Kumpulkan Data Pelanggan, Lebih Baik Lembaran Kuesioner atau Telesurvey?

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 28 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock

"Pengumpulan perusahaan dapat menggunakan lembaran kuesioner atau telesurvey. Pertanyaannya, metode manakah yang cocok untuk perusahaan Anda?"

Pengumpulan data yang akurat dan relevan tentang pelanggan perusahaan merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan bisnis. Selain mengetahui lebih dalam tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan, perusahaan juga bisa melakukan pengembangan produk atau layanan maupun strategi dalam pemasarannya. Sejalan dengan itu, dua jenis metode yang umumnya digunakan untuk mengumpulkan data pelanggan adalah melalui lembaran kuesioner dan telesurvey. Kira-kira, metode mana yang lebih efektif digunakan? Untuk mengetahuinya, Anda akan diarahkan dulu ke pengertian telesurvey itu sendiri.

Kenali Apa Itu Telesurvey

Telesurvey adalah sebuah metode pengumpulan data dengan cara menelepon langsung pelanggan untuk melakukan wawancara singkat. Telesurvey ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang preferensi, kebutuhan, atau kepuasan mereka terhadap produk atau layanan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Platform untuk Melakukan Telesurvey

Kekurangan Penyebaran Lembaran Kuesioner untuk Mengumpulkan Data Pelanggan

Inilah beberapa kekurangan dari metode penyebaran lembaran kuesioner untuk mengumpulkan data pelanggan:

  • Keterbatasan Respons

Salah satu tantangan utama dalam menggunakan lembaran kuesioner adalah keterbatasan respons dari pelanggan. Rendahnya tingkat respon pelanggan bisa disebabkan karena banyaknya pelanggan yang enggan atau lupa untuk mengisi kuesioner yang diberikan.

  • Waktu dan Biaya

Penyebaran lembaran kuesioner memerlukan waktu dan biaya yang cukup banyak. Ini disebabkan karena Anda perlu mencetak kuesioner, mengirimkannya kepada pelanggan, dan mengolah hasil survei secara manual.

  • Kesalahan Pengisian

Kesalahan pengisian kuesioner dapat berupa adanya jawaban yang kurang relevan atau pengisian yang kurang lengkap sehingga menyebabkan data yang diperoleh kurang akurat.

  • Terbatas pada Sekitaran Lokasi

Jika perusahaan Anda beroperasi secara lokal, lembaran kuesioner hanya dapat diakses oleh pelanggan di sekitar lokasi tersebut. Hal ini bisa membatasi cakupan data yang bisa dikumpulkan.

Kelebihan Telesurvey untuk Mengumpulkan Data Pelanggan

Sementara itu, kelebihan telesurvey untuk mengumpulkan data pelanggan:

  • Respons Lebih Cepat

Telesurvey memungkinkan Anda mendapatkan respons dari pelanggan secara lebih cepat. Pelanggan dapat memberikan tanggapan secara langsung dari wawancara singkat melalui telepon.

  • Kontrol Kualitas Data yang Lebih Baik

Dengan telesurvey, data yang diperoleh dapat lebih akurat dan lengkap karena pertanyaan dapat dijelaskan lebih lanjut.

  • Cakupan yang Lebih Luas

Melalui telesurvey, Anda dapat mengumpulkan data dari pelanggan di berbagai lokasi, baik secara regional maupun internasional.

  • Lebih Interaktif dan Personal

Terakhir, telesurvey memberikan pengalaman lebih interaktif dan personal bagi pelanggan sehingga mereka cenderung lebih terlibat dalam proses pengumpulan data.

Mana yang Lebih Efektif: Lembaran Kuesioner atau Telesurvey?

Pilihan antara lembaran kuesioner dan telesurvey sangat tergantung pada tujuan dan karakteristik penelitian atau survei yang dilakukan oleh perusahaan. Kedua metode ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. 

Lembaran kuesioner lebih cocok digunakan untuk survei yang memerlukan kebebasan dan anonimitas bagi responden serta untuk perusahaan dengan anggaran terbatas. Metode ini juga cocok untuk survei yang melibatkan responden yang tersebar secara geografis karena lembaran kuesioner dapat dikirimkan secara online.

Di sisi lain, telesurvey lebih efektif dalam mengumpulkan data secara langsung dan mendapatkan respon yang lebih tinggi. Metode ini cocok untuk survei yang memerlukan interaksi langsung dengan responden untuk menjelaskan pertanyaan atau memotivasi mereka memberikan jawaban yang lebih mendalam.

Baca juga: Strategi Analisis Data Pelanggan pada Omni-channel Contact Center

Jika Anda Memerlukan Platform Pendukung Telesurvey, Ivosights Punya Solusinya!

Mengumpulkan data pelanggan adalah langkah penting untuk mengoptimalkan strategi bisnis. Sebagai kesimpulan, baik lembaran kuesioner maupun telesurvey memiliki peran dan kegunaannya masing-masing dalam mengumpulkan data pelanggan. Sesuaikan juga ingin memilih metode yang digunakan dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan akan membantu memastikan efektivitas dalam mengumpulkan data yang diperlukan untuk pengambilan keputusan strategis.

Untuk mendukung telesurvey, Anda bisa menggunakan bantuan kami. Ivosights menyediakan berbagai solusi untuk semua layanan pelanggan, termasuk dalam bidang telesurvey. Salah satu platform yang mendukung kerja telesurvey adalah Sociomile, sistem contact center yang mampu mendukung API Integration dengan platform lainnya yang dimiliki perusahaan.

Sociomile bisa mendukung operasional agen telesurvey yang bertugas melakukan panggilan outbound untuk mengirimkan kuesioner survey kepada para pelanggan. Ditambah lagi, agen telesurvey dapat bekerja dimana saja berkat adanya teknologi IP PBX Telephony System. Selain itu, Anda juga dibebaskan untuk mengatur workflow sesuai dengan keinginan perusahaan. Jika Anda tertarik dengan layanan satu ini, segera hubungi tim Ivosights untuk melakukan demo sistem Sociomile secepatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami