Cara Menentukan Responden yang Sesuai dengan Kriteria dalam Telesurvey

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 11 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock

"Jika Anda kesulitan menentukan responden yang sesuai kriteria dalam telesurvey, Anda harus menerapkan beberapa cara mudah pada artikel ini"

Ketika perusahaan berencana untuk mengadakan telesurvey, agen harus terlebih dahulu menentukan responden yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Dengan menetapkan responden, perusahaan akan memperoleh data yang relevan dan akurat untuk menunjang pertumbuhan perusahaan. Lantas, apa saja langkah-langkah yang perlu diterapkan untuk menentukan responden sesuai kriteria yang diinginkan? Oleh karena itu, silakan Anda simak dahulu artikel berikut ini.

Pentingnya Menentukan Responden yang Sesuai dalam Telesurvey

Penentuan responden yang sesuai dengan kriteria akan memberikan sejumlah dampak yang berpengaruh terhadap validitas dan keakuratan hasil telesurvey. Responden yang tepat akan memberikan pandangan yang representatif terhadap populasi yang ditargetkan sehingga hasil survei dapat memberikan informasi yang lebih bernilai dan bermanfaat. Dengan mengetahui karakteristik responden yang diinginkan, perusahaan dapat mengarahkan sumber daya dengan lebih efisien dan mengambil keputusan yang lebih baik.

Jenis-Jenis Responden yang Perlu Diketahui

Untuk menentukan responden yang sesuai, perlu diketahui beberapa jenis responden yang mungkin terlibat dalam telesurvey. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis-jenis responden yang ada:

  • Profil Demografis

Profil demografis mencakup informasi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan wilayah tempat tinggal. Agen yang mengetahui profil demografis responden akan membantu mengidentifikasi preferensi dan kebutuhan responden yang mungkin berbeda antara kelompok satu dengan lainnya.

  • Profil Psikografis

Selanjutnya adalah profil psikografis yang mencakup informasi tentang sikap, minat, nilai-nilai, gaya hidup, dan kepribadian responden. Dengan mengetahui profil psikografis, agen dapat memahami motivasi dan preferensi responden secara lebih mendalam.

  • Pengalaman atau Pemahaman Tertentu

Terkadang, telesurvey juga perlu ditujukan kepada responden yang memiliki pengalaman atau pemahaman tertentu terkait topik yang disurvei. Misalnya, jika melakukan telesurvey tentang produk teknologi, responden yang memiliki pengalaman menggunakan produk teknologi cenderung memberikan tanggapan atau jawaban yang lebih sesuai dengan ditargetkan.

  • Pelanggan atau Calon Pelanggan

Jika tujuan telesurvey adalah untuk memahami pandangan pelanggan atau calon pelanggan, penting bagi para agen telesales untuk menentukan responden yang berperan sebagai pelanggan atau berpotensi menjadi pelanggan perusahaan. Hal ini membantu dalam memahami kepuasan pelanggan, preferensi produk, dan kebutuhan yang perlu dipenuhi.

Baca juga: Jenis-jenis Sampel pada Telesurvey

Langkah-Langkah Menentukan Responden yang Sesuai dengan Kriteria

Setelah mengetahui beberapa jenis responden yang ada, Anda dapat menerapkan langkah-langkah berikut ini untuk menentukan responden yang sesuai dengan kriteria:

  • Tentukan Tujuan Telesurvey

Sebelum menentukan responden, tentukan dahulu tujuan yang ingin dicapai melalui telesurvey. Tujuannya ini dapat berupa pengukuran kepuasan pelanggan, mengenal preferensi produk, atau mendapatkan informasi pasar tertentu. Tujuan yang jelas membantu agen untuk merancang pertanyaan dan menentukan kriteria responden yang relevan.

  • ¬†Identifikasi Kriteria yang Diperlukan

Setelah menentukan apa yang menjadi tujuan telesurvey, lakukan identifikasi terhadap kriteria-kriteria responden yang diperlukan. Misalnya, jika ingin mengetahui preferensi produk, kriteria responden dapat meliputi pengguna produk sebelumnya atau calon pembeli yang berminat pada produk tersebut.

  • Saring dan Seleksi Responden

Setelah menentukan kriteria, lakukan seleksi responden untuk mendapatkan responden yang benar-benar sesuai. Gunakan juga metode seperti wawancara atau survei pendahuluan untuk memastikan responden memenuhi kriteria yang ditetapkan.

  • Undang dan Libatkan Responden

Setelah mendapatkan responden yang sesuai, undang responden untuk berpartisipasi dalam telesurvey. Berikan informasi yang jelas tentang tujuan survei, jaminan kerahasiaan, serta waktu dan cara mereka berpartisipasi dengan mudah.

  • Evaluasi Hasil Telesurvey

Setelah telesurvey selesai dilakukan, lakukan evaluasi terhadap hasil yang diperoleh. Analisis data sesuai dengan kriteria responden yang telah ditetapkan. Perhatikan juga kecenderungan dan perbedaan antara kelompok responden untuk mendapatkan informasi lainnya yang lebih mendalam.

Baca juga: Cara Sukses Agar Pelanggan Merespon Telesurvey!

Lakukan Telesurvey secara Lebih Mudah dengan Bantuan Sociomile

Untuk memperoleh data pelanggan yang akurat, penting bagi Anda untuk mendapatkan responden yang sesuai dengan kriteria dalam pelaksanaan  telesurvey. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk menentukan responden, perusahaan dapat memaksimalkan hasil telesurvey dan mengambil keputusan yang lebih baik.

Sebagai platform pendukung telesurvey, Anda dapat memanfaatkan Sociomile untuk melakukan survei untuk memonitor kepuasan pelanggan. Survei ini dapat dilakukan pada lima channel digital yang semuanya terintegrasi dalam Sociomile. Dengan API Integration, para agen tidak perlu kesulitan untuk berpindah channel satu dengan yang lainnya. 

Tanggapan atau respon yang diberikan oleh para pelanggan akan ditampilkan secara langsung di dashboard Sociomile. Hasil survei ini akan memudahkan Anda untuk mengambil langkah selanjutnya dalam upaya memajukan perusahaan. Tunggu apalagi? Segera hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan sistem Sociomile ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami