi ini dapat diakses langsung melalui chat dengan layanan WhatsApp Banking yang telah terintegrasi dengan sistem perbankan.

  • Notifikasi dan Pengingat

WhatsApp Banking akan memberikan notifikasi penting terkait transaksi atau tagihan yang perlu diselesaikan melalui WhatsApp. Dengan ini, pelanggan tidak akan melewatkan informasi penting terkait keuangan mereka di layanan bank terkait.

Fitur-Fitur WhatsApp Banking yang Mendukung Transaksi Sehari-Hari

  • Transfer Uang

Nasabah dapat mentransfer uang kepada rekan kerja atau keluarga lain melalui WhatsApp Banking. Dengan memasukkan nomor rekening tujuan dan jumlah yang akan ditransfer, transfer dapat dilakukan secara langsung.

  • Pembayaran Tagihan

WhatsApp Banking mendukung pembayaran tagihan, seperti listrik, air, telepon, dan tagihan lainnya, tanpa harus mengunjungi tempat pembayaran fisik. Para nasabah hanya perlu mengikuti panduan yang diberikan melalui aplikasi untuk menyelesaikan pembayaran dengan mudah.

  • Pengisian Pulsa

Dalam WhatsApp Banking, nasabah dapat mengisi pulsa mereka dengan cepat dan praktis. Cukup dengan memasukkan nomor ponsel dan jumlah pulsa yang diinginkan, pengisian pulsa dapat dilakukan secara langsung melalui WhatsApp.

  • Cek Saldo dan Mutasi Rekening

Kemudian, nasabah dapat dengan mudah mengecek saldo dan melihat mutasi rekening terbaru melalui layanan WhatsApp Banking. Cukup dengan mengirimkan permintaan tertentu ke layanan tersebut, informasi akan dikirimkan secara otomatis ke nasabah.

Kegunaan WhatsApp Banking untuk Mendukung Transaksi Sehari-Hari

WhatsApp Banking memiliki beberapa kegunaan dalam mendukung transaksi sehari-hari pengguna, di antaranya sebagai berikut:

  • Belanja Online

WhatsApp Banking dapat digunakan untuk melakukan pembayaran saat nasabah melakukan belanja secara online. Pengguna dapat mentransfer uang kepada penjual atau toko online melalui WhatsApp Banking, sehingga pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

  • Pemesanan dan Pembayaran Makanan

WhatsApp Banking juga dapat digunakan untuk memesan makanan atau minuman melalui layanan pesan antar. Pengguna dapat melakukan pemesanan dan pembayaran langsung melalui aplikasi WhatsApp tanpa perlu melakukan kontak telepon atau membuka aplikasi lain.

  • Pembayaran Transportasi

Layanan transportasi online seperti ojek online atau taksi juga telah menyediakan fitur pembayaran melalui WhatsApp Banking. Pengguna dapat dengan mudah membayar biaya transportasi langsung melalui chat dengan pengemudi, tanpa perlu menggunakan uang tunai.

  • Pembelian Tiket

Terakhir, WhatsApp Banking dapat digunakan untuk membeli tiket perjalanan, tiket konser, atau tiket acara lainnya. Pengguna juga dapat memperoleh tiket secara langsung melalui aplikasi Whatsapp setelah melakukan pembayaran.

Baca juga: Tips Keamanan Transaksi Perbankan di WhatsApp Business API

Gunakan Platform WhatsApp Business API untuk Mengaktifkan Layanan Whatsapp Banking

WhatsApp Business memberikan beberapa manfaat bagi bidang perbankan. Dengan adanya WhatsApp Business API, perbankan dapat menjangkau nasabah secara lebih luas sekaligus meningkatkan kepuasan nasabah. Perbankan juga dapat menyelesaikan beberapa masalah yang dikeluhkan nasabah secara efisien dengan mengeluarkan biaya yang lebih rendah.

Pengaplikasian WhatsApp Business API pada financial industry dapat berbentuk support seperti update transaksi, whatsapp chatbot, dan live agent. WhatsApp Business API dapat meningkatkan customer satisfaction dan retention juga. Segera hubungi Ivosights sebagai WhatsApp Business Solution Provider (BSP) untuk mendapatkan layanan WhatsApp yang satu ini.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami