5 Alasan Mengapa Kita Harus Beralih Melakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business

Sociomile

,

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 07 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Adanya WhatsApp Business membuat kemudahan untuk banyak pihak, terutama untuk pelanggan dan penjual. Melakukan telesurvey juga dapat dibuat dengan aplikasi ini"

Pebisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan adanya aplikasi WhatsApp Business. Aplikasi yang memudahkan pebisnis untuk transaksi jual beli ini membuat kegunaan dan kehadirannya disenangi masyarakat. Memiliki fitur yang berbeda, WhatsApp Business mempunyai banyak kegunaan yang berbeda dengan aplikasi WhatsApp biasa. Selain itu, WhatsApp Business juga sering dimanfaatkan oleh pebisnis untuk melakukan interaksi dengan pelanggan. Adanya WhatsApp Business ini juga membuat banyak sekali kemudahan-kemudahan. Telesurvey dapat menjadi alternatif bagi pebisnis yang ingin beralih dari telepon konvensional dengan WhatsApp Business.

Telesurvey dan Perannya untuk Bisnis

Telesurvey adalah sebuah kegiatan dimana perusahaan akan menanyakan pertanyaan seputar perusahaan lewat panggilan. Tujuan utama pelaksanaan aktivitas ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan jasa dari perusahaan. Berikut ini, beberapa tujuan dilaksanakannya telesurvey untuk bisnis:

  • Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah hal yang harus diutamakan oleh perusahaan. Hal ini bisa diukur dan dinilai oleh perusahaan dengan menggunakan aktivitas telesurvey. Biasanya, perusahaan akan menanyakan sederet pertanyaan yang akan mengacu pada jawaban pelanggan mengenai perusahaan. Terlebih, agen telesurvey juga akan menanyakan pelanggan beberapa pertanyaan yang mengarah tentang kepuasan mereka terhadap produk dan layanan jasa perusahaan.

Baca Juga: Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Bot Chat WhatsApp

  • Menjadi Tempat Kritik dan Saran

Selain untuk mendapatkan jawaban pelanggan terhadap perusahaan, telesurvey juga dilakukan sebagai tempat kritik dan saran yang berguna untuk melihat apakah pelanggan memiliki kritik dan saran yang membangun untuk perusahaan kedepannya. Tujuan ini juga dimaksudkan agar pelanggan dapat mengatakan yang sejujurnya kepada agen perusahaan tanpa perlu khawatir untuk malu dan enggan untuk mengatakannya.

  • Memperbaiki Sistem dan Kinerja Perusahaan

Tujuan lain dari perusahaan melakukan aktivitas ini adalah untuk memperbaiki sistem dan kinerja perusahaan jika pelanggan menginginkan sesuatu yang terbaik bagi masa depan perusahaan. Hal ini juga mendorong agar perusahaan bisa mendapatkan pelanggan setia lainnya dengan aktivitas telesurvey ini.

  • Memberikan Pengalaman Terbaik untuk Pelanggan

Diberikan pengalaman yang fantastis untuk bisa berkomunikasi dengan baik bersama perusahaan adalah pengalam yang bagus dan menarik. Pelanggan tentu akan merasa bagian dari suatu survei penting dan membuat kegiatan ini sebagai pengalaman yang tidak terlupakan.

Alasan Mengapa Telesurvey Harus Dialihkan dengan WhatsApp Business

  • Biaya Lebih Murah

Melakukan telesurvey dengan panggilan telepon saat ini sudah kuno. Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk saluran telepon juga tidak murah. Hal ini dikarenakan telepon konvensional adalah jenis telepon yang digunakan oleh operator telesurvey untuk menghubungi pelanggan dan telepon tersebut memiliki biaya yang tidak sedikit karena mempunyai saluran dan aliran yang berbeda dengan listrik dan internet.

Biaya telesurvey yang dikeluarkan untuk WhatsApp Business berbeda. Perusahaan dapat menekan dana lebih sedikit dan menghemat biaya pengeluaran. WhatsApp Business juga memiliki harga yang jauh lebih terjangkau karena tidak memerlukan agen telesurvey yang harus menghubungi pelanggan satu per satu yang tentunya perusahaan harus membayar pelatihan dan jasa yang mereka lakukan untuk aktivitas ini.

  • Memiliki Peluang Besar Direspon

Meskipun saat ini teknologi dan internet memiliki banyak kemajuan, maraknya penipuan dan pembohongan yang dilakukan secara daring menjadi salah satu dampak dan efek yang negatif untuk hal ini. Orang jadi mudah takut dan was-was untuk hal-hal yang berbau asing, termasuk panggilan telepon dengan nomor yang tidak dikenal. Untuk itu, adanya telesurvey melalui panggilan telepon membuat hal ini tidak lagi relevan untuk zaman sekarang.

Berbeda dengan telesurvey yang dilakukan dengan panggilan telepon, telesurvey yang menggunakan WhatsApp Business memiliki peluang besar untuk direspon. Pengguna aplikasi WhatsApp Business ini sangat banyak dan tersebar di seluruh penjuru dunia dan digunakan oleh banyak kalangan, baik tua dan muda. Untuk itu, diadakannya telesurvey menggunakan WhatsApp Business memiliki banyak peluang untuk direspon.

Baca Juga: Begini Cara Membuat WhatsApp Business untuk Bisnis Online-mu

  • Lebih Terpercaya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kegiatan telesurvey yang menggunakan panggilan telepon sangat tidak dapat dipercaya. Terlebih, ada banyak oknum iseng yang memakai nama perusahaan-perusahaan besar sebagai misi jahil mereka untuk menipu. Tidak amannya menerima panggilan telepon dari nomor asing juga menjadi alasan mengapa banyak pelanggan yang enggan untuk menerima panggilan dari agen telesurvey.

Untuk itu, perusahaan Anda dapat beralih ke WhatsApp Business! Aplikasi ini memiliki sistem yang aman sehingga tidak mudah untuk diretas dan dibobol keamanannya sehingga lebih aman dan terpercaya bagi pelanggan yang mungkin takut atau masih was-was terhadap masalah tersebut.

  • Memiliki Banyak Fitur yang Bisa Dimanfaatkan

Berbeda dengan telesurvey yang dilakukan dengan panggilan telepon, WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang bisa perusahaan manfaatkan untuk digunakan dalam aktivitas ini. Fitur-fitur tersebut meliputi pesan otomatis yang dapat langsung terkirim sebagai bentuk jawaban untuk pelanggan. 

  • Lebih Mudah dan Praktis

Aktivitas telesurvey yang dilakukan melalui panggilan telepon tidaklah mudah. Agen perusahaan harus menghubungi pelanggan satu per satu dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk menghubungi dan berkomunikasi dengan pelanggan. Berbeda dengan aktivitas telesurvey yang dilakukan menggunakan WhatsApp Business, perusahaan tidak perlu lagi menghubungi pelanggan satu persatu karena aplikasi ini memiliki fitur send them all yang akan langsung mengirimkan pesan kepada kontak-kontak terpilih.

Percayakan dengan Ivosights!

Ingin memiliki pengalaman berinteraksi dengan pelanggan yang tidak terlupakan? Percayakan dengan Ivosights! Kami memiliki layanan WhatsApp Business yang bisa membantu Anda dalam melayani pelanggan secara profesional. Yuk, hubungi Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami